Sejak awal pandemi, telah terjadi perubahan besar-besaran dari proses tatap muka sebelumnya ke versi online, dengan janji temu virtual dan opsi pengiriman di mana-mana muncul di hampir setiap industri. Beberapa layanan penting pemerintah, seperti pembuatan indentitas baru, adalah bagian dari peralihan massal ke teknologi online ini, sementara operasi lain tidak dapat dilakukan secara online seperti pembayaran pajak dan berbagai kantor perizinan dengan harus membatasi kontak langsung dan menjalankan protokol kesehatan.
Tetapi apakah kantor Anda telah sepenuhnya beroperasi secara online atau tetap menerapkan pembatasan orang di dalam ruangan, inilah saatnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk kamu rencanakan kembali. Saat kebijakan pembatasan social sudah selesai, kantor pemerintah akan menerima lebih banyak orang secara langsung dari pada alat dan sumberdaya yang Anda miliki, tetapi hanya karena pelayanan langsung di mulai kembali orang akan rela waktunya terbuang hanya untuk menunggu, karena mereka sudah terbiasa merasakan pelayanan di tingkatan tertentu, dan banyak teknologi untuk mewujudkan kemauan mereka.
Solusi yang harus diterapkan yaitu sesuatu yang membuat segala sesuatunya bekerja dengan lancar selama pandemi dan akan tetap memiliki kegunaan di pascapandemi. Teknologi seperti sistem manajemen antrian dapat membantu kantor pemerintah, klink, ritel atau bisnis apapun mengatasi masalah yang ada jauh sebelum COVID-19, meningkatkan efisiensi operasional, mengumpulkan data yang lebih banyak dan lebih baik, serta mengurangi pengeluaran biaya.
Meningkatkan efisiensi
Meningkatkan pengalaman tatap muka sangat bergantung pada peningkatan efisiensi operasional. Bagaimana Anda menjaga agar antrean tetap berjalan dengan baik, terutama karena akan memakan waktu cukup lama sebelum orang benar-benar merasa aman dan nyaman menunggu dalam antrean lagi? Jawabannya terletak pada sistem manajemen antrean, yang memungkinkan Anda membuat antrean virtual dan memberi tahu orang-orang tentang waktu antrian dan perubahan jadwal yang terjadi. Tidak hanya itu, data yang Anda kumpulkan dengan sistem manajemen antrian akan memungkinkan Anda untuk melihat kapan waktu tunggu paling ramai atau buruk dan menginformasikan keputusan staf yang dapat membantu menghilangkan kemacetan pada antrian bisnis Anda.
Sistem manajemen antrian juga akan membantu Anda menghindari ketidakhadiran pelanggan, yang merupakan masalah signifikan dan sumber utama inefisiensi operasional. Ketidakhadiran akan meningkat seiring waktu jika kita tidak merencanakan dengan baik, bahkan beberapa industri melaporkan hampir sepertiga dari janji dibatalkan tanpa pemberitahuan. Meskipun masih terlalu cepat untuk menyimpulkan penyebab pasti janji temu yang batal ini, tetapi tidak terlalu cepat untuk memiliki solusi. Pengingat otomatis dari sistem manajemen antrian akan membuat bisnis Anda mengalami penurunan yang bertahap dalam jumlah janji temu yang batal, dan penurunan jumlah janji temu yang terlewat dapat memberikan dampak besar pada keseluruhan jumlah pelanggan Anda.
Mengumpulkan data yang lebih baik
Data pelanggan yang dikumpulkan oleh sistem manajemen antrian tidak hanya akan membantu Anda mengidentifikasi dan menghilangkan hambatan dalam proses layanan bisnis Anda, tetapi juga akan memungkinkan Anda untuk mensurvei pelanggan untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang tingkat kepuasan mereka secara keseluruhan. Data ini dapat membantu Anda menemukan tempat yang harus ditingkatkan dan dapat menjadi alat yang berguna untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Sehingga kekayaan data khusus ini dapat memainkan peran penting dalam keseluruhan proses bisnis Anda. Jika tujuannya adalah untuk mengahasilkan dengan lebih banyak pelanggan yang puas, ini akan membantu Anda mencapainya.
Mengurangi pengeluaran biaya
Berjalan lebih efisien dan menggunakan analisis untuk menginformasikan pengambilan keputusan Anda adalah cara yang pasti untuk menghemat biaya operasional bisnis Anda. Mengurangi janji temu yang batal akan mengurangi waktu henti karyawan sekaligus meningkatkan jumlah transaksi setiap hari dan itu hanya salah satu manfaat dan keuntungan dari apa yang dapat dilakukan sistem manajemen antrian untuk bisnis Anda.
Sistem antrian dan penjadwalan online yang cerdas juga membantu memastikan tidak ada lagi orang yang mengantri saat kantor Anda segera tutup, sesuatu yang akan dihargai oleh staf dan pelanggan Anda. Ini dilakukan dengan secara sistem akan otomatis memotong antrian atau janji baru pada titik tertentu dalam sehari, atau ketika mendeteksi bahwa Anda telah ketinggalan jadwal Anda. Tidak ada yang ingin terjebak di kantor sebuah bisnis ketika ingin tutup, dan ketika karyawan mendapatkan uang lembur, itu bisa menjadi bencana bagi anggaran Anda. Mengurangi kelebihan anggaran sekaligus meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja untuk staf Anda.
Pelajari lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan manajemen anteran di dalam bisnis Anda pasca Covid 19 dengan Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.