preloader

Mesin Nomor Antrian vs. Aplikasi Booking Online

Apa itu Mesin Nomor Antrian?

Mesin nomor antrian menjadi terkenal karena diterapkan oleh McDonald’s di seluruh dunia, juga digunakan oleh beberapa industri lain, termasuk:

  • Klinik kesehatan atau Rumah Sakit
  • Bank dan lembaga keuangan
  • Fasilitas pemerintah

Mesin pengambilan nomor antrian ini umumnya hadir pada industri atau tempat-tempat di mana waktu tunggu cenderung lebih tinggi.

Namun, bagi mereka yang cukup beruntung untuk menghindari mesin impersonal ini, prosesnya biasanya sebagai berikut:

  1. Pelanggan atau klien menggunakan mesin yang mencetak nomor tiket untuk mereka
  2. Setelah masuk ke ruang tunggu yang ditentukan, layar besar akan menampilkan jumlah tiket yang telah dicetak oleh mesin itu sendiri.
  3. Ketika nomor tiket pelanggan ditampilkan di layar, pelanggan melanjutkan ke loket untuk menerima layanan mereka

Proses ini sepertinya akan meningkatkan efisiensi dan mengurangi waktu tunggu.

Namun, ternyata mesin antrian membuat proses antrian dan penjadwalan janji menjadi lebih menyulitkan. 

Jadi, jika mesin antrian ini buruk, apa alternatifnya?

Apa itu Aplikasi Booking Online?

Aplikasi booking online adalah software yang dapat Anda gunakan untuk membuat janji temu.

Namun, tak hanya itu, aplikasi booking dapat melakukan lebih dari sekadar membantu Anda menjadwalkan janji untuk bisnis Anda. Manfaat yang akan kami bahas segera.

Qiwii adalah salah satu contoh aplikasi booking online yang populer

Komponen utama yang menarik dari implementasi aplikasi booking ini adalah otomatisasi. Meskipun sebagian besar metode penjadwalan tradisional memerlukan kehadiran karyawan dan membatasi membuat janji pada jam kerja, tidak begitu dengan software ini yang membuat pelanggan dapat membuat jadwal sendiri melalui otomatisasi software.

Memang benar bahwa mesin pengambil nomor juga menghindari karyawan yg harus stand by, tetapi ada beberapa alasan lain mengapa mesin ini kurang bagus dibandingkan dengan aplikasi booking online.

Dari penjelasan tersebut, bagaimana perbandingan antara dua pilihan tersebut?

Bagaimana Aplikasi Booking Online mengatasi banyak masalah jika dibandingkan dengan sistem pengambilan nomor melalui mesin?

Berikut kami berikan jawabannya.

1. Aksesibilitas

Sebenarnya, mesin nomor antrian memiliki aksesibilitas yag buruk.

Untuk mengambil nomor, klien Anda harus berjalan ke gedung, mengantri di mesin, mengambil tiket, dan kemudian menunggu di ruang tunggu yang penuh sesak. Terlihat betapa ini sangat merepotkan. Hanya ada satu cara untuk check-in dan satu tempat untuk menunggu bagi mereka.

Belum lagi mereka harus hadir secara fisik ada di ruang tunggu.

Bagaimana dengan Aplikasi Booking Online? Bagaimana mereka meningkatkan aksesibilitas?

Sebelumnya, klien dapat melakukan booking online melalui perangkat apa pun yang mereka inginkan kapan saja.

Misalnya menggunakan laptop kerja, pelanggan cukup masuk ke situs web pemesanan dan dapat langsung melakukan penjadwalan janji temu. Saat sedang keluar untuk jalan-jalan, cukup buka aplikasi booking online di ponsel dan Anda bisa melakukan penjadwalan sendiri. Tingkat kebebasan ini hanya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi booking online.

Selanjutnya, dan yang lebih penting, klien Anda tidak perlu hadir secara fisik di ruang tunggu yang padat. Setelah janji temu dipesan, mereka bebas menunggu di mana pun mereka mau sampai waktu janji temu tiba.

Jika Anda tidak memaksa klien Anda berada di ruang tunggu, Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai waktu mereka. Dan karena orang-orang semakin sibuk belakangan ini, sangat penting menghargai waktu pelanggan yang tidak dapat diremehkan.

Semakin cepat Anda memahami saat mesin pengambilan nomor antrian tidak dapat diakses, semakin cepat Anda dapat menerapkan aplikasi booking online dan memenangkan hati klien dengan kenyamanan yang diberikan.

2. Personalisasi

Jika dilihat dari cara kerja mesin nomor antrian, mulai dari pengambilan nomor tiket di mesin, kemudian lanjut ke ruang tunggu dan menatap layar, hal ini dirasa kurang personal. Tidak ada hubungan antara Anda dan klien, tak ada obrolan ringan antara staf dan klien.

Mesin antrian menghilangkan hubungan personal antara Anda dengan klien pada saat kunjungan. Dengan mesin ini, Anda bahkan tidak mempunyai kesempatan untuk mengetahui nama pelanggan. Padahal menyebut nama pelanggan adalah langkah pertama untuk memberikan pengalaman khusus pada pelanggan secara personal.

Di sinilah aplikasi booking online berperan dan mengubah keadaan.

