Pengalaman menunggu membuat kesuksesan atau menghancurkan kesuksesan acara Anda. Antrian panjang mengubah acara menarik menjadi hal yang membosankan. Dimasa pandemic yang masih belum berakhir ini, bisnis akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan keadaan baru. Tidak peduli berapa banyak kegiatan pemasaran yang telah Anda lakukan untuk mempromosikan acara besar Anda. Keberhasilan acara yang di lakukan secara publik tergantung pada seberapa baik Anda mengelola pengalaman menunggu pengunjung Anda.
Untuk membantu Anda, berikut adalah panduan singkat tentang cara mempersiapkan antrian di sebuah acara dan membuat acara Anda menjadi sukses.
Mengapa penyelenggara membutuhkan alat manajemen antrian acara
Sebuah acara yang digelar saat ini pasti akan diminta untuk menerapkan batasan tertentu untuk memastikan keamanan semua tamu yang hadir, mengingat saat ini kita sedang mengalami masa pandemi. Bahkan sebelum pandemi, antrian di acara berskala kecil ataupun besar – rentan terhadap kemacetan antrian. Dan acara yang tidak mengelola antrian dengan baik dapat merusak keseluruhan pengalaman tamu.
1. Check-in lebih cepat
Check-in adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. Anda dapat menghindari antrian panjang saat mengatur acara Anda dengan membuat proses check-in lebih cepat dan lebih intuitif . Sistem antrian Qiwii menawarkan solusi virtual untuk membatasi risiko penyebaran virus. Mengizinkan tamu untuk masuk ke saluran virtual dapat membantu mengurangi risiko ini secara signifikan.
Untuk check-in di tempat, kios yang memungkinkan layanan mandiri dapat membantu mempercepat proses antrian. Mereka harus ditempatkan di setiap titik masuk, pada jarak yang cukup terpisah satu sama lain.
Cara lain untuk lebih mempercepat proses check-in adalah dengan membagi antrian menjadi beberapa baris yang lebih kecil. Misalnya, mungkin ada:
- Jalur biasa untuk check-in
- Jalur VIP
- Saluran untuk pemecahan masalah atau pertanyaan.
Antrian yang dibuat bebera baris membantu mengurangi waktu tunggu dan layanan. Struktur antrian yang tepat tergantung pada acara Anda, kapasitas tempat, ukuran staf, dan sebagainya.
2. Mengotomatiskan bagian dari layanan pelanggan
Acara berskala besar akan membuat stres bagi penyelenggara. Ada banyak detail kecil yang membutuhkan perhatian terus-menerus agar terkelola dengan baik secara menyeluruh. Mengelola antrian secara manual dalam situasi ini adalah keputusan yang buruk. Dengan mengotomatisasi manajemen di setiap titik, koordinator acara dan anggota staf lainnya dapat mengalihkan fokus mereka pada tugas penting lainnya .
Dengan solusi antrian virtual, tamu Anda mengurus prosedur check-in mereka dan diproses secara otomatis. Sistem antrian virtual membantu mencapai organisasi lini yang efektif pada acara olahraga, parade,event, konser, festival, dan jenis acara lainnya.
3. Buat aturan antrian yang adil dan lugas
Sumber kecemasan tamu terbesar adalah kurangnya keadilan. Aturan dalam antrian adalah sesuatu yang hampir dipahami secara universal:
- orang yang mengantri akan dilayani lebih awal
- orang yang terakhir bergabung harus menunggu lebih lama.
Meskipun demikian, menyerobot antrian adalah sesuatu yang cukup sering terjadi. Titik masuk yang jelas dan batasan yang tegas membantu membatasi antrian.Manajemen antrian acara virtual akan mengilangkan kemarahan yang berada di antrian sepenuhnya. Ketika proses antrian diotomatisasi, dampaknya akanlebih kecil terhadap keadaan emosional pelanggan.
4. Buat penantian tamu Anda menarik
Ini adalah sesuatu yang kami ingin nyatakan berulang kali: pengalihan pelanggan akan membuat antrian tidak terlalu membosankan. Beberapa bank, toko ritel dan bisnis lainnya mencoba memanfaatkan waktu tunggu dengan iklan in-line yang mendorong pembelian impulsif pada pelanggan .
Efek bonus dari hal ini adalah bahwa pelanggan yang menghabiskan waktu mereka dalam antrian sambil melihat produk akan membuat mereka merasa antrian berjalan lebih cepat. Di rumah sakit, bank, dan ruang publik lainnya, mungkin ada majalah, buku, dan TV untuk mengalihkan perhatian pengunjung dari penantian mereka. Acara olahraga dan konser sering kali mengandalkan penjual makanan dan live music kecil untuk menambah warna pada pengalaman menunggu.
Penyelenggara dan koordinator acara akan terus menghadapi tantangan, bahkan saat dunia dilanda pandemi. Tetap update dengan peraturan keselamatan adalah langkah pertama yang diperlukan, tetapi mengurangi jalur antrian harus menjadi prioritas utama.
Penyelenggara acara atau event dapat menggunakan sistem antrean dan reservasi online seperti Qiwii untuk memungkinkan proses antrean menjadi lebih aman. Kami mengembangkan teknologi sistem antrian dan mesin antrian yang dapat membantu acara Anda mengatasi antrian. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan acara Anda dan bergabung Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrian digital Qiwii.