Di dunia yang tidak pernah berhenti berkembang ini, semakin lama semakin banyak jasa online serta alat-alat otomatis guna memudahkan kehidupan/pekerjaan manusia.
Tahukah Anda di beberapa tempat di Jepang, tempat pembayaran tidak lagi mengandalkan kekuatan manusia? Tempat-tempat tersebut memiliki mesin kasir otomatis sehingga tidak perlu ada pegawai yang bekerja sebagai kasir.
Faktanya, pada tahun 1995, Carneige Mellon University membuat sebuah robot yang diprogram untuk mengantri di kafe Institute robotic di universitas tersebut. Robot tersebut diberi nama Xavier. Para pembuatnya menguji level kenyamanan mereka saat mengantre. Hal ini bertujuan untuk menentukan seberapa banyak personal space yang harus diberikan Xavier pada orang di depannya dan seberapa jauh jarak seseorang dari sebuah antrean untuk menentukan apakah seseorang adalah bagian dari sebuah antrean atau bukan.
Xavier mengantre dengan benar 70% dari semua percobaan, dan beberapa kali salah saat antrean terlalu menukik dan salah menilai jika seseorang adalah bagian dari sebuah antrean atau bukan. Tidak bisa dipungkiri, penemuan 26 tahun lalu ini sangat relevan dengan masa kini di mana sedang terjadi pandemi yang mengharuskan Anda untuk menjaga jarak dengan orang lain.
Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir dengan fakta bahwa tidak ada robot sejenis Xavier yang akan mewakili Anda untuk mengantre. Anda tetap bisa menjalankan dan mengoptimalkan kewajiban social distancing Anda. Bahkan tidak perlu mengekspos diri ke kemungkinan terguyur hujan dan terpapar panas matahari terlalu lama di musim yang kian tidak menentu ini. Anda juga tidak akan lagi kehilangan waktu produktif Anda yang berharga hanya karena Anda mengantre.
Qiwii, aplikasi antrean online hadir di Indonesia dan siap mewakili Anda untuk mengantre. Unduh aplikasinya segera dan Qiwii akan langsung mewakili Anda mengambil nomor antrean bahkan reservasi tempat.
Anda siap diwakilkan?