Sebelum pelanggan merasakan lezatnya makanan, pengalaman pelanggan (customer experience) adalah hal yang menentukan kesan pertama pelanggan terhadap restoran. Apakah pelanggan bisa dengan mudah mengetahui informasi terkait restoran, mulai dari lokasi, jumlah antrian, hingga pilihan menu makanan?
Dan yang terpenting, apakah mereka bisa mendapatkan spot atau meja yang mereka inginkan dengan mudah?
Pentingnya Reservasi untuk Restoran
Adanya kebijakan reservasi tidak hanya menguntungkan pelanggan, tapi juga pihak restoran. Informasi yang pelanggan berikan saat reservasi akan sangat membantu pihak restoran. Tentunya, untuk mempersiapkan operasional dengan lebih matang sehingga mampu melayani pelanggan dengan lebih baik.
Berbeda dari restoran yang mengadopsi kebijakan first come first serve, restoran yang menyediakan reservasi akan lebih untung dari segi bisnis. Pasalnya, mereka memiliki lebih banyak informasi untuk memanjakan pelanggan.
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, berbagai teknologi pun hadir untuk membantu restoran agar terus berinovasi.
Salah satunya adalah Sistem Reservasi Online, sistem reservasi modern yang memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang hendak datang ke restoran Anda.
Apalagi dengan adanya pembatasan aktivitas sosial akibat pandemi COVID-19, sistem ini akan mempermudah pihak restoran untuk mengatur dan memantau jumlah pelanggan yang akan datang.
Manfaat Sistem Reservasi Online
Jika restoran Anda belum menggunakan Sistem Reservasi Online , sekarang adalah waktu yang tepat untuk menerapkannya. Berikut adalah sejumlah manfaat Sistem Reservasi Online untuk restoran.
- Memberikan Kemudahan untuk Pelanggan
Sebelum memanjakan pelanggan dengan hidangan andalan restoran, Anda dapat membuat mereka nyaman dengan pengalaman memesan yang jauh lebih mudah dan praktis.
Sistem Reservasi Online memungkinkan pelanggan untuk melihat ketersediaan meja di restoran secara real-time. Selain itu, pelanggan juga dapat dengan mudah melakukan reservasi di mana pun dan kapan pun melalui smartphone, tablet, dan laptop.
- Mengurangi No-Show(Tidak Jadi Datang)
Sistem Reservasi Online memungkinkan Anda untuk dapat mengirim pesan notifikasi kepada pelanggan, baik melalui SMS dan email sebagai pengingat atas waktu dan lokasi yang telah dipesan.
Hal ini tentunya dapat mengurangi peluang ketidakhadiran pelanggan yang mungkin saja lupa akan reservasinya.
Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan komunikasi dua arah, baik melalui SMS dan email. Dengan begitu, pelanggan dapat memberitahu Anda jika mereka telat atau membatalkan reservasinya secara real-time.
- Meningkatkan Kualitas Kerja Staf
Dengan menggunakan Sistem Reservasi Online, Anda dapat menginformasikan staf terkait profil pelanggan yang akan datang ke restoran, pesanan makanan, hingga meja mana yang mereka inginkan.
Hal ini menjadikan staf lebih siap untuk memberikan pelayanan yang profesional dan tepat waktu, sehingga pelanggan tidak perlu lama menunggu.
- Mengelola Layanan dengan Mudah
Hanya dengan satu aplikasi, Anda dapat mengelola dan memperbarui menu dan ketersediaan meja di setiap cabang secara terpusat.
Dengan sistem yang tersentralisasi, Anda dapat dengan mudah melihat tren layanan dan mengatur operasional untuk setiap cabang. Hal ini tentunya memudahkan Anda untuk mengatur alokasi staf dengan lebih efisien.
- Mengetahui Profil Pelanggan
Pelanggan adalah aset bisnis yang paling berharga. Sistem Reservasi Online tentunya dapat mengumpulkan berbagai informasi dari pelanggan. Mulai dari detil kontak, seberapa sering mereka berkunjung, menu favorit, hingga seberapa banyak dana yang pelanggan habiskan untuk makan di restoran.
Dengan adanya informasi tersebut, Anda dapat menentukan strategi promosi secara lebih akurat dan personal untuk masing-masing pelanggan.
- Pengelolaan Kapasitas Pengunjung
Dilonggarkannya kebijakan PPKM memungkinkan restoran untuk membuka kembali pintunya untuk para pengunjung. Namun dengan syarat, restoran harus membatasi kapasitasnya agar tidak menimbulkan kerumunan.
Teknologi Sistem Reservasi Online sepert Qiwii memungkinkan Anda untuk mengatur kapasitas restoran agar tidak melebihi batas.
Dengan demikian, selain mematuhi peraturan pemerintah, Anda pun dapat melindungi staf dan pelanggan dari penularan COVID-19.
Qiwii dapat membuat Anda tetap bisa reservasi online tanpa perlu harus berada di lokasi antrian atau restoran. Kami mengembangkan teknologi sistem antrian dan mesin antrian yang dapat membantu kamu mengantri, mendapatkan nomor antrian dan memonitor antrian Anda. Sehingga kamu bisa langsung datang dan dilayani tanpa perlu mengantri lagi. Segera unduh aplikasi Qiwii ke ponsel kamu dari Playstore sekarang juga dan rasakan efektif dan efisiennya mengatri dari mana saja tanpa emosi dengan Qiwii. Kunjungi website Qiwii qiwii.id