Menunggu itu tidak hanya menyebalkan, tapi seringkali tidak bisa dihindari dan malah mejadi salah satu bagian dari perjalanan pelanggan yang sangat menentukan bagaimana pelanggan mempersepsikan bisnis Anda.
Sbuah contoh cerita nyata mengenai bagaimana antrean pada bisnis Anda dapat sangat memepengaruhi penilaian pelanggan terhadap bisnis Anda. Tersebutlah sebuah bisnis dimsum ternama yang baru saja hadir di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Bandung. Pada suatu weekend, dua orang youtuber asal Bandung hendak mencoba dimsum tersebut.
Karena kepopuleran dimsum tersebut kedua youtuber tersebut diminta untuk kembali dua jam lagi setelah melakukan pendaftaran waiting list. Setelah satu jam setengha menunggu di tempat lain mereka lantas kembali ke tempat dimsum tersebut.
Berharap mereka mendahului pemanggilan nomor giliran mereka, mereka malah diminta untuk menunggu ulang karena nomor mereka sudah tiga kali disebutkan dan mereka tidak datang. Kedua youtuber tersebut pun tidak habis piker dan pada akirnya tidak jadi membeli dimsum tersebut dan memutuskan untuk makan di tempat lain. Saat mereka makan malam di tempat lain bersama beberapa teman mereka yang baru saja datang, mereka lantas mengadukan pengalaman buruk mereka dengan dimsum kenamaan tersebut kepada teman-teman mereka yang baru saja bergabung itu. Kedua youtuber tersebut protes habis-habisan, mengatakan bahwa ituadalah cara yang tidak adil dan semestinya mereka didahulukan karena sejak awal diminta menunggu dua jam dan karyawan tidak menyatakan bahwa mereka harus mengantre ulang dari awal bila saat nomor dipanggil mereka tidak ada di sana. Kini salah satu teman yang menjadi tempat mereka mengadu tersebut menceritakannya pada artikel sebuah blog walaupun tidak menyebutkan nama brand dan Anda sednag membacanya.
Kini Anda tahu bagaimana mudah dan cepatnya pengalaman buruk menyebar begitu saja hanya karena masalah antrean. Untungnya kedua youtiber tersebut bukanlah youtuber yang mereview berbagai tempat makan, kalau tidak pasti masalah bisa jadi akan lebih runyam lagi, atau setidaknya dimsum tersebut akan tidak jadi mereka liput padahal hal tersebut bisa jadi sebuah promosi gratis di sebuah platform besar yang baik bagi branch mereka yang baru ada di Bandung tersebut.
Lalu bagaimana cara membuat antrean yang tidak memebebani baik pelanggan maupun karyawan atau bisnis Anda? Kami sudah rangkumkan empat cara yang paling ampuh untuk menjadikan antrean yang tidak terhidarkan di bisnis Anda menjadi sebuah bagian dari perjalanan pelanggan yang tidak membebani.
- Tetapkan Waktu Tunggu
- Jaga Aturan Antre Konsisten
- Gunakan Self-Check in
- Alihkan Perhatian dan Hiburan
Wah, kok cuma disebutkan sih? Jelaskan juga doooong.
Jangan khawatir, penjelasannya akan kami bongkar seutuhnya di artikel selanjutnya. Jadi, jangan lupa baca bagian 2 nya di sini!
Sementara menunggu, yuk segera daftarkan bisnis Anda ke Qiwii GRATIS di website qiwii atau dengan mengunduh aplikasi Qiwii dari Playstore. Anda juga bisa melihat-lihat dan mencari-cari informasi tentang Qwiii dengan menghubungi WhatsApp Qiwii atau dengan mengunjungi website Qiwii.