preloader

Bagaimana Aplikasi Booking Dapat Mengoptimalkan Waktu Anda? Ini 5 Alasannya!

Cukup sudah dengan sistem booking tradisional yang sudah ketinggalan zaman. Mari beralih ke alasan mengapa Anda perlu menerapkan aplikasi booking secepatnya.

Perlu diingat: Kami tidak menyebutkan semua manfaat dari aplikasi booking di bawah ini. Manfaat ini hanya difokuskan pada 2 (dua) hal:

  • Menghemat waktu
  • Memberikan layanan pelanggan terbaik

Alasan 1: Booking Layanan 24/7

Ini adalah salah satu poin favorit kami saat membicarakan aplikasi booking.

Pada dasarnya, yang kita bicarakan di sini adalah fakta bahwa aplikasi booking layanan memungkinkan pelanggan dan klien untuk membuat janji temu kapan saja dan di mana saja. Baik itu siang atau malam, tidak ada batasan pada aplikasi booking.

Dengan sistem booking tradisional, pelanggan perlu membuat janji temu selama jam kerja yang terbatas. Jika bergantung pada jam buka layanan Anda, ini pasti dapat merugikan mereka yang bekerja dengan jam kerja atau jadwal yang tidak dapat diprediksi.

Jadi, bagaimana tepatnya ini membantu Anda mengoptimalkan waktu Anda?

Nah, sebagai pemilik bisnis, Anda dapat memanfaatkan penjadwalan via email untuk mengatasi jam layanan yang dibatasi. Ini akan memungkinkan pelanggan untuk melanjutkan booking layanan setelah jam kerja karena Anda dapat memeriksa email dari rumah.

Namun, membawa pulang pekerjaan tidak selalu merupakan ide yang bagus. Jika aplikasi booking dapat membantu mengatasi masalah ini tanpa memperbanyak pekerjaan Anda, mengapa tidak? Saat pelanggan dapat membuat janji temu mereka sendiri setiap waktu, Anda dapat meluangkan waktu untuk diri Anda sendiri, atau menginvestasikannya ke area lain yang lebih mendesak dalam bisnis Anda.

Penjadwalan 24/7 tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan tetapi juga membantu Anda mendapatkan kembali waktu yang hilang. Inilah mengapa ini menjadi salah satu poin favorit kami untuk dikemukakan jika berbicara manfaat aplikasi booking.

Alasan 2: Penghapusan Tugas

Penjadwalan janji temu adalah tugas yang perlu ditangani. Apakah Anda yang menanganinya langsung atau petugas admin yang Anda limpahkan untuk menjaga telepon, itu tidak masalah. Anda tetap saja menghabiskan waktu yang berharga hanya untuk mengurus penjadwalan janji temu.

Pernahkah Anda memikirkan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk menjawab panggilan telepon dan mencatat janji? Tugas lain apa yang bisa diselesaikan jika semua booking layanan Anda dilakukan secara otomatis?

Ini adalah skenario yang  ditawarkan oleh aplikasi booking layanan.

Bayangkan sebuah garasi servis otomotif. Kemungkinan ada banyak tugas rumah tangga umum yang berbeda di sekitar garasi yang perlu diselesaikan untuk menjaga lingkungan kerja yang aman.

Nah, dengan adanya aplikasi booking layanan, semua waktu yang dihabiskan di telepon dengan pelanggan dan mencatat janji temu dapat digunakan untuk memastikan bahwa setiap area bisnis dibersihkan dengan benar dan memenuhi standar.

Ini hanyalah salah satu contoh. Ada banyak tugas berbeda yang sering kali diabaikan sepenuhnya karena masalah yang lebih mendesak yang dihadapi. Dengan aplikasi booking layanan, Anda akan dapat memiliki waktu luang dan dapat menginvestasikan waktu ini untuk tugas-tugas yang sering diabaikan pada hari itu.

Alasan 3: Pengurangan No-Show Melalui Notifikasi

Tidak ada bisnis yang buruk. Faktanya, dalam industri medis AS saja, ketidakhadiran dapat menghabiskan biaya hingga 150 miliar dolar setiap tahun.

Jelas, industri lain mungkin tidak terpengaruh secara finansial oleh ketidakhadiran seperti perawatan kesehatan.

Namun, ketidakhadiran tidak hanya merugikan, tapi  juga menghabiskan banyak waktu berharga.

Pikirkan tentang waktu yang Anda habiskan untuk mempersiapkan janji. Anda mengumpulkan semua materi dan dokumen yang diperlukan, hanya untuk mempersiapkan janji temu dan ternyata klien tidak muncul. Sekarang, tergantung pada industrinya, karyawan ini sekarang memiliki waktu idle tambahan yang tidak disiapkan. Ini tidak bagus.

Di sinilah aplikasi booking layanan berperan. Dengan penerapannya, Anda tidak hanya dapat mengirim SMS dan pemberitahuan email untuk mengingatkan klien tentang janji yang akan datang, tetapi juga dikirim secara otomatis tanpa perlu masukan dari Anda. Nyaman, bukan?

Penting untuk diperhatikan di sini bahwa, meskipun sebagian besar aplikasi booking layanan di pasar dilengkapi dengan fitur ini, beberapa penyedia menawarkan harga yang lebih rendah dan tidak menawarkan fitur ini. Pastikan penyedia yang Anda pilih memberi Anda fungsionalitas notifikasi pada titik harga yang Anda pilih.

Alasan 4: Walk-In Reduction

Walk-in diberikan di banyak industri. Semua bisnis dari DMV hingga salon rambut secara rutin harus berurusan dengan pelanggan yang datang langsung. Jelas, Anda tidak ingin langsung menolak permintaan pelanggan, tetapi mengurangi jumlah pelanggan dengan menawarkan booking mandiri melalui aplikasi booking layanan akan sangat bermanfaat.

Walk-in dapat menyebabkan banyak masalah yang berbeda, termasuk:

  • Tidak ada waktu untuk bersiap – Dengan walk-in, bergantung pada industri tempat Anda berada, Anda tidak akan punya banyak waktu untuk mempersiapkan dan menangani masalah pelanggan atau klien dengan cara yang paling efisien
  • Staf tidak akan mengetahui jadwal mereka sebelumnya – Staf tidak hanya tidak akan dapat melayani pelanggan secara efisien, tetapi mereka juga tidak akan dapat merencanakan hari-hari mereka sendiri secara efektif jika banyak orang yang datang.
  • Berurusan dengan pelanggan yang tidak yakin – Jelas, tidak apa-apa bagi pelanggan atau klien untuk memiliki pertanyaan. Namun, mendorong pelanggan untuk melakukan booking secara online akan mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk pelanggan yang kurang serius dan meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan yang serius.

Ketiga masalah ini berpusat pada memaksa Anda untuk memberikan waktu Anda untuk menghadapinya. Dengan mempromosikan aplikasi booking layanan, Anda dapat mengurangi walk-in dan mendapatkan kembali banyak waktu yang hilang itu.

Alasan 5: Pelaporan dan Analisis Otomatis

Analisis dan pelaporan adalah dua fitur berbeda yang sering diabaikan dalam skema besar. Ketika Anda memikirkan aplikasi booking layanan, biasanya itu bukan fitur pertama yang terlintas dalam pikiran.

Namun, pelaporan dan analitik otomatis dapat membantu Anda mendapatkan kembali waktu yang hilang dengan berbagai cara.

Fitur pelaporan dan analitik dapat membantu Anda melacak berbagai statistik dan data, seperti:

  • Kinerja staf
  • Demografi pelanggan
  • Riwayat janji pelanggan
  • Data lokasi tertentu (untuk bisnis yang beroperasi di lebih dari satu lokasi)
  • Kepuasan pelanggan (melalui survei)

Pada akhirnya, semua poin data ini penting dan harus dilacak jika Anda ingin menjalankan bisnis Anda seefisien dan seefektif mungkin. Tanpa aplikasi bookingl layanan, Anda harus menangani semua ini secara manual, yang menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang diperlukan.

Jadi, meskipun analytics dan pelaporan otomatis adalah fitur yang sering diabaikan dan diabaikan, fitur ini lebih penting untuk menghemat waktu daripada yang mungkin Anda sadari. Pastikan penyedia yang Anda pilih memiliki fitur analitik dan pelaporan mendalam untuk memberi Anda informasi terbaik tentang bisnis Anda.