Apa itu Layanan Pelanggan? Lexico mendefinisikan layanan pelanggan sebagai
“Bantuan dan saran yang diberikan oleh perusahaan kepada orang-orang yang membeli atau menggunakan produk atau layanannya”.
Sepertinya sangat sederhana. Namun, jelas terlihat bahwa layanan pelanggan lebih dari sekadar definisi satu kalimat.
Layanan pelanggan mungkin merupakan aspek terpenting dari keseluruhan bisnis Anda. Karena faktanya, hingga 33% orang mengatakan bahwa mereka akan beralih ke pesaing hanya karena satu pengalaman layanan pelanggan yang buruk. Jika itu tidak cukup memotivasi untuk menganggap serius protokol dan proses layanan kepada pelanggan Anda, kami tidak yakin apa yang dimaksud.
Namun, mengapa layanan pelanggan sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda? Berikut adalah 3 alasannya:
1. Reputasi
Baiklah, mari kita mulai dengan reputasi Anda. Kesan pertama dan terakhir. Tidak diragukan lagi. Saat Anda berusaha memberikan pengalaman yang baik dan positif kepada pelanggan, Anda memengaruhi pandangan mereka terhadap bisnis Anda dengan cara yang positif. Saat Anda berulang kali memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa, mereka akan membantu penyebaran berita tentang bisnis Anda. Baik dari mulut ke mulut atau media sosial, publik akan belajar tentang tingkat layanan pelanggan yang Anda berikan dan akan lebih cenderung memilih bisnis Anda daripada pesaing.
2. Customer Relationship
Sebenarnya, layanan pelanggan adalah tentang membangun hubungan dengan pelanggan Anda.
Ini adalah jenis hubungan antara perusahaan dan pelanggannya yang membuat mereka merasa diperhatikan dan didengarkan.
Artinya, layanan pelanggan yang tepat tidak hanya tentang menjual produk atau layanan kepada pelanggan. Tapi juga memenuhi kebutuhan pelanggan sebelum, selama, dan setelah pembelian, untuk memberi mereka kesan dan pengalaman terbaik dengan perusahaan Anda.
3. Customer Experience
Selanjutnya, ada fakta bahwa pengalaman pelanggan itu sendiri terkait dengan pengalaman produk. Pikirkan ketika Anda membeli aplikasi di App Store. Disitu disediakan tempat untuk memasukkan pertanyaan dukungan yang dirancang untuk aplikasi itu sendiri. Ini karena perusahaan yang merancang aplikasi Anda tahu bahwa pengalaman pelanggan sama pentingnya, tidak lebih penting daripada pengalaman produk.
Intinya adalah bahwa mengabaikan pengalaman pelanggan akan menyebabkan bisnis Anda ditinggalkan pelanggan. Terutama mengingat banyak orang bersedia membayar lebih untuk pengalaman yang lebih baik.