Kepuasan pelanggan adalah suatu hal yang sangat penting dan harus di utamakan oleh sebuah bisnis. Banyak sekali bisnis yang sukses dan berhasil karena mereka selalu mengutamakan kepauasan pelanggannya, tulisan ini akan membahas tips untuk mecapai tingkat kepuasan pelanggan tertinggi, berikut tipsnya:
1. Kecepatan layanan sangatlah penting
Pelanggan mengharapkan waktu respons dalam 24 jam. Namun, mereka akan senang ketika mereka mendengar jawaban dari Anda dalam waktu 6 jam dan akan sangat kagum jika dapat menerimanya dalam 1 jam. Semakin cepat Anda merespons pelanggan Anda, semakin mudah juga Anda menadapatkan pelanggan dan memecahkan masalah. Karenanya, kegagalan untuk membalas panggilan atau email tidak dapat dimaafkan.
2. Jangan gantungkan pelanggan
Jika Anda tidak memiliki jawaban langsung, segera beri tahu pelanggan bahwa Anda sedang mengerjakan pertanyaan mereka dan akan segera menghubungi mereka, lalu kerjakanlah.
3. Yakinkan mereka
Ketika menanggapi keluhan pelanggan, mulailah selalu dengan meyakinkan pelanggan bahwa Anda akan memperbaiki masalah mereka. Hal itu akan segera menghilangkan hubungan permusuhan yang dapat menyebabkan konfrontasi yang berantakan dan menjadi dampak yang mahal.
4. Selalu berikan pilihan
Ini sangat penting dalam situasi ketika sedang terjadi masalah. Jika Anda menawarkan kepada pelanggan Anda 3 atau lebih solusi, maka mereka akan merasa bahwa Anda benar-benar peduli dan mengajak mereka menjadi bagian dari solusi. Juga, Anda akan terkejut betapa seringnya solusi yang dipilih tidak semahal atau memberatkan seperti yang Anda pikir mereka akan minta.
5. Hilangkan kalimat “kebijakan perusahaan”
Jangan pernah menjawab pertanyaan dengan memberi tahu pelanggan bahwa sesuatu adalah “kebijakan perusahaan.” Semua respons harus masuk akal secara logis bagi Anda dan pelanggan. Jika Anda tidak dapat menjelaskan kebijakan perusahaan dengan wajar dan logis, kemungkinan Anda tidak mengerti permasalahannya atau kebijakan perusahaan tersebut perlu diubah.
6. Memukau, bukan memuaskan
Objek penyelesaian masalah bukan untuk “memuaskan” pelanggan tetapi untuk “memukau” mereka dengan melampaui harapan mereka.
7. Lihat sisi baiknya
Dengan melebihi harapan mereka akan solusi yang ditawarkan, kesalahan dan masalah selalu menghasilkan peluang untuk menciptakan pelanggan setia untuk jangka panjang.
8. Ubah kemarahan jadi hal yang positif
Mengubah pelanggan yang “marah” menjadi pelanggan yang antusias akan selalu sepadan dengan biayanya.
9. Berikan kompensasi lebih
Kekesalan yang dirasakan oleh pelanggan yang tidak nyaman atau frustrasi dapat diubah menjadi rasa terima kasih dan loyalitas jangka panjang dengan tawaran kompensasi kecil – terutama ketika pelanggan menyadari bahwa situasinya berada di luar kendali Anda.
10. Jangan lupakan karyawan Anda
Karyawan yang tidak bahagia tidak bisa menciptakan pelanggan yang senang. Buat mereka tetap bahagia di perusahaan dan dalam menjalankan tugasnya.
Selain itu, Anda juga perlu membekali karyawan Anda dengan data analitik dan wawasan yang kaya dan dapat membuat mereka dapat lebih memahami pelanggan. Baik dari sisi historikal pemesanan, masalah dan solusi terdahulu, waktu kunjungan, dan kebiasaan lainnya yang dapat direkam dan dianalisis melalui business intellegence.
Untuk keperluan ini, Qiwii dapat membantu bisnis Anda agar manajemen antrian dalam bisnis anda terkelola dengan baik. Kami mengembangkan teknologi sistem antrian dan mesin antrian yang dapat membantu bisnis Anda mengatasi antrian. Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan perjalanan pelanggan dan pelayanan dengan sistem manajemen anteran di dalam bisnis Anda dengan Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrian digital Qiwii.