Bagaimana cara meningkatkan layanan pelanggan jika Anda adalah bisnis kecil yang ingin menerapkan aplikasi booking?
Berikut 4 (empat) cara untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan sistem booking.
- Aktifkan Self-Service
- Otomatiskan Pengingat / Peringatan
- Tingkatkan Skill Layanan Pelanggan di Tempat yang Penting
- Prioritaskan Feedback
Tip 1: Aktifkan Self-Service
Dalam bisnis, orang menginginkan opsi beragam. Jika Anda dapat menawarkan cara yang cepat dan nyaman untuk check-out, maka lakukanlah.
Sediakan opsi booking layanan mandiri (self service) pada situs web Anda untuk memudahkan proses booking kepada pelanggan. Fitur-fitur dalam sistem booking tersebut meliputi:
- Tampilan Kalender. Kehadiran Anda di situs web adalah cara terbaik untuk terhubung dengan pelanggan dan menunjukkan bahwa Anda bersedia melayani mereka sesuai keinginan.
- Integrasi dengan aplikasi / layanan kalender. Biarkan pelanggan Anda membuat janji temu pada kalender pribadi mereka untuk memastikan bisnis Anda selalu diingat.
- Pembayaran online. Meskipun Anda menyediakan meja kasir untuk membayar produk atau layanan, mengaktifkan pembayaran online akan memudahkan pelanggan Anda karena prosesnya lebih sederhana.
- Sediakan tempat untuk catatan. Anda tidak tahu pelanggan mana yang mungkin memiliki kebutuhan khusus. Mengizinkan pelanggan membuat catatan dapat membuat layanan Anda lebih personal.
Pemesanan barang secara online di swalayan menunjukkan lebih dari sekadar kebebasan. Ini tentang memberi pelanggan Anda opsi untuk membeli dari Anda dengan cara yang mereka inginkan, bukan dengan cara yang Anda inginkan. Itulah yang mendefinisikan pengalaman pelanggan yang unggul.
Melakukan booking online secara mandiri dapat dilakukan kapanpun dengan bebas. Ini adalah salah satu pilihan melayani pelanggan dengan cara yang mereka inginkan, bukan yang Anda inginkan. Itulah yang dimaksud customer experience yang unggul.
Saat kita menggunakan sedikit waktu untuk melayani pelanggan membuat janji temu, maka Anda dan staf Anda dapat memaksimalkan waktu pada layanan inti dengan memberikan experience yang berkualitas, juga cepat.
Layanan mandiri online berarti pelanggan dapat melakukan layanan mandiri kapan saja, dari mana saja. 76% klien telah menggunakan ponsel mereka untuk membuat janji temu sebelumnya, dan jumlah itu nantinya akan bertambah. Bisnis akan lebih sukses dengan sistem booking online karena jumlah janji temu akan meningkat sesuai yang Anda harapkan.
Tip 2: Otomatiskan Pengingat / Peringatan
Saat pelanggan Anda sibuk, Anda mempunyai pilihan antara membantu mereka atau lepas tangan. Mengingatkan janji temu dengan cara menelpon adalah cara kuno dan sangat mengganggu. Lalu bagaimana mengingatkan mereka untuk datang dengan cara mudah dan sederhana?
# Menerapkan pengingat dan peringatan otomatis untuk janji temu atau kunjungan berikutnya akan menghemat waktu Anda dan pelanggan, karena:
- Pelanggan tahu kapan harus datang atau punya waktu untuk menjadwal ulang
- Anda dapat merencanakan pembatalan / penjadwalan ulang tanpa membuang waktu dengan menindaklanjuti secara manual
Updating secara real time ke kalender membuat Anda tetap fleksibel, jadi Anda tidak perlu lagi khawatir tentang orang-orang yang membuat janji temu tanpa hadir.
75% milenial ingin menerima pengingat janji melalui SMS. Pelanggan Anda selalu berada dekat di ponsel mereka setiap jam. Mengapa tidak memanfaatkan itu untuk membuat bisnis Anda selalu diingat saat mereka menjalani hari?
