Merancang strategi untuk membuat pelanggan jatuh cinta dengan bisnis Anda bisa jadi sedikit rumit.
Cinta adalah sesuatu yang sering bertentangan dengan logika. Ini bukan berarti bahwa Anda tidak dapat mendekatinya dengan pola pikir analitis, tetapi emosi yang sebenarnya tidak dapat ditiru.
Membuat pelanggan jatuh cinta dengan bisnis Anda bukan hanya sekedar bisnis Anda mendapatkan pelanggan. Ini tentang bagaimana pelanggan Anda dapat merasakan bisnis Anda dengan emosional.
Untuk membantu Anda mendapatkan kesetian dan meningkatkan keterlibatan pelanggan, berikut adalah 6 cara untuk membuat pelanggan jatuh cinta dengan merek Anda .
1. Pahami Apa Keinginan Pelanggan
Saran pertama untuk membuat pelanggan jatuh cinta dengan bisnis Anda itu mudah: jadilah customer centric .
Customer-centricity atau memahami bagaimana dan apa keinginan pelaggan membantu Anda menurunkan tingkat churn pelanggan , yaitu persentase pelanggan yang mengakhiri hubungan dengan bisnis Anda.
Singkatnya, pilar-pilar customer-centricity adalah:
- Hapus interaksi pelanggan yang tidak perlu dengan bisnis Anda.
- Fokus pada manfaat yang dapat diberikan layanan dan produk Anda kepada pelanggan Anda.
- Tingkatkan kesan yang Anda berikan untuk pelanggan.
- Kumpulkan data pelanggan dan terimalah penilaian masukan mereka untuk lebih memahami klien Anda.
- Membangun budaya customer-centric yang kuat dengan memberi pelatihan kepada karyawan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
- Memahami pentingnya layanan pelanggan yang ramah
Kualitas layanan pelanggan Anda sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang perusahaan Anda.
Ketulusan, tidak adanya sikap merendahkan, aksesibilitas, dan kesopanan adalah semua hal yang diharapkan pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis.
Menciptakan layanan pelanggan yang ramah sangat bergantung pada penanaman lingkungan kerja yang baik. Rumus yang baik untuk diingat adalah, staf yang bahagia menghasilkan pelanggan yang bahagia
2. Perhatikan sisi visual bisnis Anda
Kita tidak hanya berbicara tentang bagaimana membuat desain yang lebih menyenangkan untuk ruang tunggu Anda. Kita berbicara tentang peningkatan menyeluruh dari setiap elemen visual yang mungkin dilalui pelanggan Anda saat berinteraksi dengan bisnis Anda.
Secara umum, lebih dari 90% keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor visual. Warna memainkan peran besar di sini, karena membantu meningkatkan pengenalan merek bisnis hingga 80%.
Setiap titik kontak visual adalah kesempatan untuk berbagi cerita dan nilai merek bisnis Anda ke pelanggan.
3. Gunakan bahasa positif
Kata-kata memiliki kekuatan. Komunikasi dengan pelanggan bukan hanya tentang penyampaian yang jelas tetapi juga harus di terima dengan senang oleh pelanggan.
Berkomunikasi dengan pelanggan adalah setengah dari pertempuran yang harus dimenangkan, tetapi berkomunikasi dengan mereka dengan baik adalah bagian lain dari teka-teki.
Pelajari dan terapkan bahasa yang mengutamakan kebehagiaan orang, sebuah konsep dalam komunikasi yang mengutamakan kesenangan orang, secara harfiah.
4. Memberikan pengalaman menunggu yang lebih baik
Menunggu adalah sesuatu yang dialami setiap konsumen dari waktu ke waktu. Tapi apakah pengalaman itu harus menyebalkan ?
Menawarkan pengunjung Anda pengalaman menunggu yang lebih baik bukanlah tugas yang berat.
Pelanggan Anda tidak mengharapkan Anda berada di level yang sama dengan hotel mewah Ritz-Carlton. Melebihi harapan mereka bahkan sedikit saja sudah merupakan kesuksesan besar.
Untuk sebagian besar, yang diperlukan hanyalah memilih untuk tidak membuat frustrasi dan membuat pelanggan bosan.
Ini adalah proses yang sederhana:
- Memiliki sistem antrian virtual.
- Menawarkan perkiraan waktu tunggu yang akurat.
- Berikan kesempatan untuk hiburan dan menjelaskan bisnis Anda.
- Berikan kebebasan menentukan jadwal antrian melalui aplikasi.
Memiliki daftar antrian digital yang jelas sehingga orang tidak tersesat.
5. Bersikaplah transparan dengan pelanggan Anda
Dalam layanan pelanggan, seperti halnya cinta, transparansi adalah kuncinya. Pelanggan perlu tahu bahwa cara Anda menjalankan bisnis sejalan dengan keyakinan mereka terhadap bisnis Anda.
Kepercayaan berasal dari kesiapan untuk terbuka bahkan tentang aspek yang kurang rapi seperti merek atau layanan Anda.
Untuk beberapa alasan, bisnis masih tidak diharapkan untuk mengakui kesalahan mereka.
Ketika sebuah perusahaan berkomitmen untuk transparansi, itu memberi tekanan tambahan untuk mendapatkan pemenuhan pesanan, penyelesaian masalah, dan meperbaiki pengalaman pelanggan dengan benar.
Dan tidak semua pelanggan yang mengaku menyukai merek Anda adalah orang penting bagi Anda.
Untuk keperluan ini, Qiwii dapat membantu bisnis Anda agar manajemen antrian dalam bisnis anda terkelola dengan baik. Kami mengembangkan teknologi sistem antrian dan mesin antrian yang dapat membantu bisnis Anda mengatasi antrian. Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan perjalanan pelanggan dan pelayanan dengan sistem manajemen anteran di dalam bisnis Anda dengan Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrian digital Qiwii.