Saat kita mengunjungi fasilitas kesehatan, umumnya para pasien mengalami kekhawatiran, stress dan bahkan menahan rasa sakitnya. Oleh karena itu, rumah sakit perlu menciptakan lingkungan yang nyaman. Di dalam tulisan membahas beberapa rekomendasi bagaimana memberikan pasien kita lingkungan yang nyaman dan meningkatkan kualitas pengalaman pasien terhadap fasilitas kesehatan. Tentu saja tenaga kesehatan banyak sekali menerima terkanan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pasien, apalagi tenaga kesehatan yang jumlahnya jauh lebih sedikit dari pasien yang datang. Ini berarti rumah sakit memberikan beban yang membuat stres bagi para pasien dan tenaga kesehatan.
Sejauh ini tidak sedikit pimpinan rumah sakit mengeluhkan sulitnya memberikan pelayanan dan fasilitas yang baik untuk pasien. Dan dibawah ini merupakan tips dan saran bagaimana rumah sakit dapat meningkatkan kualitas pelayanan mereka.
Sistem antrian online di rumah sakit untuk lebih menjamin perjalanan pasien yang aman
Pandemi COVID-19 telah menunjukkan perlunya sistem antrian online yang dapat menangani arus pasien secara aman dan efisien. Dengan adanya peraturan dari pemerintah untuk tetap menjaga jarak aman dan batasan jumlah maksimum orang di dalam ruangan, fasilitas kesehatan perlu beradaptasi dengan cepat untuk mempertahankan layanan kesehatan sekaligus menjaga setiap pasien dan tenaga kesehatan agar tetap aman.
Berikut adalah beberapa contoh kasus penggunaan sistem antrian online yang dapat membantu perjalanan pasien yang lebih aman, terutama dalam situasi saat ini terkait pandemi COVID-19 yang semakin memburuk:
- Mengelola janji temu, kedatangan dan antrian pasien yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 dengan solusi penjadwalan pasien.
- Mengelola arus pasien yang ingin tes COVID-19
- Mengurangi jumlah orang yang menunggu di lobi atau ruang tunggu dengan menerapkan system aplikasi antrian online.
Permasalahan umum yang menghambat meningkatnya pelayanan pasien
Menekan Anggaran
Faktor umum di antara rumah sakit bahwa mereka memiliki anggaran yang ketat. Pada saat yang bersamaan, pengelola rumah sakit menyatakan bahwa mereka ingin berjuang untuk meningkatkan pengalaman pasien tanpa harus meningkatkan biaya.
Sumber daya yang terbatas
Karena sumber daya yang tersedia terbatas, beberapa rumah sakit merasa sulit untuk mengelola dan merapihkan data kunjungan lengkap pasien dari pra-kedatangan hingga pasca-pelayanan.
Lingkungan kerja yang penuh tekanan
Antrian panjang dan pasien yang tidak puas merupakan faktor stres bagi banyak karyawan, yang menciptakan lingkungan kerja yang penuh tekanan.
Kurangnya data
Beberapa pengelola rumah sakit menyatakan bahwa mereka kekurangan data akurat yang masuk dari pasien, yang pada gilirannya membuat sulit untuk mengidentifikasi dan menerapkan peningkatan efisiensi mengapa sistem antrian online sangat penting untuk rumah sakit.
Untuk meningkatkan pengalaman pasien dan kepuasan tenaga kesehatan dalam sebuah rumah sakit dengan anggaran dan sumber daya yang terbatas, pengelola perlu mempertimbangkan rencana mereka dengan hati-hati.
Rekomendasi utama kepada para pengelola tersebut adalah untuk mempertimbangkan sistem antrian online, atau seperti yang kami suka menyebutnya, sistem pengelolaan antrian pasien. Alasan kami menyebutnya sistem pengelolaan antrian pasien adalah karena ini adalah seperangkat alat yang membantu rumah sakit untuk meningkatkan seluruh kunjungan pasien, mulai dari check-in hingga check-out.
Manfaat dari sistem pengelolaan antrian pasien sangat signifikan. Rumah sakit akan mendapatkan manajemen pendataan pasien yang masuk dan keluar, selain itu para tenaga kesehatan juga mendapat keringanan dalam pekerjaan untuk membantu para pasien rumah sakit dengan memastikan bahwa pasien yang tepat berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.
Jadi, mengapa sistem manajemen perjalanan pasien penting bagi rumah sakit? Di bawah ini saya telah merangkum empat alasan.
Mengurangi biaya
Berinvestasi dalam sistem pengelolaan antrian pasien membuka peluang untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk antrian pasien dengan membuatnya lebih efektif di setiap pengelolaan.
Meningkatkan kualitas pelayanan pasien
Dengan sistem pengelolaan antrian pasien, Anda akan mendapatkan waktu tunggu yang optimal, mengurangi waktu tunggu yang pasien, dan meningkatkan kualitas layanan.
Meningkatkan kepuasan Tenaga Kesehatan
Dengan sistem pengelolaan antrian pasien dan membuatnya lebih efisien dan terstruktur, sistem pengelolaan antrian pasien dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan tenaga kesehatan.
Mengumpulkan data penting Data
Data akan secara otomatis dicatat oleh sistem pengelolaan antrian pasien di setiap langkah dalam proses, membantu anda meningkatkan kinerja sambil membuka peluang untuk benchmarking.
Contoh hasil penerapan sistem antrian rumah sakit
Berikut adalah beberapa contoh, berdasarkan kasus nyata, tentang apa yang telah dicapai rumah sakit dengan sistem pengelolaan antrian pasien.
- Apotek rumah sakit mengurangi waktu tunggu mereka dari 2 jam menjadi 15 menit
- Rumah sakit mengurangi waktu yang berjalan sehingga menghemat 10% Karyawan Penuh Waktu
- Rumah sakit melayani 3% lebih banyak pasien di “ruang” yang sama
- Rumah sakit mengotomatiskan 25-30% tugas resepsionis