Kita semua pasti familiar dengan jargon “pembeli adalah raja”. Hal itu menggambarkan dengan jelas bagaimana pentingnya konsumen bagi sebuah brand. Konsumen yang suka dan puas dengan sebuah brand, otomatis membuat brand tersebut berkembang. Terbukti, brand sekelas Hilton Hotel, Apple, dan Garuda Indonesia selalu menjadi yang terbaik di industrinya karena menawarkan pelayanan pelanggan yang sangat memanjakan.
Dalam situsnya, Daymond John (pebisnis dan motivator asal Amerika) memberikan 5 poin menarik yang dapat meyakinkan Anda bahwa pelayanan pelanggan adalah hal terpenting dalam bisnis.
1. Membangun kepercayaan
Pada dasarnya, konsumen hanya perlu menemukan satu kesalahan kecil untuk membenci brand. Tetapi, mereka membutuhkan satu pengalaman positif yang berkesan untuk menyukai dan loyal terhadap brand. Dengan menerapkan pelayanan yang maksimal dan prima, konsumen menjadi percaya pada brand Anda. Kepercayaan ini dapat mendorong mereka menjadi loyal.
2. Lebih berarti dari sekedar harga
Konsumen lebih peduli terhadap pelayanan yang baik dibandingkan sekadar produk yang bagus. Sebagus apa pun kualitas produk, apabila sebuah brand memberikan pelayanan buruk, maka konsumen akan berpikir dua kali untuk kembali menggunakannya. Di sisi lain, konsumen mengaku bersedia membayar lebih saat mereka dilayani dengan baik.
3. Membangun kesadaran brand
Orang cenderung membagikan pengalamannya kepada kerabat. Persebaran info dari mulut ke mulut ini memberikan efek pemasaran yang lebih kuat daripada kampanye yang Anda lakukan sendiri karena orang lebih percaya pada cerita sesama konsumen. Pelayanan yang baik akan memastikan konsumen merasakan pengalaman positif sehingga mereka akan membicarakan dan mengiklankan Anda kepada orang lain, tanpa Anda minta. Hasilnya, kesadaran brand Anda meningkat, semakin banyak orang mencoba, dan reputasi Anda pun menjadi bagus.
4. Menekan masalah
Masalah pastinya tidak terhindarkan. Meski demikian, masalah tidak akan merusak bisnis apabila Anda memiliki strategi pelayanan yang maksimal. Pelayanan prima membuat Anda siap dan tahu cara menanggapi keluhan konsumen. Konsumen tentunya merasa dipedulikan apabila Anda mau menanggapi dan memberikan solusi yang baik atas masalah mereka. Alih-alih kapok, konsumen malah menjadi semakin respek terhadap cara Anda bertanggung jawab.
5. Menarik pelanggan
Pelayanan yang maksimal membantu Anda mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen secara detail. Dengan demikian, seorang konsumen merasa dihargai dan diperlakukan sebagai manusia, bukan sekadar nilai uang.
Dari alasan tersebut, kita dapat simpulkan bahwa konsumen adalah orang yang paling vokal dan kredibel untuk menilai sebuah brand. Dalam mengembangkan brand, kita bukan membutuhkan sekadar pembeli, melainkan pelanggan setia. Oleh karenanya, berikanlah pelayanan pelanggan yang tak sekadar bagus, tetapi juga maksimal.
Pelajari lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan pelayanan agar berjalan dengan maksimal di dalam bisnis Anda dan rasakan banyak manfaat menggunakan sistem antrean online Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.