Untuk lebih mengetahui tentang seluk beluk layanan pelanggan secara keseluruhan, ada baiknya jika Anda melihat beberapa contoh layanan pelanggan yang hebat?
Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa gerakan terkecil dan paling sederhana pun dapat tetap berdampak luar biasa. Jangan terjebak dengan pemikiran bahwa Anda perlu melakukan suatu hal yang besar setiap saat untuk pelanggan Anda.
1. Adobe Mengatasi Pemadaman (Outages) dengan Cara yang Lucu
Teknologi terkadang bisa menjadi sesuatu yang amat menjengkelkan. Kebanyakan manusia yang rasional sangat menyadari bahwa tidak semuanya akan bekerja 100% setiap saat.
Hal terpenting sebagai perusahaan software adalah memastikan bahwa masalah ini ditangani dengan segera sehingga pelanggan Anda sepenuhnya sadar bahwa Anda sedang mengatasinya.
Adobe tidak hanya mengatasi pemadamannya, tetapi mereka juga melakukannya dengan menambahkan GIF anak anjing yang ringan. Siapa yang bisa kesal setelah melihat itu?
Sederhana, namun efektif.
2. Wistia Menggunakan Video Untuk Pertanyaan Dukungan
Di luar, masuk akal bagi perusahaan software video dengan menggunakan video untuk membantu pelanggan mereka memecahkan masalah teknologi yang terkait dengan produk mereka.
Namun, mungkin kita tak ingat betapa banyak upaya yang dilakukan untuk membuat sistem pendukung ini. Dengan banyaknya orang yang menjadi pembelajar visual, memiliki FAQ sederhana dan blog pusat bantuan tidak akan banyak membantu. Wistia memahami hal ini dan menggunakan keahlian videonya untuk menunjukkan kepada orang-orang cara menggunakan produk mereka, bukan sekedar memberi tahu mereka.
Fakta bahwa Wistia bersedia membuat semua video dukungan ini menunjukkan betapa mereka menghargai pelanggannya.
3. Qualtrics Dream Team Melibatkan Pelanggan dan Mendengarkan Ide Mereka
Yang satu ini memang sedikit berlebihan, tetapi ini hanya menunjukkan betapa pelanggan menghargai perusahaan yang menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa.
Qualtrics, sebuah perusahaan manajemen yang berpengalaman, mengirimkan “tim impian” mereka ke konferensi yang mereka hadiri. Singkatnya, tugas tim impian ini adalah memberikan pengalaman konferensi sebaik mungkin kepada peserta konferensi. Apakah itu memberi mereka makanan, minuman, atau bahkan pengisi daya telepon, mereka benar-benar menjatuhkannya dari taman layanan pelanggan.
Namun, mereka tidak hanya berada di sana untuk menyediakan minuman. Qualtrics juga secara aktif melibatkan pelanggan mereka dan mendengarkan umpan balik dan ide. Tugas mereka adalah membuat pelanggan merasa dihargai dan didengarkan. Jika itu bukan inti dari layanan pelanggan, kami tidak yakin apa itu.
Tidak setiap perusahaan mampu membuat langkah besar seperti ini, tetapi penting untuk dicatat seberapa besar perbedaan yang dapat dibuat oleh gerakan ini dalam hal reputasi layanan pelanggan Anda.