Sistem manajemen antrean digunakan untuk mengontrol antrean. Antrean orang terbentuk dalam berbagai situasi dan lokasi di area antrean. Proses pembentukan dan propagasi antrean didefinisikan sebagai teori antrean. Berikut adalah beberapa tipe antrean.
Antrean terstruktur
Di sini orang-orang membentuk antrean dalam posisi yang tetap dan dapat diprediksi, seperti di bagian kasir supermarket dan lokasi ritel lainnya seperti bank atau keamanan bandara. Sangat sering sistem manajemen antrean digunakan untuk mengatur peringkat tiket untuk suatu layanan (dengan atau tanpa tiket bernomor) yang memungkinkan antrean yang tenang dan bebas stres. Selain itu, antrean online melalui SMS, telepon, atau pun secara online juga dapat dimasukkan ke dalam jenis tipe antrean ini.
Antrean tidak terstruktur
Tipe antrean ini adalah di mana orang membentuk antrean di suatu lokasi dengan arah yang tidak jelas dan beragam. Hal ini sering terjadi pada beberapa bentuk usaha ritel, antrean taksi, mesin ATM, dan pada saat jam sibuk di banyak situasi.
Antrean berbasis kios
Sistem antrean berbasis kios sering digunakan di rumah sakit/klinik, perbankan, dan banyak layanan pemerintah. Ketika pelanggan/pengunjung tiba di lokasi, mereka akan memasukkan informasi dasar ke sebuah mesin kios tentang diri mereka dan alasan kunjungan mereka. Informasi ini kemudian disusun dan disajikan oleh sistem kepada staf untuk memungkinkan mereka merespon layanan pelanggan dengan lebih cepat. Sistem antrean ini biasanya juga mencakup sistem pelacakan informasi bagi bisnis untuk melaporkan statistik seperti waktu tunggu, volume lalu lintas, dan kinerja staf.
Antrean ponsel
Tipe antrean ini memungkinkan pelanggan menggunakan ponsel mereka untuk melihat data antrean secara real-time dan memilih alasan mengapa mereka membutuhkan layanan tertentu. Umumnya, antrean ponsel mengharuskan pelanggan untuk menginstal aplikasi ke telepon mereka sebelum masuk ke antrean. Pelanggan dapat dengan mudah melihat data antrean seperti nomor urut dan waktu tunggu, bahkan beberapa bisnis juga menyematkan informasi promo yang sedang berlangsung atau pun membuat gamifikasi untuk membuat pelanggan tidak jenuh. Qiwii sebagai salah satu brand terkemuka dalam sistem manajemen antrean juga menyediakan layanan antrean ponsel untuk digunakan oleh bisnis Anda.
Secara singkat, sistem manajemen antrean berupaya mengatur agar antrean dapat berjalan lebih lancar, less stress, dan bermanfaat tidak hanya bagi pelanggan (dapat terlayani dengan maksimal) tetapi juga bagi perusahaan melalui perekaman dan penggunaan data analitik yang dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan.
Pelajari lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan anteran di dalam bisnis Anda dan rasakan banyak manfaat menggunakan sistem antrean online Qiwii . Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.