preloader

5 Manfaat Menggunakan Sistem Manajemen Antrian Pada Sektor Bank

Di dunia digital seperti saat ini, sebagian besar transaksi bank terjadi secara online atau melalui ATM. Tetapi ada banyak layanan yang mengharuskan nasabah untuk datang ke bank, dan lebih merasa nyaman untuk mengunjungi kantor bank secara langsung untuk melakukan jenis transaksi tertentu. Pelanggan dapat mengunjungi bank Anda untuk menyetor uang tunai atau transaksi lainnya. Mereka mungkin mengunjungi kantor Anda untuk membuka rekening, mengajukan pinjaman atau mendaftar untuk pekerjaan. Pelanggan juga dapat mengunjungi bank untuk mencetak buku tabungan atau mengajukan permohonan buku tabungan baru. Ketika pelanggan mengunjungi bank Anda, Anda harus memastikan bahwa mereka memiliki pengalaman yang nyaman. Ini tidak hanya menambah pengalaman pelanggan Anda tetapi juga mendorong pelanggan untuk memanfaatkan lebih banyak layanan perbankan yang Anda tawarkan, sehingga menjadi pelanggan yang setia.

Mengelola pelanggan di secara langsung, pada saat yang sama, memastikan semua tugas perbankan sehari-hari selesai tepat waktu bukanlah hal yang mudah bagi staf di bank Anda. Memanfaatkan sistem manajemen antrian modern untuk bank Anda kemungkinan akan meningkatkan produktivitas staf bank juga, selain menciptakan pengalaman hebat bagi pelanggan bank Anda.

Selain itu, sistem harus intuitif untuk dipahami dan mudah digunakan sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang melatih staf Anda atau membuat perubahan besar pada proses kerja yang ada saat Anda mengadopsi perangkat lunak manajemen antrian.

Berikut adalah 5 cara di mana bank Anda akan mendapatkan keuntungan dengan menggunakan sistem manajemen antrian:

1. Manajemen pelanggan menjadi lebih mudah

Ketika Anda memiliki banyak pelanggan, akan sulit untuk mengelolanya, terutama jika setiap pelanggan ingin dilayani terlebih dahulu. Selain itu, satu pelanggan mungkin ingin bertemu dengan manajer sementara yang lain harus menunggu. Anda perlu mempertimbangkan tujuan pelanggan serta ketersediaan karyawan bank saat Anda mengelola pelanggan tersebut. Anda dapat menggunakan sistem manajemen antrian berbasis online untuk merampingkan antrian berdasarkan tujuan kunjungan pelanggan. Pelanggan dapat menggunakan aplikasi antrian berbasis online, yang akan memberi mereka perkiraan waktu tunggu. Mereka kemudian dapat menunggu dengan nyaman di ruang tunggu sampai tiba waktunya untuk dilayani.

2. Produktivitas Karyawan yang Lebih Baik

Seperti dijelaskan di atas, ketika pelanggan memiliki gambaran tentang perkiraan waktu tunggu, mereka cenderung tidak akan mengganggu staf yang meminta untuk dilayani terlebih dahulu. Juga, staf Anda perlu fokus hanya pada satu pelanggan pada satu waktu. Memiliki sistem manajemen antrian pasti akan meningkatkan fokus staf Anda dan membantu mereka melayani pelanggan dengan lebih baik, yang berarti pengalaman pelanggan yang lebih baik dan efisiensi staf yang lebih baik.

3. Peningkatan Pengalaman Pelanggan

Ketika Anda menggunakan sistem manajemen antrian, pelanggan akan memiliki gambaran tentang estimasi waktu kapan mereka akan dilayani. Untuk melengkapi ini, aplikasi sistem manajemen antrian dapat dirancang untuk mengirimkan notifikasi pengingat ke pelanggan, khususnya saat giliran tiba. Pendekatan modern lainnya adalah mengirimkan tautan web ke ponsel pelanggan yang dapat membantu melacak posisi antrian. Dalam hal ini, pelanggan dapat datang ke bank, mendapatkan nomor antrian dari aplikasi, dan kemudian melanjutkan aktifitas mereka selama menunggu antria. Ketika mereka menerima pemberitahuan, mereka bisa datang ke bank. Dengan cara ini, staf Anda, dan yang lebih penting lagi, personel keamanan Anda, tidak perlu berurusan dengan banyak orang pada saat yang bersamaan, dan pelanggan juga senang karena waktunya tidak terbuang hanya untuk menunggu di bank.

4. Janji temu dan Antrian dapat dikelola dalam satu perangkat lunak

Selain transaksi perbankan normal, nasabah mungkin perlu bertemu dengan manajer atau perwakilan lainnya untuk berdiskusi atau verifikasi pribadi. Menggunakan sistem pemesanan janji temu untuk memungkinkan pemesanan janji di samping menggunakan aplikasi manajemen antrian dapat menjadi tambahan teknologi yang hebat untuk bank Anda.

5. Transparansi akan meningkatkan kepercayaan pada bank Anda

Saat Anda menggunakan platform digital untuk mengatur dan mengelola antrian, ada transparansi yang lebih besar yang tercipta di antara pelanggan. Hal ini pada gilirannya meningkatkan kepercayaan pada bank Anda dan kualitas layanannya. Fakta bahwa Anda benar-benar peduli dengan pelanggan Anda akan sangat tercermin jika Anda berinvestasi dalam sistem manajemen Antrian yang baik dan modern untuk bank Anda.

Dapatkan banyak manfaat dari sistem antrian untuk perkembangan layanan dan nasabah Anda dengan Qiwii. Qiwii dapat membantu bisnis perbankan Anda agar manajemen layanan dapat terkelola dengan baik. Kami mengembangkan teknologi sistem antrian dan mesin antrian yang dapat membantu bisnis Anda mengatasi antrian. Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan perjalanan pelanggan dan pelayanan dengan sistem manajemen anteran di dalam bisnis Anda dengan Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrian digital Qiwii.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *