Meskipun mengantri bukan aktivitas favorit bagi siapa pun, akan tetapi masalah antrian ini merupakan landasan efisiensi bagi banyak perusahaan. Idenya sederhana: Pada saat tertentu, mungkin ada lebih banyak orang atau persoalan yang membutuhkan layanan, bantuan, atau perhatian daripada apa yang dapat ditangani oleh sebuah bisnis. Antrian membantu staf dan pemilik bisnis untuk melacak, memprioritaskan, dan memastikan proses layanan dan transaksi pada bisnis.
Pelacakan
Banyak perusahaan menggunakan beberapa bentuk antrian untuk mengatasi situasi dan tujuan yang berbeda. Customer service atau divisi layanan pelanggan sering kali membuat antrian virtual, membantu orang yang membutuhkan penyelesaian pada masalah tertentu untuk langsung dilayani oleh staf yang mereka butuhkan. Ini membantu teknisi dan pekerja menempatkan layanan mereka sesuai dengan apa yang di butuhkan pelanggan. Misalnya, meja bantuan TI perusahaan dapat melayani ratusan bahkan ribuan karyawan menggunakan komputer pribadi, perangkat seluler, dan perangkat kantor. Ini membutuhkan sistem pelacakan yang terperinci dan menyeluruh untuk membantu manajer mengalokasikan waktu dan keahlian anggota tim mereka secara efisien.
Ketepatan waktu
Bisnis melakukan studi menggunakan model dan rumus matematika untuk menentukan cara terbaik dalam melayani pelanggan dalam jumlah terbesar, berdasarkan sumber daya kepegawaian mereka. Dalam bisnis ritel, volume transaksi sangat penting dalam memaksimalkan pendapatan dan profitabilitas — yang berarti mengontrol bagaimana sistem antrian berjalan sangatlah penting. Faktor-faktor, termasuk jumlah pekerja yang dapat melayani, volume pelanggan yang datang dan peralatan yang tersedia, yang mana semua itu masuk ke dalam perhitungan yang menghasilkan format antrian. Ini menjelaskan mengapa supermarket biasanya mengoperasikan banyak jalur kasir dan menggunakan beberapa tempat pemeriksaan, sementara bank dan maskapai penerbangan biasanya menggunakan antrian panjang yang mengarah ke beberapa titik layanan dan bahkan banyak teller dan agen.
Inefisiensi
Perusahaan harus tetap menerapkan manajemen antrian yang baik untuk mencapai hasil terbaik. Sebuah sektor bisnis, seperti bank, perlu tetap berpegang pada modelnya setelah ditentukan bahwa efisiensi yang maksimal dapat dicapai, baik dalam biaya tenaga kerja dan pelanggan yang dilayani, dengan menggunakan antrian terpusat berdasarkan staf, setidaknya ada tiga teller selama jam sibuk. Kehilangan satu teller dapat merugikan bank secara signifikan dalam kehilangan kesempatan — transaksi yang tidak terjadi karena nasabah tidak mau mengantri, atau bahkan rekening ditutup oleh nasabah yang merasa bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik di bank lain. Sebaliknya, menambahkan terlalu banyak teller tambahan dapat meningkatkan biaya tenaga kerja secara berlebihan.
Penilaian
Dari waktu ke waktu, perusahaan harus menilai kembali strategi antrian mereka untuk memastikan mereka tetap efektif. Sebagai tujuan bisnis dan perkembangan operasi, manajemen antrian mungkin menjadi kurang berguna atau efisien daripada sebelumnya. Misalnya, cabang bank yang mengurangi stafnya menjadi hanya dua teller dapat melayani pelanggan dengan lebih efisien menggunakan dua jalur, bukan satu. Demikian pula, menggunakan sistem antrian pelanggan yang beroprasi secara virtual dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan menghasilkan lebih banyak pencapaian, daripada harus menunggu berlama-lama di dalam ruaangan atau berdiri untuk menunggu giliran.
Qiwii dapat membantu bisnis Anda agar manajemen antrian dalam bisnis anda terkelola dengan baik. Kami mengembangkan teknologi sistem antrian dan mesin antrian yang dapat membantu bisnis Anda mengatasi antrian. Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan perjalanan pelanggan dan pelayanan dengan sistem manajemen anteran di dalam bisnis Anda dengan Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrian digital Qiwii.