Setiap perusahaan berusaha untuk memberikan pelanggan mereka pengalaman terbaik. Ini mungkin berada di urutan teratas daftar prioritas mereka. Dalam lebih banyak kasus, pelanggan akan memberi tahu empat hingga lima orang tentang pengalaman mereka, entah itu baik atau buruk.
Daripada berinvestasi besar-besaran dalam periklanan, lebih baik berusahalah untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan Anda dan biarkan mereka melakukan pemasaran lewat pengalaman mereka untuk Anda. Pemasaran dari mulut ke mulut telah berkembang dari hanya memberi tahu teman dekat Anda tentang perusahaan, produk, atau layanan menjadi memberi tahu seluruh dunia tentang hal itu berkat kekuatan media sosial.
Cara Memastikan Pengalaman Pelanggan yang Baik
Kepuasan pelanggan yang baik dapat dengan mudah dicapai jika Anda memiliki pikiran yang terbuka, ini karena Anda akan bertemu berbagai macam orang. Beberapa orang mungkin menyenangkab tapi sebagian besar orang menginginkan sesuatu yang lebih. Sayangnya, jika tidak ditangani dengan baik, itu dapat menyebabkan hilangnya pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan.
Karena berita buruk menyebar lebih cepat maka mereka akan cenderung mempengaruhi lebih banyak orang untuk tidak membeli. Pastikan Anda jujur tentang fitur produk dan yang paling penting, jika Anda tidak tahu atau tidak memiliki suatu layanan yang pelanggan Anda inginkan, katakan saja. Pelanggan juga manusia, dan kejujuran Anda yang tidak biasa mungkin akan membuat mereka terkesan.
Mengapa Pemasaran Dari Mulut ke Mulut Begitu Penting?
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda perlu memberikan begitu banyak penekanan pada hal ini, bukan? Nah, menurut penelitian, 84% keputusan pembelian konsumen adalah karena pandangan orang lain . Sebagian besar didasarkan pada ulasan online.
Ada aspek yang merusak dari tinjauan online juga: penelitian menunjukkan bahwa klien yang tidak puas dapat meyakinkan sekitar 20 orang untuk tidak membeli produk. Dengan kata lain, ulasan yang pelanggan Anda berikan akan sangat berpengaruh pada keputusan calon pelanggan Anda.
Dampak Pemasaran Dari Mulut ke Mulut
Pengalaman Belajar
Setelah mendengarkan apa yang orang pikirkan tentang bisnis Anda, Anda mendapatkan kesempatan untuk mempelajari kekuatan dan kelemahan Anda sebagai sebuah bisnis. Dengan cara ini, Anda dapat memperbaiki kekurangan sebelum menjadi lebih terlihat. Bahkan saat Anda membaca blog atau situs web orang lain, Anda dapat membuat beberapa catatan tentang cara membuat konten online yang mengesankan.
Kumpulkan sebanyak mungkin informasi bermanfaat dari semua ulasan dan gunakan untuk catatan perbaikan pada bisnis Anda. Ingat, bahkan ulasan negatif dapat menjadi pelajaran tentang apa yang harus ditingkatkan sebagai bisnis.
Bangun Harapan Pelanggan
Sebelum melakukan pembelian, sebagian besar pelanggan mencari informasi tentang produk yang ingin mereka beli. Ulasan memberi tahu mereka tentang kinerja produk, daya tahannya, dan fitur-fiturnya. Kebanyakan orang lebih suka mendapatkan ulasan dari orang luar karena dianggap sebagai opini yang jujur. Jika dari produsen biasanya dianggap bias dan gimmick pemasaran.
Tingkatkan Penjualan
Memiliki ulasan online yang bagus telah terbukti meningkatkan penjualan hingga lebih dari 30%. Ini sangat berarti bagi setiap pemilik bisnis. Dalam upaya untuk mendapatkan kenaikan itu, jangan hanya mengandalkan pandangan orang lain.
Penting bagi Anda untuk membuat situs web sendiri untuk memberi orang wawasan tentang layanan apa yang Anda tawarkan. Situs web juga akan memungkinkan pelanggan Anda untuk memberikan komentar tentang apa yang mereka pikirkan tentang produk Anda.
Meskipun tidak semua pengunjung adalah pelanggan, jumlah kunjungan ke situs Anda menunjukkan bahwa orang mempertimbangkan produk Anda.
Saat membuat situs web ini, gunakan pakar dan bahasa positif yang meyakinkan dan mendorong mereka untuk mengklik tombol beli. Gunakan kata kunci yang sedang tren dan pengoptimalan situs sehingga situs Anda akan menjadi salah satu tautan pertama yang muncul di hasil mesin pencari.
Itulah beberapa pengaruh ulasan pelanggan Anda pada pemasaran dari mulut ke mulut. Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan perjalanan pelanggan dan pelayanan dengan sistem manajemen anteran di dalam bisnis Anda dengan Qiwii. Kami mengembangkan teknologi sistem antrian dan mesin antrian yang dapat membantu bisnis Anda mengatasi antrian. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.