preloader

Peningkatan Pelayanan Bisnis – 7 Tips untuk Terus Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Anda

Selalu ada ruang untuk perubahan, terutama dalam hal pendekatan Anda terhadap layanan pelanggan dan pengalaman pelanggan (customer experience) yang Anda buat.

Setiap perusahaan mengklaim menyediakan layanan pelanggan yang terbaik. Jika Anda melakukan hal yang sama, Anda hanyalah satu dari banyak perusahaan. Jika Anda ingin membuat terobosan dan benar-benar menunjukkan Anda berbeda, Anda perlu menciptakan pengalaman yang mengesankan yang akan memicu rasa ingin tahu dan melibatkan pelanggan ketika mereka memilih untuk melakukan bisnis dengan Anda.

Karena kebutuhan pelanggan Anda berkembang seiring waktu, pendekatan Anda untuk memberikan layanan yang mudah diingat juga akan meningkat. Jika Anda menjadi terlena dan gagal menyadari kebutuhan untuk terus mengubah pendekatan Anda terhadap layanan pelanggan, Anda akan kehilangan pelanggan dari pesaing yang bersedia untuk terus berubah.

Berikut adalah 7 tips untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan Anda.

1. Terhubung pada tingkat emosional

Meskipun kebutuhan transaksional pelanggan Anda penting, berfokus pada kebutuhan emosional mereka akan membantu Anda menciptakan pengalaman yang lebih personal dan mengembangkan hubungan Anda dengan mereka. Ini juga akan membantu Anda memberikan layanan yang lebih baik.

2. Jadikan pengalaman scalable

Anda tidak pernah tahu bagaimana atau kapan pelanggan dapat terhubung. Karena itu, Anda perlu membuat pengalaman Anda fleksibel dan dapat diukur di seluruh perusahaan Anda. Apakah mereka terhubung dengan perusahaan Anda melalui situs web Anda atau secara langsung, pengalaman harus konsisten.

3. Memudahkan karyawan untuk memberikan layanan yang hebat

Peraturan dan kebijakan seringkali menghalangi pengalaman pelanggan yang berkesan dan mereka dapat membatasi kemampuan karyawan Anda untuk menyelesaikan masalah dan memberikan layanan yang efektif. Tinjau peraturan dan regulasi Anda dan pastikan mereka tidak menghalangi kemampuan perusahaan Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

4. Buat frontliner Anda “membeli” pelanggan

Jika karyawan garis depan Anda yang berkomunikasi dengan pelanggan Anda secara teratur tidak dapat “membeli” atau menarik minat dan konsentrasi pelanggan, pengalaman pelanggan akan gagal. Kegagalan untuk memberikan pengalaman hebat juga bisa menjadi pertanda ada masalah dengan proses internal atau persepsi tentang kebutuhan pelanggan Anda. Bekerja dengan karyawan Anda, berikan pelatihan yang diperlukan dan dapatkan umpan balik mereka agar mereka tetap terlibat dan bersedia memberikan layanan yang hebat.

5. Konsisten

Orang mengharapkan layanan pelanggan yang konsisten, terlepas dari bagaimana atau dengan siapa mereka berinteraksi di perusahaan Anda. Karenanya, penting untuk melibatkan semua level organisasi Anda. Minta umpan balik internal dan proses peninjauan untuk memastikan semua anggota tim berada di halaman yang sama.

6. Jangan membuat asumsi

Jangan pernah membuat asumsi apa pun tentang pelanggan Anda. Jika Anda tidak yakin, tanyakan dengan meminta umpan balik. Tanyakan kepada mereka apa yang dapat dilakukan perusahaan Anda untuk menciptakan pengalaman layanan pelanggan yang lebih baik. Tanyakan kepada mereka tentang perubahan yang ingin mereka lihat.

7. Uji, ukur, dan perbaiki

Harapan pelanggan Anda akan berubah seiring waktu dan seiring berkembangnya hubungan Anda. Sangat penting untuk selalu menguji, mengukur, dan memperbaiki nilai layanan pelanggan Anda. Pastikan Anda memiliki alat untuk mengukur kekuatan dan efektivitas pengalaman yang Anda berikan kepada pelanggan Anda.

Terus mengubah dan meningkatkan pengalaman yang Anda berikan kepada pelanggan Anda akan membantu Anda untuk lebih memahami kebutuhan mereka, menciptakan hubungan emosional dan mengembangkan hubungan yang mendalam dari waktu ke waktu.

Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan pengalaman pelanggan di dalam bisnis Anda dengan Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *