preloader

Proses Perjalanan Pasien: Membuat Pengalaman Perawatan Pasien Pada Layanan Kesehatan Lebih Baik

Jika Anda telah membaca blog Qiwii, Anda pasti tidak asing mendengar tentang pemetaan perjalanan pelanggan, yang mana adalah salah satu cara untuk menganalisis bagaimana pelanggan ditangani oleh sistem layanan Anda.

Tapi ini tidak hanya berlaku untuk bisnis seperti ritel, bank atau lainnya. Dalam bidang pelayanan kesehatanpun, ada yang namanya pemetaan perjalanan pasien .

Pemetaan perjalanan pasien adalah cara memvisualisasikan pengalaman layanan pasien secara real-time. Ini akan menunjukkan urutan semua titik layanan yang harus dilalui pasien selama proses perawatan.

Ini termasuk titik layanan yang terjadi sebelum pelayanan, saat pelayanan, dan setelah pelayanan.

Pemetaan perjalanan pasien membantu memvisualisasikan pengalaman pasien. Untuk penyedia layanan kesehatan, hal ini akan memudahkan staf dan pasien untuk menyesuaikan proses perawatan, mengidentifikasi titik penting dan peluang untuk inovasi, dan menghilangkan potensi kesalahan layanan.

Mari kita tinjau bersama, apa yang membuat pemetaan perjalanan pasien menjadi bagian penting dalam meningkatkan pengalaman perawatan kesehatan.

Pemetaan titik layanan perjalanan pasien

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, ada tiga jenis titik kontak untuk pemetaan perjalanan pasien:

  1. Pra-pelayanan
  2. Saat pelayanan
  3. Pasca-layanan

Apa yang tercakup dalam setiap langkah dan apa saja cara Anda dapat membuatnya lebih baik sejak awal? Mari kita bahas.

Pra-pelayanan

Pra-kunjungan mencakup semua yang perlu dilakukan pasien sebelum sampai ke tahap perawatan atau bagian perawatan kesehatan. Ini mungkin termasuk melakukan pendaftaran, konsultasi online, memilih tempat/layanan/praktisi yang tepat dan, opsional, membuat janji temu.

Saat pelayanan

Titik layanan ini meliputi kedatangan pasien, melalui penerimaan, manajemen kasus pasien, antrian, menunggu, dan pelayanan/perawatan yang sebenarnya.

Jika kita berbicara tentang pasien yang tidak membuat janji, ini adalah langkah di mana check-in terjadi. Dan ini juga adalah tahap dimana banyak rumah sakit gagal.

Masalahnya, masih banyak fasilitas kesehatan yang memilih menggunakan apa yang disebut dengan lembar pendaftaran manual.

Biasanya, kami menyarankan untuk tidak menggunakan lembar seperti itu. Ada juga penyebab kekhawatiran lain: lembar masuk membutuhkan terlalu banyak waktu untuk diisi dan ditangani, dan menghabiskan terlalu banyak proses dan pekerjaan.

Karena semakin banyak opsi check-in digital muncul, lembar pendaftaran manual sudah tidak menjadi pilihan yang terbaik.

Menyingkirkan ruang tunggu memiliki manfaat tidak hanya mengurangi stres, tetapi juga meminimalkan tingkat infeksi penyakit antar pasien. Selain membuat layanan lebih efisien hal itu juga membuat pasien merasa lebih aman.

Pasca-layanan

Proses perawatan tidak berakhir begitu dokter mengucapkan sudah selesai atau selamat tinggal dan menutup pintu di belakang Anda.

Tahap pasca-pelayanan dari layanan rumah sakit akan dipusatkan di sekitar penilaian pasien dalam bentuk kuesioner, survei, atau cara lain untuk mengumpulkan pendapat.

Mendapatkan penilaian pasien sangat penting untuk meningkatkan pengalaman pasien, kepuasan pasien , kualitas perawatan, sampai retensi pasien. Dan akan dinilai dari penilaian pertama dari pasien.

Karena dalam hal perawatan pasien, menduga-duga saja tidak cukup. Anda perlu mendasarkan keputusan Anda pada survei pasien berdasarkan pengalaman mereka jika Anda ingin mempelajari kenyataan tentang tingkat kualitas perawatan Anda.

Sistem antrean online penjadwalan medis Qiwii dapat memudahkan untuk menghindari kesalahan perawatan pada industri perawatan kesehatan. Penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan sistem antrean dan reservasi online seperti Qiwii untuk mengurangi waktu tunggu di ruang tunggu sehingga potensi menularnya virus di ruang tunggu berkurang.

Kami mengembangkan teknologi sistem antrian dan mesin antrian yang dapat membantu layanan kesehatan Anda dalam mengatasi antrian. Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan proses pelayanan perjalanan pasien dan pelayanan dengan sistem manajemen antrian di dalam layanan kesehatan Anda dengan Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *