preloader

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Tentang Sistem Manajemen Antrean Online (Bagian 1)

text illustration

Virtual Queue atau yang disebut antre online sebenarnya bukan lagi hal baru khususnya di tempat-tempat seperti bioskop. Akan tetapi, karena terjadi pandemic COVID-19, tiba-tiba sistem ini sedikit lebh naik daun lagi karena manfaat yang bisa ditawarkan. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan antre online? Apakah yang dimaksud dengan sistem manajemen antrean online? Bagaimana cara kerjanya? Apa yang harus dilakukan seseorang atau sebuah bisnis untuk menggunakan sistem ini? Apa saja manfaat yang akan didapatkan jika memakai sistem ini? Selain pertanyaan-pertanyaan tersbeut masih ada beberapa pertanyaan lain yang ingin Anda tanyakan? Anda berada di halaman yang tepat karena kami sudah merangkumkan jawaban-jawaban dari berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan tentang sistem manajemen antrean online.

1. Sistem Manajemen Antrean Online tuh Apa, sih?

Sistem manajemen antrean online seperti Qiwii adalah sistem yang membantu sebuah bisnis mengelola antrean pelangggan dengan memanfaatkan sistem antre online, di mana pelanggan yang mengantre tidak perlu berada di tempat antrean untuk mendapatkan pelayanan. Mereka bisa mengantre di rumah, di mobil, atau di tempat lain sehingga mereka tidak perlu menyia-nyiakan waktu untuk menunggu diam di tempat antrean.

2. Bagaimana Pelanggan Masuk ke dalam Antrean Online?

Nomor/giliran seorang pelanggan di dalam sebuah antrean online ditandai dengan tiket yang dicetak atau mobile ticket yang bisa didapatkan melalui sms, email, ataupun aplikasi antrean online seperti Qiwii.

3. Bagaimana Cara Antrean Online Bekerja?

Ada beberapa cara bagi pelanggan untuk masuk ke dalam antrean, tapi berikut adalah contoh step-by-step cara yang biasa dilakukan:

  • Pelanggan mendaftar ke dalam antrean sebuah toko: bisa menggunakan aplikasi antrean online, atau QR code yang ditampilkan di luar toko dengan ponselnya.
  • Pelanggan memilih pelayanan yang diinginkan dan menerima tiket yang menandai nomor giliranny
  • Pelanggan menunggu di tempat lain dan memonitor gilirannya dari ponsel. Pelanggan akan dapat melihat real-time update, posisinya di antrean tersebut, dan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke gilirannya.
  • Saat giliran tiba, pelanggan akan mendapat notifikasi dari ponselnya (bisa melalui sms, email, ataupun dari aplikasi antrean online)
  • Pelanggan menerima pelayanan yang diinginkan tanpa harus ikut berkerumun dengan pengantre lainnya di satu tempat terbatas.

 4. Bagaimana Antrean Online Membantu Kerberlangsungan Prokes Jaga Jarak dan Pembatasan Jumlah           Pelanggan dalam Satu Tempat?

Antre online adalah sebuah cara mengelola perjalanan pelanggan di dalam ruang digital, sehingga pelanggan melakukan interaksi paling minimal dengan pelanggan lain ataupun karyawan. Pelanggan melakukan monitor antrean dan menunggu dari jarak jauh, dan karyawan juga dapat menjaga jarak saat melakukan pelayanan.

Singkatnya, beberapa hal yang didapatkan dengan memanfaatkan antre online:

  • Meregulasi jumlah orang yang berada pada sebuah toko/tempat
  • Menjaga interaksi tetap minimal
  • Mengurangi waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk diam di lokasi antre/toko
  • Mengelola customer flow

Itu dia 4 dari 8 pertanyaan yang sering ditanyakan tentang sistem manajemen antrean online yang kami jawab. Lantas, apakah keuntungan menggunakan manajemen ini? Apa yang dimaksud dengan mobile ticket? Bagian perjalanan pelanggan mana saja ang dapat dijadikan online? Bagaimana cara mengoptimalkan solusi antrean online? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kami jawab di artikel bagian 2. Jadi, jangan lupa baca lanjutannya ya!

 

Daftar GATIS ke Qiwii

Download Qiwii dari Playstore

 

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *