Mengantri merupakan bagian dari kehidupan, siapapun pasti pernah mengantri. Tapi apakah kamu tahu ada beberapa jenis antrian yang bisa mempermudah dan mempercepat konsumen untuk mengantri di sejumlah layanan. Jenis antrian ini sendiri adalah sistem yang digunakan untuk mempermudah layanan. Setiap tipe antrian ini juga di sesuaikan dengan jenis layanan karena belum tentu saju jenis antrian cocok diterapkan di satu jenis layanan. Apa saja jenis antrian antrian yang harus kita ketahui, berikut ulasannya.
1. Antrian Standar Linier
Antrian standar linier ini merupakan antrian yang paling sering ditemukan diberbagai layanan. Antrian standar linier merupakan antrian dengan sejumlah chanel dan membuat konsumen mengantri di setiap chanel yang ada untuk dilayani. Contoh paling sederhana adalah saat mengantri di toko swalayan yang memiliki beberapa kasir. Konsumen pun bisa memilih antrian mana saja yang disukai.
Kelebihan dari jenis antrian satu ini konsumen bisa memilih chanel mana saja, konsumen bisa berpindah antrian jika dirasa antriannya lambat, dan server akan melayani lebih cepat jika merasa antriannya semakin panjang.
2. Antrian Satu Baris
Sedangkan untuk antrian satu baris, setiap konsumen mengantri dalam satu baris untuk mendapat layanan yang disediakan di beberapa chanel. Jenis antrian satu ini meski akan terlihat lebih panjang namun waktu tunggunya relatif sebentar. Jenis antrian satu baris biasanya sering digunakan di layanan bank atau layanan pemerintahan.
Kelebihan antrian satu ini adalah sistemnya yang adil. Siapapun yang datang pertama akan dilayani duluan. Berbeda dengan sistem antrian standar linier yang bisa membuat konsumen yang datang belakangan bisa lebih dulu dilayani atau sebaliknya. Sedangkan di antian satu baris ada jaminan keadilan bagi setiap konsumen.
3. Antrian Virtual
Antrian virtual biasanya menggunakan sistem pengambilan nomor di box kiosk di tempat layanan dan kembali menunggu untuk dipanggil. Seiring perkembangan zaman, antri virtual bisa dilakukan melalui smartphone dimana saja dan kapan saja. Metode antrian online inilah yang dikembangkan oleh aplikasi atrian Qiwii.
Kelebihan dari antrian satu ini adalah konsumen memiliki waktu yang lebih bebas dan tidak terikat karena tidak perlu menunggu di tempat layanan. Konsumen pun tentunya lebih merasa nyaman karena bisa menunggu dimana saja dan tidak perlu membuang banyak waktu untuk menunggu. Selain itu, konsumen hanya perlu datang saat nomor antriannya akan dipanggil, dengan sistem notifikasi dan slot waktu konsumen bisa lebih mengatur waktu dengan baik menggunakan aplikasi antrian yang membuat konsumen bisa mengantri secara virtual.
Dari tiga jenis antrian diatas, antrian mana yang paling sering kamu temui? Sudah tahu kelebihan dari tipeantrian diatas. Meski antrian manual bisa diakali tetapi tetap saja antri secara virtual adalah antrian yang paling praktis dan paling cocok di era saat ini. Sudah siap untuk berganti cara mengantri? Atau lebih senang antri seperti biasa?