Berapa kali Anda tiba di janji temu yang dijadwalkan, hanya untuk mengetahui bahwa orang yang Anda temui terlambat? Anda terpaksa menunggu beberapa menit, mungkin berjam-jam, untuk sesuatu yang seharusnya Anda harapkan terjadi tepat waktu, dan mengakibatkan waktu anda terbuang sia-sia. Kita semua pernah mengalami ini. Dokter, pengacara dan orang yang melibatkan janji temu, mereka semua sering melakukan hal yang mereka anggap kecil ini, tetapi membuat pelanggan atau klien frustasi.
Meskipun menunggu janji telah menjadi hal biasa, tetapi hal itu masih dapat berdampak negatif pada pengalaman pelanggan. Ketika pelanggan membuat janji, mereka mengharapkan layanan yang cepat. Sebaliknya, mereka sering bertemu dengan orang yag kurang komunikasi dalam hal penundaan atau pembatalan janji temu. Dengan hanya meningkatkan komunikasi yang lebih baik kepada pelanggan, perusahaan dapat secara dramatis mengubah persepsi mereka, dan seberapa lamapun pelanggan bersedia menunggu untuk mendapatkan layanan. Di bawah ini, kami telah menguraikan beberapa kiat tentang cara meningkatkan komunikasi dengan pelanggan Anda, dengan manfaat tambahan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.
Berkomunikasi di wilayah mereka
Ketika orang-orang menuju ke janji temu yang sudah terjadwal, mereka mungkin tidak punya waktu untuk mengobrol panjang atau memeriksa email mereka. Komunikasi harus cepat dan mudah. Itu sebabnya perusahaan harus mempertimbangkan untuk menggunakan pesan teks dari aplikasi untuk memperbarui pelanggan tentang penundaan, pembatalan, dan perubahan janji temu mereka. Jika Anda khawatir pesan notifikasi aplikasi mungkin terlalu mengganggu, ingatlah bahwa sebagian besar orang tidak keberatan menerima pesan teks dari suatu merek. Karena kebanyakan orang terbiasa dengan notifikasi aplikasi untuk komunikasi cepat, atau bahkan percakapan yang panjang, lebih banyak perusahaan harus beralih ke notifikasi aplikasi untuk tetap berhubungan dengan pelanggan.
Bersikap ramah dan empati
Pelanggan mungkin telah menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk mendapatkan janji temu ini, dan menunggu hanya untuk pertemuan yang tertunda. Itulah mengapa penting untuk memastikan bahwa semua komunikasi bersifat ramah, empati, dan memahami kebutuhan klien. Itu juga sebab mengapa notifikasi pengingat dari aplikasi bisa bermanfaat. Dengan itu, perusahaan dapat menggunakan nada yang lebih mengundang dan menarik daripada email atau panggilan telepon. Mereka juga dapat menambahkan emoji untuk membantu menyampaikan emosi, seperti frustrasi atau kekecewaan atas nama klien. Ketika masalah muncul, penting bagi perusahaan agar diingat untuk menjadi otentik terlebih dahulu dan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli.
Otomatiskan prosesnya
Mengirim notifikasi pengingat janji temu setiap kali janji tertunda dapat terdengar seperti tugas yang menakutkan, terutama jika orang menginginkan pembaruan konstan pada waktu tunggu. Untungnya, teknologi dapat membantu untuk mengotomatisasi proses. Melalui sistem penjadwalan janji temu , pelanggan bisa mendapatkan notifikasi otomatis tentang keterlambatan, gangguan atau penundaan. Ini dapat membantu mengendalikan ekspektasi, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Saat waktu janji temu semakin dekat, klien secara otomatis diberitahu jika janji temu akan ditunda, yang memungkinkan mereka untuk melakukan aktivitas lain alih-alih menunggu di lobi untuk dilayani.
Kita semua pernah mengalaminya: janji temu yang tertunda pasti akan terjadi. Ini tidak berarti bahwa klien harus menderita. Dengan berinvestasi dalam layanan yang memungkinkan komunikasi lebih mudah dengan pelanggan mereka, perusahaan dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan, yang mengarah ke retensi yang lebih tinggi.
Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan komunikasi dengan sistem manajemen anteran di dalam bisnis Anda dengan Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.