Dengan aplikasi booking online, Anda bebas meminta informasi yang Anda inginkan. Bahkan sebelum klien datang ke tempat, Anda akan mengetahui nama mereka dan dapat memberikan pengalaman personal pada mereka. 71% konsumen mengungkapkan kekesalannya karena pengalaman yang kurang personal, sangatlah bodoh jika Anda mengabaikan kekuatan personalisasi.

Disamping itu, banyak aplikasi booking online memberi Anda kemampuan untuk menindaklanjuti klien. Baik mengirim email lanjutan atau survei kepuasan pelanggan. Pelanggan Anda akan merasa diperhatikan dan dihargai. Sesuatu yang tidak bisa disediakan oleh mesin antrian yang sudah ketinggalan zaman.

Jika Anda ingin memberikan pengalaman personal pada klien Anda, sekarang waktunya untuk beralih dari mesin nomor antrian dan menggunakan aplikasi booking online seperti Qiwii.

3. Organisasi
Bisnis yang terorganisir dengan baik adalah tanda bisnis yang sukses. Lagi pula, bagaimana Anda bisa berhasil menangani semua pekerjaan setiap hari jika tidak diatur dengan baik?

Melakukan satu tugas ke tugas lain tanpa manajemen yang baik sudah pasti merepotkan.

Meskipun mesin nomor antrian tampaknya mempromosikan bisnis Anda dan memiliki efisiensi yang lebih baik, namun ternyata dapat membuat staf Anda lebih stres daripada sebelumnya.

Dengan mesin antrian, klien Anda cukup mengambil nomor dan menunggu. Bagaimana staf Anda bisa tahu berapa banyak nomor di luar sana? Siapa yang dilayani dan siapa yang tidak?

Beralih dari staf. Bagaimana dengan klien Anda sendiri? Mereka mengambil nomor dan disuruh menunggu. Tapi untuk berapa lama? Tidak ada kepastian berapa lama mereka harus duduk di sana dan menunggu, padahal mereka memiliki urusan lain yang ingin mereka lakukan pada saat itu.

Dengan berpindah dari mesin nomor antrian ke aplikasi booking online, Anda mendapatkan 2 (dua) hal penting:

  1. Staf Anda bisa lebih memahami janji temu yang akan datang dan merencanakan hari-hari mereka sesuai dengan itu
  2. Klien Anda sekarang memiliki jadwal yang tepat berdasarkan waktu yang mereka pesan untuk janji temu mereka
    Dengan cakupan kedua aspek ini, tempat kerja Anda akan jauh lebih terorganisir, di mana staf dan klien puas.

Selain itu, dengan aplikasi booking online, Anda dapat dengan mudah mengkategorikan klien Anda berdasarkan jenis kunjungan atau layanan yang diperlukan. Ini menjadikan bisnis Anda lebih teroganisir dan memastikan bahwa Anda dapat memberikan layanan terbaik kepada klien.

Saat staf Anda tidak perlu fokus pada pengaturan sistem yang tidak menguntungkan mereka, Anda akan terkejut dengan perubahan tingkat produktivitas mereka.

4. Pengumpulan data
Ketika kita memikirkan tentang penjadwalan janji temu, mengumpulkan informasi bisnis yang berharga biasanya bukanlah hal pertama yang terlintas dalam pikiran.

Masuk akal juga, mengingat metode yang sudah ketinggalan zaman seperti mesin nomor antrian tidak memberikan informasi bisnis penting yang menguntungkan. Mereka hanyalah loket tiket yang dimuliakan yang harus dikunjungi klien sebelum mereka mendapatkan layanan yang diinginkan.

Untungnya, dengan aplikasi booking online, Anda  dapat mengumpulkan semua jenis informasi tentang bisnis Anda. Laporan otomatis dan analisis pelanggan adalah fitur umum di aplikasi booking online terbaik.

Misalnya, Qiwii memberi Anda akses ke dasbor admin yang memberi semua informasi bisnis yang Anda inginkan, termasuk:

  • Kinerja staf
  • Kinerja cabang lainnya
  • Demografi pelanggan dan laporan janji temu

Setelah Anda merasakan manfaat memiliki informasi ini di tangan Anda, Anda akan bertanya-tanya mengapa Anda tidak beralih ke aplikasi booking online lebih awal.

5. Pengelolaan sumber daya
Berapa kali Anda melihat tiket mesin antrian kusut di mana-mana?

Meskipun kekhawatiran ini mungkin tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan yang telah kami sebutkan, misalnya harus terus-menerus membeli dan mengisi kertas tiket pada mesin nomor antrian.

Ada banyak masalah yang perlu disebutkan di sini:

  • Efek lingkungan
  • Harus terus-menerus membeli dan memantau situasi kertas
  • Kehabisan kertas selama waktu tersibuk

Solusinya? Aplikasi booking online mengatasi semua masalah ini.

Karena Anda menjalankan sistem digital, sumber daya fisik tidak diperlukan. Selama aplikasi Anda berfungsi dengan baik, Anda tidak akan menemukan pelanggan yang marah atau berteriak tentang kerusakan mesin antrian Anda.

Mungkin kami berlebihan, tetapi setelah Anda mengalami salah satu mesin ini mogok pada waktu yang tidak tepat, kami yakin Anda akan beralih ke aplikasi booking online seperti Qiwii. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *