Kapankah Anda terakhir mengantri? Apakah yang Anda rasakan saat mengantri? Bosan adalah perasaan yang pasti dirasakan setiap orang ketika mengantri. Rasa bosan ini bisa berubah menjadi marah jika perusahaan tidak mengelolanya dengan baik.
Oleh karena itu, perusahaan tidak boleh menganggap sepele emosi orang yang mengantri. Kekecewaan orang saat mengantri bisa menjadi sebuah alasan untuk orang tersebut tidak jadi atau tidak meneruskan berlangganan di perusahaan tersebut. Dan perlu diperhatikan, bahwa rasa marah ini bisa cepat menular dari satu orang ke orang lainnya yang sedang mengantri.
Ada beberapa strategi bisnis yang dapat dilakukan untuk mengelola antrian dengan lebih baik. Menambah meja layanan pelanggan dan meningkatkan kecepatan layanan tentu saja adalah hal yang pasti dapat mempercepat antrian. Namun, mengelola antrian tidak hanya sebatas membuatnya lebih cepat. Pihak perusahaan dapat mengelola antrian dengan memperhatikan psikologi dari orang yang mengantri.
1. Gunakan Distraksi
Strategi bisnis yang pertama dalam menangani antrian adalah menggunakan distraksi. Orang mengantri yang tidak melakukan apapun akan lebih cepat bosan, daripada orang mengantri sembari menonton televisi, membaca buku, atau mengobrol. Strategi ini banyak dilakukan oleh bank, salon, atau perusahaan lainnya dengan meletakkan televisi atau majalah di ruang tunggunya.
2. Membuat Antrian Menyenangkan
Buatlah antrian menjadi sesuatu yang menyenangkan. Strategi ini dilakukan oleh perusahaan Disney Land, dengan mendesain jalur untuk mengantri dengan hiasan dinding yang besar dan mainan yang juga sangat besar dan bisa berinteraksi dengan pengunjung. Mengantri menjadi sesuatu yang menyenangkan baik bagi pengunjung dewasa maupun anak-anak.
3. Beri Kepastian Pada Pelanggan
Strategi ketiga adalah tidak membuat orang yang antri bingung dan merasa tidak jelas. Pengelola perlu menjelaskan kenapa pelanggan harus menunggu dengan alasan yang masuk akal, contohnya seperti mengumumkan delay pesawat di bandara karena cuaca sedang buruk. Pengelola juga harus memberi kejelasan waktu kapan estimasi mereka selesai mengantri.
4. Gunakan Sistem Antrian Online
Strategi terakhir yang bisa dilakukan untuk mengelola antrian di era modern ini adalah mengantri dengan menggunakan sistem antrian online. Dengan sistem online, pelanggan dapat memesan antrian jauh hari sebelumnya.
Pelanggan juga dapat mengetahui waktu pasti kapan mereka akan dilayani, sehingga pelanggan tidak perlu datang ke tempat untuk mengantri dan bisa meluangkan waktu yang biasanya untuk mengantri ke aktivitas yang lainnya. Sistem antrian online sudah dilakukan pada antrian passport online di Indonesia.
Dengan mengelola antrian dengan baik, anda akan membuat pelanggan anda lebih puas dan dapat memenangkan kepercayaan mereka dengan lebih mudah.