Anda bermaksud untuk membuat sebuah janji dengan doketr gigi langgananan Anda. Untuk menghemat waktu dan karena Anda sedang sibuk-sibuknya mengurus laporan akhir bulan di kantor, Anda memutuskan untuk membuat jadwal menggunakan Qiwii, aplikasi antrean online. Anda membuka aplikasi Qiwii yang sudah Anda unduh sebelumnya ke ponsel Anda. Anda kemudian mencari nama dokter gigi langganan Anda menggunakan kotak pencarian yang tersedia kemudian mengkliknya. Setelah itu Anda mengisi semua data dari mulai nama, usia, keterangan membership, layanan yang dibutuhkan, dan waktu yang dikehendaki, hingga akhirnya Anda mendapatkan nomor antrean langsung dari meja kerja Anda di kantor.
Di manakah hal yang disebut dengan Costumer Journey Management dimulai? dan di manakah Queue Management diterapkan?
Customer Journey Management atau Pengelolaan Perjalanan Pelanggan termasuk sebuah sebutan yang lumayan baru dan sering merujuk sebagai proses dari pengoptimalan perjalanan pelanggan.
Perjalanan apa sih yang dimaksud di sini? Perjalanan yang dimaksud dalam artikel ini adalah perjalan pelanggan dalam rangka mendapatkan suatu jasa/produk. Dari mulai pendaftaran, sampai akhirnya mereka mendapatkan jasa/layanan yang mereka inginkan.
Mengerti perjalanan pelanggan pada bisnis Anda akan membantu Anda mendapatkan perspektif yang lebih luas pada pemahaman Anda tentang apa saja yang Anda butuhkan untuk menyukseskan bisnis Anda.
Queue Management dan Costumer Journey Management
Meskipun seperti berada pada dasar yang mirip, queue management atau pengelolaan antrean dan Customer Journey Management atau pengelolaan perjalanan pelanggan merupakan dua hal yang berbeda.
Pada dasarnya pengelolaan antrean berfokus pada meningkatkan kualitas pengalaman antre pelanggan. Sistem untuk melakukan pengelolaan antrean dirancang untuk mengatur kedatangan, waktu tunggu, dan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.
Qiwii adalah sebuah aplikasi yang mengelola antrean Anda. Mulai dari pendaftaran, pengumpulan info sehingga Anda mendapatkan pelayanan yang tepat, penentu nomor antrean dan estimasi waktu giliran Anda tiba, dan notifikasi pemanggilan nomor Anda.
Sementara itu, pengelolaan perjalanan pelanggan mencakup hal yang lebih luas dan komperhensif dalam hal keseluruhan perjalanan seorang pelanggan dari awal pemesanan/pendaftaran hingga akhirnya pelanggan tersebut mendapatkan jasa/layanan yang ia inginkan, dibandingan dengan pengelolaan antrean. Pengelolaan perjalanan pelanggan meliputi (tapi tidak terbatas): kegiatan membuat janji, pendaftaran mandiri, penerimaan tiket online/nomor antrean online, info dan updates ruang tunggu yang akan, sedang dan sudah berlangsung, pengumpulan feedback setelah layanan selesai, dan lain-lain.
Qiwii juga mengelola perjalanan pelanggan dengan memberikan fasilitas kepada CSO untuk memanggil, melewatkan, membatalkan, memanggil ulang nomor pelanggan, memberikan pihak pebisnis untuk megetahui keadaan di ruang tunggu dengan menyediakan informasi presisi dan live data dari antrean yang sudah, sedang, dan akan berlangsung (jumlah antrean, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah layanan, statistika kunjungan perbulan, dll).
Wah, siapa lagi yang bisa meng-handle bukan hanya pengelolaan antrean tapi juga pengelolaan perjalanan pelanggan secara menyeluruh selain Qiwii? Yuk segera daftarkan bisnis Anda gratis ke Qiwii atau unduh aplikasinya dari Playstore ke ponsel Anda sehingga Anda bisa menikmati mudahnya mendapatkan nomor antrean kapanpun dan efisiennya mengantre dari mana saja.
Daftarkan Bisnis Anda ke Qiwii GRATIS