preloader

Antrian Puskemas di Bandung Jadi Teratur dengan Bantuan Qiwii

Tak bisa disangkal jika puskesmas adalah salah satu tempat yang sering menimbulkan antrian pasien. Layanan kesehatan memang selalu menjadi tempat berkumpulnya banyak orang. Tentu siapa pun tak ingin sakit, namun selalu saja setiap harinya ada yang datang untuk berobat terutama ke Puskesmas sebagai tempat layanan kesehatan yang terjangkau.

Selain itu, puskesmas juga diklaim sebagai layanan kesehatan terdepan sehingga menjadi salah satu layanan kesehatan yang cukup penting bagi masyarakat. Hal ini tentu terbukti jika masyarakat sebelum memilih untuk pergi ke rumah sakit biasanya pergi terlebih dahulu ke puskesmas.

Dengan banyaknya masyarakat yang datang ke puskesmas,  tentu layanan puskesmas sering menimbulkan antrian. Demi menanggulangi masalah ini Qiwii hadir sebagai salah satu teknologi antrian yang memang diciptakan untuk mengurangi keluhan dan masalah antrian di layanan kesehatan.

Qiwii memulai dengan membuat sistem antrian online untuk puskesmas yang juga bisa digunakan di rumah sakit. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung, sistem antrian online Qiwii sejak 2016 sudah digunakan untuk mempermudah layanan di beberapa puskesmas di Bandung. setidaknya ada empat puskesmas percontohan dalam penggunaan sistem antrian online Qiwii. Puskesmas-puskesmas tersebut diantaranya adalah Puskesmas Garuda, Puskesmas Sukarasa, Puskesmas Pagarsih, dan Puskesmas Ibrahim Adjie. Tak hanya Puskesmas, ada juga satu rumah sakit yang menggunakan sistem antrian Qiwii yakni Rumah Sakit Al-Islam Bandung.

http://https://www.youtube.com/watch?v=_OCFxqIcbz4&t=31s

Penggunaan Qiwii di layanan kesehatan tentu membantu petugas puskesmas dalam melayani masyarakat. Fitur-fitur dalam sistem antrian online Qiwii sendiri adalah:

  1. Pengambilan nomor antrian mandiri dengan menggunakan mesin Kiosk yang membuat petugas tidak perlu membagikan nomor antrian manual.
  2. Nomor antrian yang mendapat gilian muncul di layar LCD di ruang tunggu.
  3. Pemanggilan nomor antrian otomatis oleh mesin antrian sehingga tidak perlu memanggil-manggil pasien dengan alat pengeras suara.
  4. Database lengkap seputar antrian di tiap puskesmas untuk meningkatkan layanan
  5. Setiap puskemas yang sudah menggunakan sistem antrian Qiwii otomatis terdaftar dalam aplikasi antrian online Qiwii yang membuat pasien bisa mengambil nomor antrian online sejak dari rumah.

Sistem antrian online di layanan kesehatan ini tentu sudah terbukti bermanfaat dan meningkatkan produktivitas pegawai di puskesmas. Sejumlah pekerjaan yang berkaitan dengan antrian pasien bisa diselesaikan atau ditangani oleh sistem antrian online. Hal ini tentu membuat pegawai puskesmas fokus pada pelayanan masyarakat yang lain, tidak lagi dibebani oleh masalah antrian pasien.

Selain sistem antrian membantu petugas puskesmas, tentu masyarakat sebagai pasien juga terbantu dengan adanya sistem online yang membuat pasien lebih mandiri ini. Pengambilan nomor antrian sesuai dengan layanan yang diinginkan bisa langsung diketahui di mesin Kiosk. Penggunaan yang mudah membuat sistem ini bisa digunakan oleh siapapun. Selain itu, pasien juga tidak perlu menanyakan berulang kali nomor antriannya karena sudah terlihat di layar LCD, petugas pun tidak perlu di ganggu dengan.