Banyak orang yang memiliki pendapat masing masing dari aturan dalam berbisnis seperti contohnya bahwa orang akan melupakan apa yang Anda katakan, orang akan melupakan apa yang Anda lakukan, tetapi orang tidak akan pernah melupakan bagaimana Anda membuat mereka rasakan. Hal ini juga berlaku dalam bisnis yang menghadapi pelanggan – orang tidak membeli apa yang Anda lakukan, mereka membeli bagaimana pelayanan Anda berkesan bagi mereka dan ada sesuatu yang Anda berikan kepada mereka untuk diceritakan. Membuat pengalaman pelanggan yang luar biasa pada bisnis anda dapat tewujud dengan mengandalkan orang-orang hebat, fokus hebat, dan sumber daya teknologi yang hebat.
Pengalaman pelanggan yang luar biasa adalah hasil dari titik pelayanan yang ditingkatkan dan muncul dari pilihan pelanggan yang dibuat dari waktu ke waktu. Contohnya seperti, seorang karyawan bank menyapa pelanggan dengan salam hangat mengucapkan’ada yang bisa saya bantu?’ saat mereka memasuki kantor bank, juga seperti resepsionis yang mencatat apakah pasien berada di klinik untuk sesuatu yang menyenangkan (seperti diagnosis positif atau bayi baru lahir) atau sesuatu yang tidak nyaman (seperti patah tulang yang menyebabkan rasa sakit), dan melibatkan individu dengan empati.
Sebuah bisnis yang menggunakan keterlibatan orang lain yang sebenarnya tidak terlalu penting. Anda dapat menempatkan semua teknologi dan struktur di dalam bisnis untuk membuat perjalanan pelanggan yang lancar dan berorientasi pada tujuan atau apa yang di inginkan pelanggan, tetapi perbedaan pengalam pelanggan akan terjadi tergantung pada siapa mereka berinteraksi, dan pilihan yang mereka buat yang secara bertahap akan menjadi berkesan .
Sampai batas tertentu, pilihan-pilihan itu akan mengikuti insting yang mereka miliki dan itu berasal dari lingkungan pelayanan digital dan fisik yang Anda buat. Dan sebagian besar, mereka berasal dari sumber daya dan data yang Anda berikan untuk menginformasikan dan menghubungkan semua proses yang pelanggan anda alami.
- Stafyang berada di dalam bisnis anda adalah pilihan perekrutan bijak yang Anda buat, dan upaya Anda untuk memberi mereka lingkungan kerja di mana mereka diberdayakan dan dihargai karena melakukan pekerjaan mereka dengan baik.
- Tempatmengacu pada tempat pelanggan bertemu dengan Anda – apakah itu dalam suasana digital atau fisik, setiap detail proses berkontribusi pada pengalaman. Penting untuk menganalisis kebutuhan dan harapan pelanggan saat Anda mempertimbangkan setiap bagian dari proses pelayanan, dari sentuhan pertama hingga terakhir.
- Prosesadalah langkah-langkah dalam perjalanan pelanggan dan bagaimana staf Anda bekerja sama untuk memberikan pengalaman pelanggan yang mulus, tanpa gesekan, produktif, dan bermanfaat.
Sebuah bisnis yang berhasil membangun pengalaman pelanggan popularitasnya akan bertahan karena bisnis tersebut melakukan ketiga hal ini dengan sangat baik. Mereka juga harus mempertimbangkan cara proses berkontribusi pada proses menunggu dan partisipasi yang mulus dan sederhana. Meraka harus dengan serius menciptakan tempat di mana orang dapat memiliki pengalaman yang mendalam. Dan menempatkan karyawan yang terlatih dengan baik dan bahagia di setiap langkah .
Pertimbangkan bagaimana orang, tempat, dan proses Anda bekerja bersama untuk menciptakan dan mempertahankan pengalaman pelanggan yang memenuhi harapan Anda sendiri untuk hasil yang berkualitas. Ingat bahwa pelanggan Anda akan lebih cenderung untuk mengingat – dan berbagi – bagaimana Anda membuat mereka merasa lebih detail seperti apa yang mereka membeli dari Anda atau hari apa mereka mengunjungi Anda.
Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan perjalanan pelanggan dan pelayanan dengan sistem manajemen anteran di dalam bisnis Anda dengan Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.