preloader

Hasil Survey: Pasien Menginginkan Penjadwalan Online

Sistem antrean dan pengambilan nomor antrean yang sudah bertahun-tahun sudah cukup baik untuk menyelesaikan masalah-masalah antrean dan reservasi appointment di rumah sakit. Rasanya mengambil langkah besar seperti beralih ke sistem atau aplikasi antrean atau reservasi berbasis online adalah sebuah langkah yang tidak perlu. Toh, semua baik-baik saja, lalu kenapa harus beralih?

 

Jika itu adalah hal yang terus berkutat di kepala Anda dan membuat ANda semakin ragu untuk beralih ke sistem antrean dan reservasi digital, maka Anda berada di halaman yang tepat. Kami akan beri jawaban yang pasti akan menggugah pikiran Anda untuk mencicipi rasanya kemudahan yang ditawarkan oleh sistem antrean dan reservasi digital.

 

Pada November 2016, sebuah survey dibuat untuk mengatahui apa yang diinginkan oleh pasien dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan pada antrean dan reservasi pada tempat-tempat layanan kesehatan. Jawabannya, mereka lebih menginginkan layanan kesehatan yang dapat dilakukan sendiri sesuai dengan situasi dan kondisi saat itu. Bahkan ini lima tahun lalu bayangkan bila survey ini dibuat sekarang, di mana pandemi mengancam semua orang khususnya lansia dan bayi.

 

Sebanyak 42% responden survey mengatakan bahwa mereka menginginkan antrean dan reservasi online pada website tempat layanan kesehatan mereka disbandingkan dengan membuat reservasi dengan cara menelepon. Akan tetapi hanya 17% dari mereka yang memiliki akses ke pendaftaran reservasi dan antrean secara online.

 

text pie
Source: patienpop.com

 

Pada survey kapan mereka akan mendaftar dengan pendaftaran online yang hisa diakses 24/7, 34% pasien baru membuat reservasi setelah jam kerja.

 

text pie
Source: patientpop.com

 

Ketika pasien dapat mengakses pendaftaran secara online, 26% dapat mendaftar pada hari yang sama atau pada keesokan harinya dengan cara melihat slot dan mengisi slot yang masih kososng. Bayangkan betapa efektifnya hal ini bila dilakukan pada tempat layanan kesehatan Anda.

Text pie
Source: patienpop.com

 

Dengan begitu, berikut perkiraan yang muncul:

  • 66% layanan kesehatan di Amerika akan menyediakan pendaftaran secara online
  • 64% pasien akan mendaftar menggunakan pendaftaran secara online
  • 968juta penjadwalan akan dilakukan secara mandiri dengan menggunakan penjadwalan online
  • Nilai dari penjadwalan secara online tersebut adalah 3.2milyar dollar.

 

Mengapa?

Berikut adalah beberapa fakta yang diambil dari berbagai penelitian yang ada sampai saat ini

  • Pada 2015, semua grup usia dan edukasi memiliki peningkatan penggunan internet
  • 72% orang Amerika melihat review/penilaian oline sebelum mendaftar pada sebuah layanan kesehatan
  • Bila terjadi kekeosongan slot pada pelayanan kesehatan, umumnya akan membuat kerugian sebesar $1000 per minggu
  • Menggunakan penjadwalan manual menghabisakan setidaknya 4 menit per penjadwalan, yang berarti 400 menit untuk 100 penjadwlaan. 400 menit setara dengan 7 jam, yang berarti terbuat waktu 7 jam hanya untuk melayani penjadwlaan dan bukan hal lain yang lebih penting/darurat.
  • 71% Genarasi Milenial lebih memilih penjadwalan secara online daripada harus mengontak orang lain dengan telepon.

 

Sudah kurang lebih empat atau lima tahun sejak survey tersebut dilakukan ditambah lagi dengan adanya pandemi yang berlangsung sekarang ini. Sudah pasti penjadwalan dan antrean secara online adalah sebuah cara yang paling menguntungkan untuk segala pihak.

 

Tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarakan layanan kesehatan Anda ke Qiwii, sebuah sistem aplikasi dan antrean online kebanggaan Indonesia dan bergabung dengan banyak sekali layanan kesehatan yang sudah bergabung terlebih dahulu dengan keluarga #indonesiaTanpaAntre bersama Qiwii.

 

Silakan kunjungi website Qiwii di qiwii.id atau langsung unduh aplikasinya di Playstore. Kami tunggu keikutsertaannya ya!

 

 

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *