Tidak ada orang yang suka menunggu atau menggunakan kegiatan menunggu untuk menghibur hati. Berikut telah kami rangkum lima kunci manajemen antrean yang bisa digunakan untuk apa pun jenis bisnis Anda.
- Menunggu Sebentar Membuat Hasil Lebih Berarti
Dengan membuat pelanggan Anda menunggu, sebentar, Anda akan membangun ekspektasi dan rasa ingin mendapatkan produk Anda menjadi lebih besar. Akan tetapi, ingat, bila pelanggan dibiarkan menunggu terlalu lama, mereka akan mulai merasa bahwa mereka mendapatkan pelayanan yang buruk, pelanggan akan mulai menimbang apakah ia sememembutuhkan itu terhadap produk anda, dan bila berakhir degan buruk, pelanggan akan kemudian memutuskan untuk meninggalkan antrean. Teknik antrean elektronik seperti display digital bisa membuat pelanggan untuk membeli lebih.
- Semua Orang Menginginkan Pengiriman yang Cepat
Forbes menulis bahwa sebuah studi belakangan mengungkapkan alasan sebenarnya orang-orang membeli barang melalui e-commerce adalah karena kecepatan pengirimannya.
Manajemen antre adalah manajemen waktu- dan tentang menghargai waktu milik pelanggan Anda. Pelanggan akan lebih menghargai antrean virtual karena mereka bisa tetap sibuk, tetap mobile, dan memiliki lebih banyak pilihan dalam sekali lihat.
Mengimplementasikan antrean virtual dibarengi dengan metode digital membebaskan orang-orang dari keharusan untuk mengantri secara fisik sehingga mereka bisa menghabiskan waktu mereka sesuai dengan yang mereka inginkan, dan itu bukanlah mengantre. Percepat dan buat nayman antrean dengan menggunakan antrean elektronik yang menggunakan penjadwalan sebelum kedatangan, antrean virtual dan monitoring virtual.
- Berpusat pada Pelanggan dan Pelayanan
Motorola menemukan bahwa strategi omni-channel yang sebenarnya berpusat pada pelanggan dan pelayanan. Menurut laporannya, yang paling penting adalah melayani pelanggan dengan lebih baik bukan melakkan penjualan dengan lebih keras. Faktanya, 68% pelanggan meninggalkan sebuah bisnis karena mereka berpikir bahwa bisnis tersebut tidak peduli dengan mereka.
Kepuasan pelanggan berperan besar bagi sebuah bisnis, dan kepuasan pelanggan nyatanya sangat terpengaruh dari seberapa lama mereka harus menunggu. Menurut Anda seberapa besar kemungkinan seorang pelanggan mempromosikan bisnis Anda berdasarkan lamanaya mereka menunggu/mengantre?
Strategi seperti penghitungan jumlah pelanggan, monitoring atrean, monitoring pelayanan, dan manajemen antrean yang proaktif adalah cara cerdas untuk menjaga mood baik pelanggan. Antrena virtual yang menggunakan aplikasi telepon genggam, kiosk interaktif, dan internet akan sangat mendukung pengaplikasian cara cerdas seperti yang disebutkan sebelumnya.
- Pelanggan Akan Meninggalkan Anda untuk Antrean Check Out yang lebih Cepat
Pada sebuah studi di tahun 1992 (Romaey) ditemukan bahwa 80-90% pelanggan akan berpindah ke retailer lain hanya untuk merasakan antrean checkout yang lebih pendek.
- Menunggu dengan Efisien Menggunakan Teknologi
Teknologi manajemen antrean meningkatkan efisiensi pelaynan sebesar 35%, menurunkan waktu menunggu yang diperkirakan dan yang terjadi, juga meningkatkan pembelian.
Mungkin rasanya takut dan malas untuk mempelajari suatu teknologi baru. Akan tetapi jangan sampai hal tersbeut malah hanya akan membuat Anda tertinggal jaman. Ditambah lagi dengan pandemi yang terjadi sekarang. Betapa nyamannya pelanggan Anda bila mereka bisa mengakses bisnis Anda sekaligus melindungi orang-orang terkasih di sekitarnya saat Anda akhirnya memutuskan untuk mencoba aplikasi antrean online.
Qiwii sebuah aplikasi antrean online Indonesia dapat membantu Anda meningkatkan kualitas layanan sekaligus meningkatkan penilaian pembeli pada bisnis Anda. Dengan Qiwii Anda akan bisa lebih mudah mengatur bisnis dan pelayanan bisnis Anda cukup bermodalkan gawai kesayangan Anda. Silakan klik Qiwii pada teks ini untuk menjadi bagian dari keluarga besar #IndonesiaTanpaAntre bersama Qiwii.