preloader

Tips Untuk Para Pebisnis : Menciptakan Perjalanan Pelanggan yang Efektif untuk Mendorong Bisnis Anda di Zaman Sosial Media Saat Ini

Marketing harus dirancang lebih pintar dari sebelumnya untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, dimana dengan membuat peta proses perjalanan atau antrean, pelanggan jadi sangat membantu.

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa kehidupan di seluruh dunia seiring waktu akan berubah. Tidak sapat dipungkiri bahwa pekerjaan, profrsi dan seluruh karier – yang pernah dianggap tidak dapat diganggu gugat, di masa mendatang, akan diambil alih oleh robot. Teknologi telah sepenuhnya mendefinisikan kembali cara-cara berkomunikasi, menjual, membeli dan melakukan bisnis, dan pemilik bisnis harus mengambil peran dan terus berkembang jika mereka ingin tetap relevan.

Hal utama yang kami perhatikan dari para pemilik bisnis adalah semakin pentingnya memiliki budaya pelayanan yang berpusat pada pelanggan. Suka atau tidak suka, kita hidup di zaman hiper-personalisasi, dan peluang untuk membuat kesalahan ketika datang ke pelanggan Anda lebih tinggi dari sebelumnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, sangat terlihat pertumbuhan eksponensial dalam atomisasi konten dan fragmentasi saluran media, yang berarti pemilik bisnis sekarang harus memikirkan, dan membuat, lebih banyak unit konten pemasaran individual.

Terlewatlah sudah hari-hari di mana Anda hanya perlu memotong 60 detik iklan TVC Anda menjadi 30, 15 dan enam detik varian untuk saluran digital dan sosial dan menyebutnya sebuah kemenangan: sekarang, semua tentang bagaimana membuat konten khusus yang dapat dimasukkan ke channel marketing yang lebih banyak, masing-masing dengan varian berbeda yang sesuai dengan media dan konteks di mana pelanggan terlibat dengan merek/produk Anda. Baik itu media sosial, email newsletter, layar ritel, atau saluran video, fragmentasi ini menambah tantangan pemasaran karena secara efektif menambah cabang ke peta perjalanan pelanggan Anda.

Hal ini bisa sulit untuk diimbangi, karena itu berarti bahwa pebisnis perlu lebih pintar dari sebelumnya. Mengetahui cara mengumpulkan data, ke mana mencarinya, memahami data, dan juga cukup kreatif untuk menemukan cara baru untuk menarik dan mempertahankan pelanggan adalah kenyataan bagi pebisnis abad ini. Di sinilah mengapa membuat peta perjalanan pelanggan akan membantu. Peta pada dasarnya adalah alat yang memungkinkan bisnis memvisualisasikan pengalaman tentang bagaimana pelanggan berinteraksi dengan merek/produknya dari titik kontak pertama hingga tahap akhir (pasca penjualan).

Berikut adalah contoh dasar dari perjalanan pelanggan.

  1. Saat berbelanja, calon pelanggan melihat toko dan signage Anda.
  2. Dia masuk dan melihat tata letak toko Anda.
  3. Karyawan Anda menyambutnya dan menawarkan bantuan.
  4. Karyawan itu juga ramah dan informatif dan membantunya memilih komputer yang kuat yang juga terlihat bagus dan bernilai uang.
  5. Di kasir, dia melihat tanda yang menawarkan diskon lima persen jika dia menyukai halaman sosial media Anda, dan kesempatan untuk memenangkan komputer lain jika dia memposting gambar pembeliannya di halaman Instagram.
  6. Karyawan Anda kemudian meyakinkan dia bahwa jika dia berubah pikiran dia dapat mengembalikan komputer, tidak ada pertanyaan yang diajukan sambil secara bersamaan mengumpulkan alamat emailnya untuk promosi berikutnya.
  7. Kemudian pelanggan akan sangat senang dengan pengalaman pembeliannya lalu kemudian memposting di Instagram yang dibalas oleh tim media sosial Anda dengan ucapan terima kasih.

Jika dilakukan dengan benar (dan dianggap serius) peta proses perjalanan pelanggan akan membantu memberikan pandangan yang sangat berharga dan esensial tentang pelanggan potensial dan yang sudah ada, dan juga akan mengungkapkan halangan yang dapat diprediksi pada setiap tahap pembelian, yang sering kali terlewatkan oleh banyak perusahaan.

Platform otomatisasi adalah cara terbaik untuk memastikan perjalanan pelanggan menjadi hidup. Pemahaman yang jelas tentang bagaimana pelanggan Anda berinteraksi dengan setiap bagian dari bisnis Anda adalah kunci dan pekerjaan mendasar untuk setiap tim pemasaran. Ini adalah alat penting untuk setiap pebisnis, karena memaksa Anda untuk melihat bagaimana pelanggan Anda benar-benar merasakan pengalaman dengan merek/produk Anda, bukan bagaimana Anda berpikir mereka melakukannya.

Menggunakan sistem antrean online ke tingkat yang lebih tinggi membantu anda meningkatkan profitabilitas sekaligus meningkatkan pengalaman pengunjung dan mempermudah proses bisnis anda.

Bisnis anda dapat menggunakan software antrean dan reservasi online seperti Qiwii untuk memungkinkan pelanggan menggunakan pelayanan inovatif. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel anda untuk mendaftarkan bisnis anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *