Sebuah laporan dari KPMG berjudul Customer Exeperience in The New Reality meneliti bagaimana perilaku, ekspektasi, dan pengalaman pelanggan mengalami perubahan di tengah pandemi. Didalamnya dijelaskan bahwa terdapat enam pilar utama dalam penilaian pelanggan dalam hal kualitas pelayanan, dan terdapat tiga cara untuk meningkatkan penilaian pelanggan terhadap keenamnya:
- Personalisasi Layanan Digital
Banyak kelebihan dari layanan digital, akan tetapi menjalin sebuah koneksi dengan pelanggan tetap harus dilakuakn. Jangan sampai pelanggan merasa bahwa ia berhadapan dengan robot yang tidak berpengertian. Gunakan informasi dan data pelanggan yang Anda miliki untuk menunjukkan bahwa layanan digital Anda mengerti kebutuhan spesifik pelanggan. Hal ini akan sangat meningkatkan level pengalaman pelanggan dari layanan digital Anda.
- Minimalisasi Usaha Pelanggan
Sama halnya dengan penilaian buruk pelanggan terhadap bisnis Anda yang diakibatkan dari panjangnya antrean atau bururknya pelayanan yang diberikan pegawai, hla ini juga berlaku pada layanan digital.
Pelanggan dewasa ini sudah terbiasa dengan pelayana yang serba cepat yang tidak menghabiskan waktu mereka dengan sia-sia atau tanpa kepastian. Beberapa contoh hal-hal yang dapat ditingkatkan dari layanan digital dengan menggunakan informasi pelanggan adalah:
- Mempersingkat waktu tunggu
- Informasi dan update yang teratur dan jelas tentang antrean atau layanan yang dipilih pelanggan
- Efisiensi pengelolaan antrean dan pelayanan
- Sediakan bebrapa pilian untuk mengakses pelayanan sehinggan pelanggan bisa menyesuaikan dengan yang paling mudah dan nyaman baginya.
- Proses yang Mulus
Saat Anda menggunakan pelayanan secara digital untuk bisnis Anda, pasti akan selalu ada jarak atau pergesekan antara pelayanan digital dan pelayan manual setelahnya. Data yang tidak sinkron atau kesalahan komunikasi adalah beberapa masalah yang paling umum dijumpai.
Patikan Anda memiliki solusi omnichannel yang dapat mengakomodasi pelanggan baik dalam proses pelayanan digital maupun manual, dan pastikan pelanggan memeiliki informasi yang memadai di dalam prosesnya.
Gunakan software antrean dan reservasi online seperti Qiwii untuk memungkinkan pelanggan menggunakan pelayanan digital. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.