preloader

4 Alasan Utama Menggunakan Penjadwalan Online untuk Mengelola Antrean untuk Service Centre Tingkat Pemerintahan

Mengantre tidaklah menyenangkan. Walaupun tidak selalu menegangkan, tapi menganre seringkali mnejadi kegiatan yang membuat setres, contohnya jika ANda mengantre untuk sesuatu yang resmi dari pemerintaha: membuat E-KTP, membayar tilang atau membayar listrik. Terdapat level setres tersendiri saar melakuakn ini yang membuat banyak orang berusaha menghindarianya sebisa mungkin, yang hanya akan membuat semuanya lebih buruk.

Tentu saja orang-orang tidak mengantre di fasilitas pemerintahan untuk mencari kesenangan akan tetapi denga meningatkan layanan antrean, faslitas-fasilitas ini akan dapat melayani masyarakat dengan jauh lebih efektif lagi. Salah satu jalan untuk membuatnya jauh lebih efektif adalah dengan menggunakan penjadwalan online seperti Qiwii.

 

Penjadwlan Online

Penjadwalan online seperti Qiwii adalah sebuah alat untuk membuat penjadwalan yang tersambung ke internet. Beberapa fungsi dasarnya adalah:

  1. Membiarkan pelanggan membooking appointmentnya secara mandiri
  2. Tracking dan sinkronisasi calendar otomatis
  3. Profile klien dan pesan yang dipersonalisasi
  4. Kostumisasi merk
  5. Mengelola antrean dan appointment dari berbagai gawai

Pada dasarnya, kehidupan modern itu menyibukkan. Semua orang memiliki kegiatan lain yang lebih baik untuk dilakukan ketimbang membuang waktu yang panjang hanya untuk menekan nomor telepon, menunggu CSO mengangkat telepon, menunggu CSO menyebutkan ketersediaan barang/jasa dan sebagainya.

 

4 Alasan:

  1. Komunikasi yang Konsisten

Dengan menggunakan sistem antrean yang tradisional, komunikasi di luar lokasi bisa jadi sebuah tantanga tersendiri. Pelanggan harus berjalan untuk menghampiri karyawan yang  berjaga jika ingin melakukan penjadwalan ulang atau pun yang lainnya. Jika setelah itu pelanggan masih punya hal-hal yang ingin ditanyakan, maka ia harus:

  1. Menelepon lagi
  2. Menunggu lagi selama beberapa menit/jam
  3. Dipindahkan ke departemen terkait
  4. Berbicara kepada representative

Melihat kenyataan di atas, maka apakah hal yang tidak terjawab bahwa representative kesulitan menjaga komunikasi dengan pelanggan? Sebesar 47% pelanggan akan berhenti mengassosiaikan diri dengan organisai yang menyediakan proses komunikasi yang menyulitkan mereka, yang membuat mereka lebih ragu untuk menghubungi fasilitas/ organisasi tersebut saat mereka memiliki masalah.

Dengan penjadwlaan online seperti Qiwii, instansi pemerintahan dapat melancarkan usaha komunikasi mereka,, menjaga hubungan dengan masyarakat, masyarakat dapat membook appointment secara online dan mengisi formulir profile pelanggan yang lebih mendetail lagi.

Instansi terkait data mendesai follow-up otomatis berbentuk notifikasi, dan menjadwalkan appointmen berkelanjutan.

 

  1. Penjadwalan dan penjadwalan ulang yang fleksibel

Idealnya tidak ada yang merencanakan mereka tidak akan datang ke sehuan janji setelah mereka membuatnya, akan tetapi hal-hal seperti kecelakaan, ketinggalan barang, pekerjaan mendadak, kelupaan, dan sebagainya tidak sellau dapat dihindari.

Harus mendial nomor telepon, menunggu telepon diangkat, lalu menjelaskan masalah dari walk e CSO yang melayani di sisi lain telepon adalah hal yang sulit dan memakan waktu untuk dilaukan di saat-saat yang menddesak.

Dengan menggunakan penjadwalan online seperti Qiwii, pelanggan dapat dengan mandiri dan bebas menjadwalkan ulang sehingga dapat menginfokan kepada karyawan yang bertigas atas ketidakhadirand mereka lebih awal tanpa menghambat pekerjaan karyawan karena sistem yang otomatis. Smeu aitu hanya denngan beberapa klik di monitor ponsel genggam pelanggan.

Selain itu, penjadwaland online seperti Qiwii juga memiiki fitur yang dapat mengirimkan notifikasi otomatis untuk mengingatkan pelanggan bahwa mereka memiliki janji/giliran mereka sudah dekat.

Dengan penjadwal online seperti Qiwii, Anda dapat mengkostum kebutuhan instansi Anda sehinggan dapat memudahkan semua pihak baik karyawan mauun pelnaggan.

 

  1. Laporan dan analisis

Menggunakan penjadwlana tradisional yang memanfaatkan banyak karyawan, maka tidak adala yang secara factual dan actual menilai performa tim Anda. Dengan menggunakan penjadwalan online seperti Qiwii, Anda dapat melakukan tracking terhadap (tapi tidak terbatas):

  1. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebua layanan
  2. Statistic flow pelanggan
  3. Pelanggan yag tidak hadir tanpa keterangan
  4. Bahkan feedback dari pelanggan

Bila Anda tida mengetahui bagaimana Anda bekerja sekarang, Anda tidak dapat melakukan peningkatan apa pun.

 

  1. Kerahasiaan Data

Untuk instansi-instansi pemerintahan kerahasiaan data adalah sebuah top prioritas. Dalam beberapa kasus, pelanggan menginginkan appointment mereka diurus dengan rahasia (dri public), tanpa harus mebmbocorkan data pribadi mereka ke selain petugas yang terkait.

Sulitnya beberapa golongan masyarakat untuk membedakan antara telepon dari penipuan berkedok instansi pemerintah atau jika telepon tersebut disadap, dan instansi pemerintah yang resmi membuat masyarakat ragu untuk menyerahkan data pribadinya melalui panggilan telepon.

Untungnya dengan menggunakan penjadwalan online seperti Qiwii, menyediakan formulir online yang apat mereka isi sendiri di rumah mereka yang bisa mereka isi setelah melakukan riset-riset jika diperlukan. Ditambah lagi, formulir ini dapat dikustomisasi oleh instansi terkait sesuai dengan kebutuhan.

Data yang masuk ke dalam penjadwlaan online kemudian akan disimpan dan dikunci dengan enkripsi di dalam cloud yang membuat hackers atau penipu kesuloitan untuk mendapatkannya, yang juga berarti pelayanan worry-free bagi pelanggan.

 

Daftarkan instansi Anda ke Qiwii sekarang juga untuk mendapatkan semua manfaat di atas, GRATIS, di website Qiwii, atau untuh aplikasinya di Playstore. Anda juga bisa lebih dahulu bertanya lebih jauh tentang Qiwii melalui IG Qiwii atau WhatsApp Qiwii.

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *