preloader

Penting Untuk Para Pebisnis! 4 Hal yang Membuat Pelanggan Nyaman Mengantre

People queueing for cash register in a supermarket

Dengan Indonesia yang menduduki peringkat ke 4 negara dengan populasi penduduk terbanyak di seluruh dunia, masalah lama seperti antrean panjang tentunya sulit untuk dihindari. Apalagi saat ada acara-acara atau hari-hari spesial, seperti Hari Lebaran, saat ada acara diskon-diskon akhir tahun, dan banyak lagi. Antrean, baik panjang atau pun tidak, akan tetap ada.

Tapi sebenarnya apa sih yang menyebabkan mengantre membuat pelanggan merasa tersiksa dan tidak nyaman? Apa penyebab kegiatan antre terasa lebih lama, yang otomatis membuat hati pelannggan lebih resah, lebih tidak sabar, lebih bosan saat mengantri dan bagaimana cara megatasinya?

1. Pengalih perhatian

Tahukah Anda mengapa ada beberapa elevator yang dipasangi kaca? Yup, ini untuk membuat para pengguna elevator tidak bosan menunggu elevator sampai ke lantai tujuan. Dengan kaca ini pelanggan bisa untuk sesaat membenarkan pakaian, riasan, atau bahkan mengambil selfie bila elevator sedang sepi. Ada pula tempat menunggu meja di restoran-restoran, di mana pelanggan yang belum dapat meja dapat menunggu sambil duduk dan bersenda gurau bersama orang-orang yang ia ajak makan di sana bersamanya.

Pengalihan perhatian (distraction) terbukti dapat mengurangi rasa bosan atau rasa cemas saat menunggu. Mengantre sendirian akan terasa lebih olama daripada mengantre bersama sahabat, keluarga, atau seorang terkasih yang bisa diajak mengobrol dan bercanda saat menunggu.

2. Kepastian

Saat mengantre, semua pelanggan yang mengantre sudah memiliki satu tujuan mengapa ia harus mengantre. Semisal, Anda berbisnis produk kue balok dan kini pelanggan sedang mengantre untuk mendapatkan kue balok yang Anda jual. Akan tetapi bila hari sudah terlalu larut malam, atau antrean sudah terlanjur terlalu panjang, akan banyak pelanggan yang mempertanyakan keberhasilan dari antreannya ini. Apakah akan tersisa kue balok untuknya? Apakah antrean akan dipotong bila nanti jam tutup sudah datang tapi antrian masih ada? Apakah antrean ini akan menjadi sia-sia?

Inilah yang menjadikan informasi yang cukup untuk menjamin tujuan pelanggan tercapai membuat pelanggan akan rela mengantre. Hal-hal seperti nomor antrean, reservasi, dan booking di jaman ini menjadi salah satu hal utama yang bisa membantu bisnis Anda dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dan di dunia yang sudah serba digital ini, untuk melakukan reservasi, booking, mendapatkan nomor antrean bisa pelanggan kontrol sendiri dengan menggunakan aplikasi antrian online Qiwii.

3. Antrean yang  adil

Di Amerika, antrian Wendy’s disebut antrean yang lebih baik daripada di Burger King atau McDonald. Ini semua dikarenakan Wendy’s menjamin pelanggan yang datang terlebih dahulu akan mendapatkan pelayanan duluan. Bayangkan betapa menyenangkannya jika saat Anda, misalnya, sedang mengantre di cashier lalu diserobot tetapi cashier mempersilakan Anda untuk mendapatkan pelayanan lebih dahulu daripada si penyerobot yang kini ada di depan Anda.

4. Menggunakan aplikasi antrean online

Belakangan semua menjadi online, ojek online, pengantar abrang online, taksi online, semua online. Tapi ada tidak sih antre online? Jawabannya, ada! Yup, Indonesia memiliki sebuah aplikasi antrean online bernama Qiwii yang diciptakan langsung oleh anak dalam negeri. Sebagai pebisnis, Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda ke Qiwii agar pelanggan Anda dapat menggunakan sistem antrean online. Menarik bukan?

 

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *