Terkadang sulit untuk berbicara tentang manajemen antrian karena ada begitu banyak mitos dan kesalahpahaman seputar topik ini.
Orang-orang memiliki tanggapan masing-masing tentang apa itu manajemen antrean, dan dibutuhkan banyak waktu untuk membantu mereka menjelaskan kembali yang sebenarnya.
Berikut adalah lima mitos manajemen antrean paling populer, yang dapat dibantah .
Mari kita lihat apakah ada yang masih Anda percayai.
Mitos 1: Antrian panjang adalah tanda popularitas bisnis
Kami sering mengatakan bahwa tidak ada yang suka antrian, tetapi ada beberapa pengecualian.
Antrian terjadi ketika ada ketidakseimbangan dalam struktur ini. Benar, antrian panjang mungkin menunjukkan permintaan yang meningkat, tetapi ada pengecualian jika bisnis Anda kuliner atau Anda tidak mungkin memperbaiki situasi ini secepatnya, Karena Anda tidak akan mendapatkan permintaan yang sama terus menerus.
Pelanggan semakin pilih-pilih, dan yang dibutuhkan mereka hanyalah satu, yaitu pengalaman menyenangkan untuk memberi Anda tempat di dalam pilihan mereka.
Lebih baik lagi, mereka kemudian akan memberi tahu lebih dari 12 orang lain tentang pengalaman di bisnis Anda.
Mitos 2: Lebih banyak staf layanan sama dengan layanan yang lebih cepat
Ini terlihat seperti matematika sederhana pada awalnya: jika dua server dapat melayani 10 pelanggan per jam, empat server seharusnya dapat melayani 20 pelanggan per jam, bukan?
Dua kali server, gandakan kecepatannya.
Tapi tidak semua layanan bisa menggunakan matematika ini, contohnya seperti terlalu banyak juru masak akan merusak rasa makanan.
Apa yang dapat lebih meningkatkan efisiensi dalam hal ini adalah sistem manajemen antrian. Dengan cara ini, sebagian pelanggan dapat melalui sistem dengan lebih cepat, menghasilkan pembayaran yang cepat untuk semua.
Dan inilah tepatnya yang dilakukan manajemen antrian yang baik: ini membantu memecah dan mengkategorikan berbagai aspek layanan ke dalam jalur tertentu dan mengurangi beban staf Anda dengan membiarkan pelanggan melakukan check-in sendiri .
Mitos 3: Manajemen antrian adalah ketika pelanggan mendapatkan kertas tiket bernomor
Mari kita menerima suatu kenyataan bahwa tiket antrian yang menggunakan kertas tidak efektif. Karena hanya berguna sekali saja. Penggunaan tiket kertas hanya membuang-buang waktu, uang, dan sumber daya. Mereka sulit untuk dikelola, cukup berantakan dan tidak mudah dirapihkan, pengarsipan atau pencatatan akan melelahkan dan Anda mungkin memerlukan satu atau lebih karyawan hanya untuk mengurus berkas-berkas tiket tanpa akhir. Itu lagi-lagi membuang-buang waktu, uang dan tenaga.
Anda sebaiknya tidak menggunakan kertas karena ada solusi yang jauh lebih efisien, efektif, ramah lingkungan, dan terjangkau. Qiwii memungkinkan Anda untuk mengelola semua pelanggan yang masuk ke tokoatau bisnis Anda dan Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka secara real time, tanpa mengeluarkan satu pun tiket kertas yang dicetak. Anda juga dapat menghilangkan antrean yang tidak perlu menggunakan sistem antrean online Qiwii.
Mitos 4: Perawatan dan pemasangan yang rumit
Dikenal sebagai teknologi kecantikan yang menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung, sistem manajemen pengunjung dianggap sebagai hal yang sulit untuk dikelola. Namun, sebaliknya, orang menyukai teknologi ini hanya karena sangat mudah digunakan dan dirawat.
Sistem manajemen pengunjung bekerja dengan pengaturan login sederhana yang memungkinkan staf untuk menjaga informasi dan data. Sistem yang baik membantu memberikan solusi langsung yang tidak hanya menghemat waktu tetapi juga uang yang dihabiskan sebaliknya. Selain itu, atas nama pemeliharaan, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti gulungan printer, mengatur data sesuai pilihan Anda, memeriksa cadangan, dan tugas serupa lainnya.
Mitos 5: Manajemen antrian hanya untuk layanan kesehatan dan sektor publik
Tidak sulit untuk memahami mengapa bisnis ritel dan perawatan kesehatan peduli tentang waktu tunggu dan semacamnya — pada awalnya, ini tentang efisiensi dan pendapatan; pada akirnya, ini tentang hidup dan mati.
Tetapi mengapa ada keyakinan kuat bahwa tidak ada industri lain yang memerlukan manajemen antrian?
Memang benar bahwa kantor-kantor pemerintah, misalnya, tidak didorong oleh konsumen dan tidak bergantung pada beberapa tolak ukur layanan pelanggan. Tapi mereka masih peduli tentang efisiensi.
Bank, logistik, kantor pos, restoran cepat saji — mereka semua bersatu dalam keinginan mereka untuk melakukan pekerjaan mereka dengan cepat. Dan salah satu cara yang lebih penting untuk memberikan layanan cepat pasti melalui manajemen antrian yang efektif.
Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan perjalanan pelanggan dan pelayanan dengan sistem manajemen anteran di dalam bisnis Anda dengan Qiwii. Kami mengembangkan teknologi sistem antrian dan mesin antrian yang dapat membantu bisnis Anda mengatasi antrian. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.