Bagaimana Anda membangun pengalaman toko ritel Anda ? Apakah pelanggan Anda menghabiskan waktu untuk produk yang ditawarkan? Produk apa yang mereka inginkan?
Manajemen ritel berjuang setiap hari dengan pertanyaan-pertanyaan ini ingin mengetahui bagaimana meningkatkan penjualan.
Untuk mengetahui produk apa yang berpotensi diminati pelanggan berarti Anda harus memberi mereka kebebasan untuk berjalan-jalan di setiap bagian toko Anda. Selain itu antrian bisa menjadi kendala yang akan menjadi ancaman jika tidak dikelola secara efektif.
Sederhananya, antrian membuat orang terpaku pada tempat tertentu di sebuah ruangan. Ini menghilangkan kesempatan mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan berkeliling ruangan untuk melihat produk lain yang bisa mereka beli.
Skenario pengalaman pelanggan
Mari kita bayangkan pelanggan datang ke toko dengan permintaan khusus. Setelah dia memilih layanan sesuai kebutuhannya, dia juga:
- Berdiri di barisan antrian ketika tidak ada staf yang bebas melayaninya atau
- Mendaftar untuk jalur virtual dan berkeliling toko untuk melihat kedua sampai dia akan dilayani.
Opsi pertama memaksanya untuk berdiri diam di antara pembeli lain, membiarkannya menghabiskan waktu dengan bermain dengan ponselnya atau memikirkan ke mana arah dunia ini.
Yang kedua memberinya waktu untuk melihat-lihat lagi di sekitar toko dan memastikan dia tidak melewatkan apa pun atau menemukan produk baru yang bahkan dia tidak tahu itu ada di toko Anda.
Anda dapat menggunakan pemberitahuan yang jelas tentang kapan pelanggan berikutnya dipanggil. Ini akan mengurangi kekhawatiran pengunjung Anda akan kehilangan giliran. Pelanggan dapat melihat dengan bebas apa saja yang ditawarkan toko.
Dalam skenario yang disederhanakan ini, perubahan kecil dari antrean fisik ke antrean virtual yang efektif dapat menyebabkan peningkatan keuntungan – hanya dengan memberi tahu pelanggan bahwa mereka akan segera dilayani.
Ikuti langkah-langkah ini untuk kesuksesan ritel
Jika memungkinkan, gunakan ini sebagai latihan tim pada bisnis Anda. Ini memberi Anda kesempatan untuk berbagi ide sebagai manajer ritel atau dalam peran lain. Staf layanan menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Mereka mungkin memiliki masukan yang berharga.
- Tuliskan jawaban singkat untuk pertanyaan berikut:
- Bagaimana pelanggan Anda berjalan di sekitar toko Anda?
- Dibagian mana tempat utama mereka menghabiskan lebih banyak waktu dalam toko Anda?
- Bagaimana cara staf Anda mendekati pelanggan?
- Munculkan ide perbaikan yang cepat dan sederhana untuk setiap pertanyaan.
- Melakukan percobaan.
Lakukan ini terus-menerus untuk mencapai hasil. Jangan khawatir tentang hasil percobaan diawal. Melakukan proses ini setiap minggu atau setiap bulan membangun budaya untuk perbaikan dan berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang.
Kesulitan terhubung dengan pelanggan Anda? Coba sistem manajemen antrian Qiwii yang memungkinkan Anda mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda.
Pelajari lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan anteran di dalam toko ritel Anda dengan Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.