preloader

5 Kriteria Memilih Aplikasi Booking Online Terbaik

Saat kami memberi tahu aplikasi booking online terbaik untuk bisnis kecil Anda secara langsung, tentu Anda tidak akan percaya begitu saja bukan?

Jadi, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai aplikasi booking yang akan kami rekomendasikan, mari kita bahas tentang 5 kriteria saat memilih aplikasi booking terbaik untuk bisnis Anda.

1. Biaya
Kriteria pertama untuk memilih aplikasi booking sudah jelas biaya.

Meskipun ada beberapa pilihan aplikasi gratis di luaran, banyak dari versi gratis ini dilengkapi dengan imbal jasa. Selain itu, ada beberapa batasan yang diberikan:

  • Batasan jumlah booking pada periode waktu tertentu
  • Fitur menguntungkan tertentu dinonaktifkan
  • Batasan login

Karena itu, Anda dapat dengan leluasa mencari solusi booking online gratis yang benar-benar memenuhi kebutuhan Anda.

Yang penting untuk diingat di sini adalah bahwa meskipun sebagian besar aplikasi booking terbaik ini berbayar, Anda akan mendapatkan ROI yang lebih besar. Apakah Anda akhirnya menghemat waktu atau bahkan berhasil menghilangkan seluruh tugas karyawan melalui otomatisasi booking, biaya yang dikeluarkan akan sepadan dengan hasil yang didapat.

Aplikasi booking online yang kami rekomendasikan tentu saja hemat biaya, tetapi yang lebih penting, manfaatnya jauh lebih besar daripada persepsi negatif apa pun yang terkait dengan harga.

2. Kemudahan penggunaan

Saat beralih dari metode booking konvensional ke aplikasi booking online, kemudahan penggunaan merupakan kriteria yang paling penting.

Ada 2 (dua) aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat mengevaluasi kemudahan penggunaan:

  • Ujung depan (sisi klien)
  • Bagian belakang (staf)

Aplikasi booking terbaik memiliki ciri-ciri yang sederhana dan ringkas untuk dipahami klien. Hanya diperlukan beberapa langkah dari saat tombol “pemesanan” diklik hingga saat waktu booking ditentukan. Ini sangat penting ketika Anda ingin menangani klien khusus yang sudah merasa puas dengan kondisi lama dan tidak tertarik pada perubahan.

Di belakang meja, Anda tidak ingin staf Anda sibuk mempelajari aplikasi booking dan berjuang untuk memahami cara kerjanya. Aplikasi booking yang mudah digunakan dan dipahami sebagian besar akan menguntungkan staf Anda dan memungkinkan mereka beradaptasi dengan mudah dari metode lama ke metode baru.

3. Manajemen Kalender

Aplikasi booking online terasa tak lengkap tanpa adanya kehadiran kalender fungsional.

Sederhananya, kalender harus menyediakan apa yang Anda perlukan.

Misalnya menjadwalkan beberapa layanan yang berbeda atau mengatur waktu tertentu di mana klien tidak dapat melakukan booking secara konvensional, aplikasi booking yang baik harus cukup fungsional untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4. Analisis dan Pelaporan

Aplikasi booking yang baik menyediakan lebih dari sekadar membuatkan janji temu.

Normalnya, jika Anda akan membayar untuk sebuah software, manfaat yang Anda peroleh darinya haruslah lebih. Aplikasi booking online Qiwii favorit kami dilengkapi dengan beberapa fitur analisis dan pelaporan utama, termasuk:

  • Analisis pelanggan
  • Riwayat pertemuan sebelumnya
  • Fitur feedback pelanggan
  • Kinerja staf
  • Data dan statistik pertemuan harian, bulanan, atau tahunan
  • Informasi tentang berbagai cabang (untuk bisnis kecil dengan lebih dari satu lokasi)

Meskipun fitur-fitur ini mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran Anda saat membayangkan aplikasi booking yang sempurna, fitur-fitur ini akan segera menjadi bagian integral dari pengelolaan bisnis kecil Anda. Apakah Anda menggunakan data untuk tujuan pemasaran, atau hanya untuk mengetahui umpan balik pelanggan, fitur analitik dan pelaporan ini akan berguna.

5. Technical Support

Kemudahan penggunaan memang yang utama, tetapi saat menggunakan sebuah aplikasi ada hal-hal yang tidak bisa kita prediksi. Apa yang harus Anda lakukan jika mengalami masalah yang sepertinya tidak dapat Anda selesaikan?

Di situlah dukungan teknis berperan.

Aplikasi booking online di luar sana menyediakan dukungan teknis untuk membantu Anda mengatasi masalah umum atau menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki setelah menggunakan aplikasi.

Ada dua metode umum untuk menyediakan dukungan aplikasi:

  • Call center teknis
  • Sistem SMS dukungan teknis 24/7

Anda dapat memilih salah satu dari 2 metode diatas yang sama baiknya. Yang terpenting adalah Anda merasa terbantu dan dimudahkan setelah menerapkan aplikasi booking online seperti Qiwii.

Sumber: Skiplino.com