Tantangan paling umum bagi rumah sakit, baik dari sisi manager maupun staff adalah bagaimana caranya mencapai target efisiensi yang disesuaikan dengan biaya, SDM, ketersediaan ruangan, alat-alat medis dan sebagainya.
Sementara tantangan yang biasanya ditemui oleh pasien di rumah sakit adalah terbatasnya informasi untuknya, antrean yang panjang, dan sebagainya.
Bagaimana caranya agar rumah sakit tetap dapat emencapai target efisiensinya sekaligus melayani masyarakat dengan informasi yang memadai dan membuat antrean yang lebih pendek?
Menggunakan softaware reservasi dan antrean online seperti Qiwii adalah salah satu jawaban yang paling efisien sekaligus paling nmudah diakses baik bagi rumah sakit maupun pasien.
Kenapa software reservasi dan antre online adalah salah satu jalan yang dapat memenuhi kebutuhan dari dua pihak utama di rumah sakit?
- Proses yang lebih aman untuk pasien
Khususnya di tengah pandemi yang mengharuskan semua orang untuk menjaga jarak, sebisa mungkin tidak berkeiaran di sekitar orang yang kondisinya tidak stabil.
Dengan software reservasi dan antrean online pasien dapat mengambil nomor antrean dari mana saja dan kapan saja, mengantre dari tempat lain dan hanya datang saat gilirannya sudah dekat, dan dengan fitur notifikasi otomatis dari software staff rumah sakit akan dapat dengan mudah memanggil ulang, menunda, ataupun membatalkan nomor antrean dengan cepat saat dibutuhkan. Dengan begitu tidak terlalu banyak orang dengan giliran yang masih lama menunggu di ruang tunggu dan akan sangat memudahkan staff untuk mengelola pasien ataupun penjenguk yang datang.
- Mengurangi waktu tunggu
Dengan software reservasi dan antrean online, pasien dan penjenguk yang datang akan memiliki waktu tunggu yang lebih pendek. Hal ini dikarenakan baik pasien, staff, bahkan manager dapat memantau antrean dengan live data yang sangat akurat dari mana pun mereka berada asalkan tersambung ke system software. Semua pihalk dapat meilihat antrean nomor berapa yang sednag dapat giliran atau ada berapa antrean lagi yang tersisa sebelum pasien atau penjenguk tertentu mendapat giliran, berapa waktu yang kira-kira akan dibutuhkan untuk mencapai giliran, atau butuh waktu berapa lama untuk sebuah layanan dilakukan.
- Pasien dapat lebih produktif
Dengan mungkinnya pasien untuk mengetahui estimasi waktu hingga sampai gilirannya, pasien dapat menjadwalkan kegiatan kesehariannya dengan lebih baik tanpa harus menunggu tanpa kepastian.
- Mengurangi pembatalan janji oleh pasien
Dengan system reservasi manual seorang pasien yang terlambat atau tidak jadi datang tanpa menginfokan akan menghambat antrean panjang di belakangnya. Staff harus menghubungi pasien yang sudah memiliki janji untuk sekedar mengingatkan atau mengonfirmasi kedatangan. Pasien yang telah memiliki janji pun membutuhkan waktu lagi untuk mencapai rumah sakit, dan ini akan menjadi hambatan lain lagi apabila pemberitahuan hanya dilakukan di ujung waktu tunggu. Kemudian staff harus mengatur lagi antrean misalnya pasien tersebut akhirnya menjadwalkan ulang di hari yang sama atau berbeda dengan sedemikian ruoa hingga tidak bertabrakan dengan jadwal pasien yang lain.
Dengan software antrean dan reservasi online seperti Qiwii, dari pemanggilan, penundaan, pembatalan, hingga notifikasi otomatis kepada pasien dilakukan dengan tertata oleh system. Semua hanya membutuhkan satu klik dari mouse staff dan antrean akan kembali teratur dengan sendirinya. Pasien yang mendapatkan notifikasi otomatis dari system pun akan memiliki waktu yang cukup untuk bersiap dan menghindarkannya dari pembatalan atau penjadwalan ulang.
- Membantu pengumpulan dan pemeliharaan data
Dengan berbagai kegiatan dilakukan serba teratata dan otomatis dari system, data yang dikumpulakan akan semakin akurat, menurunkan tingkat kemungkinan teradinya human error, dan terpelihara dengan baik di system cloud dari software. Pasien pun akan dapt melakukan reservasi secara online kapan pun dan di mana pun mereka bisa. Pasien juga memiliki lebih banyak kebebasan dalam melihat pelayanan apa saja dan tanggal berapa saja yang tersedia, dan memilih pelayanan yang paling sesua dengannya. Tidak lagi tergantung pada telepon rumah sakit yang terbatas ataupun SDM yang sibuk. Dengan kata lain, software reservasi dan antrean online seperti Qiwii akan sagat membantu dalam pekerjaan administrasi sehingga SDM yang ada dapat fokus pada kualitas pelayanan yang lebih baik lagi.
- Mengurangi stress pada staff rumah sakit
Hilangnya pekerjaan administrative yang seringkali menjadi penghambat karena banyak alasan akan meringankan beban staf sehingga staff akan bekerja dengan lebih efektif dan produktif karena mood yang lebih baik.
Berbagai masalah tua yang seakan sudah mendarah daging di dalam system administratif akhirnya bertemu dengan sebuah akhir. Software reservasi dan antrean online seperti Qiwii dapat dengan baik mengatasi masalah yang lahir di hadapan pihak rumah sakit maupun puhak pasien dan kerabat. Dengan software ini, pengobatan tidak akan lagi terhambat masalah waktu, jarak, administrasi, atau staff yang sibuk. Mari bersama-sama menuju Indonesia yang lebih sehat dan #IndoneisaTanpaAntre bersama Qiwii dan banyak rumah sakit lainnya yang sduah mendaftar.
Kunjungi qiwii.id atau unduh aplikasi Qiwii ke ponsel Anda untuk mendaftarkan Rumah Sakit. Anda juga bisa menghubungi qiwii melalui dm instagram @qiwii.official atau website Qiwii untuk mendapatkan penjelasan dan presentasi yang lebih dalam lagi dari Tim Qiwii untuk menjawab keraguan Anda yang masih tersisa.