Sistem booking online memungkinkan Anda mengotomatiskan pengingat dengan kerangka waktu dan saluran komunikasi yang disesuaikan. Saat Anda ingin mengirim email atau pemberitahuan teks, mengingatkan orang seminggu, hari, atau jam sebelumnya, penjadwal janji temu siap membantu Anda.
Tip 3: Tingkatkan Skill Layanan Pelanggan di Tempat yang Penting
Schedulling manual sangat tidak efisien dari segi waktu. Jika bisnis Anda menjadwalkan janji secara manual, maka dipastikan akan memakan waktu staf Anda berjam-jam setiap hari . Padahal waktu tersebut dapat digunakan untuk:
- Menanggapi pertanyaan pelanggan
- Melakukan follow up ke pelanggan lama / baru
- Menangani keluhan
- Menemui pengunjung di tempat
Berkomunikasi secara aktif dengan pembeli adalah cara karyawan Anda mengembangkan skill layanan pelanggan yang lebih baik. Hanya berbicara di telepon tentang stok produk bukanlah layanan pelanggan. Karyawan akan meningkatkan dan menggunakan waktu mereka secara lebih produktif ketika mereka benar-benar dapat menyelesaikan tugas-tugas penting yang berhubungan dengan pelanggan.
Mungkin Anda seorang wirausahawan tunggal, menjalankan bisnis kecil sendiri. Poin ini bahkan lebih penting bagi Anda. Meskipun mungkin tergoda untuk berpikir bahwa Anda dapat menangani semuanya, Anda memiliki waktu terbatas dalam sehari. Anda perlu fokus pada bisnis yang paling memakan waktu, dan schedulling adalah tugas teknis yang menghabiskan waktu Anda.
Tip 4: Prioritaskan Feedback
“Pelanggan selalu benar.”
Istilah lama itu mungkin sudah tak berlaku, tetapi ada satu hal yang benar. Sebagai sebuah bisnis, Anda harus selalu memperhatikan apa yang diinginkan pelanggan. Tidak setiap pelanggan individu selalu benar. Namun, jika Anda terus mendengar masukan negatif yang sama berulang kali, mungkin inilah saatnya untuk berubah.
Jadi inilah yang paling banyak ditanyakan. Bagaimana bisnis kecil mengumpulkan feedback pelanggan dan bertindak dengan cara yang terorganisir? Percaya atau tidak, sistem booking online juga menawarkan kunci untuk memecahkan masalah ini.
Berikut adalah fitur dalam sistem pemesanan online yang mendorong feedback dan ulasan.
- Formulir feedback otomatis. Siapkan formulir otomatis yang memintafeedback dari pelanggan saat mereka menyelesaikan pembelian.
- Pelaporan dan analitik. Sistem pemesanan online terbaik tidak berhenti pada mengumpulkan kritik dan saran tapi juga memberitahu tentang arti data dari waktu ke waktu, tren apa yang muncul di antara pelanggan Anda, dan banyak lagi.
- Saran cerdas untuk bisnis Anda. Rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti dari sistem cerdas yaitu dapat membawa bisnis Anda ke level berikutnya. Apakah Anda mendapatkan hasil yang lebih baik dengan memberikan menu layanan dengan kode QR atau menampilkan halaman fisik kepada pelanggan? Apakah perwakilan customer service Anda mengatakan hal yang benar?
Banyak bisnis kecil tidak memiliki pengetahuan untuk menganalisis semua kejadian. Dengan sistem booking online, mereka tidak perlu menyewa ahli atau menghabiskan waktu untuk mendokumentasikan pengalaman pelanggan. Sebaliknya, mereka dapat mengumpulkan dan meninjau masukan terpusat di satu tempat, meningkatkan layanan pelanggan dengan sistem cerdas yang dirancang untuk layanan yang lebih baik.