30 tahun yang lalu, jika Anda tidak puas dengan beberapa layanan bisnis, akan sulit untuk memberikan kritik atau penilaian untuk perubahan sebuah bisnis. Sebagian besar pelanggan harus menerima kenyataan pahit tentang buruknya pelayanan ayau bahkan tidak mempedulikannya.
Namun, hari ini, perkembangan pesat internet dan media sosial telah membalikkan keadaan. Pelanggan yang tidak puas pada sebuah layanan dapat mengkritik Anda di kolom komentar, memberi And a penilaian buruk di media sosial, atau mengunggah bukti foto atau video tentang pengalaman buruk mereka.
Meskipun demikian. Pilihan ada di tangan Anda, bisnis Anda akan hancur oleh hal yang baru ini atau rangkul dan gunakan kesempatan ini untuk keuntungan Anda.
Pemasaranpun mengalami perubahan pada saat ini. Iklan spanduk dan TV memiliki pengaruh yang lebih kecil dan pengalaman pelanggan yang positif sedang dalam perjalanan untuk mengklaim takhta cara pemasaran baru.
Sebagian besar pelanggan mengatakan bahwa ulasan online memengaruhi keputusan pembelian mereka. Ini berarti dengan pengalaman pelanggan yang positif, Anda dapat mempengaruhi pembeli untuk membeli produk atau menggunakan layanan Anda.
Orang akan memilih rekomendasi tentang produk dari orang lain yang lebih dapat dipercaya daripada iklan yang merekomendasikannya. Oleh karena itu, sebuah bisnis harus fokus pada tren ini dengan tepat dan memastikan lebih banyak pelanggannya merekomendasikan produk atau layanan tersebut kepada teman atau anggota keluarga.
Apa yang membuat pengalaman pelanggan menjadi cara pemasaran baru?
Nilai tambah
Kami telah menyebutkannya berkali-kali. Saat ini, orang tidak memilih bisnis hanya karena kualitas produk atau layanan. Mereka memilih bisnis berdasarkan penilaian orang tentang bisnis tersebut, dan pengalaman yang baik adalah nilai yang mereka inginkan.
Starbucks bisa menjadi contoh yang sempurna. Orang-orang tidak pergi ke Starbucks hanya untuk minum kopi, tetapi juga untuk menikmati kerajinan barista, koneksi WiFi gratis, lagu-lagu santai, dan suasana yang umumnya menyenangkan.
Starbucks memahami bahwa pemasaran yang baik adalah membuat pengalaman pelanggan yang luar biasa, dan menciptakannya melalui program seperti hadiah ulang tahun gratis .
Pengalaman pelanggan atau cara pemasaran baru berkaitan dengan memperlakukan pelanggan dengan baik dan melebihi harapan mereka. Tetapkan tujuan itu untuk memasarkan bisnis Anda dengan lebih baik.
Retensi pelanggan
Pengalaman pelanggan yang baik akan mempertahankan pelanggan Anda. Tak bisa dipungkiri bahwa pelanggan yang puas berarti pelanggan yang sama akan kembali dan membuat lebih banyak pendapatan.
Sbagian besar pelanggan Anda kembali ke bisnis Anda setelah pengalaman yang pelanggan terima menyenangkan atau positif . Mari kita ingat sekali lagi, pelanggan datang bukan karena iklan spanduk yang mereka lihat di luar tetapi karena pengalaman pelanggan yang positif, sebuah konsep yang mengubah klien Anda menjadi pelanggan setia.
Kritik yang baik
Pelanggan yang mendukung Anda melalui penilaian positif akan membantu bisnis Anda berkembang! Selain itu, mereka membuat perusahaan Anda terlihat lebih dapat dipercaya di mata pembeli baru.
Ulasan adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat branding Anda di mata calon pelanggan. Dengan memberikan pengalaman pelanggan yang positif, Anda akan menjadikan klien Anda bagian dari tim pemasaran Anda.
Dan perlu diingat bahwa penilaina yang diberikan secara positif oleh klien Anda memiliki dampak yang lebih kuat pada pembeli potensial lain daripada aktivitas pemasaran lainnya.
Inovasi
Pelanggan adalah salah satu sumber utama inovasi. Hampir setiap inovasi yang diterapkan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan menyederhanakan interaksi mereka dengan bisnis Anda.
Dengarkan pelanggan Anda dan biarkan mereka memberi Anda saran. Dengan umpan balik dari klien Anda, Anda akan memahami fitur dan pembaruan apa yang paling dicari pelanggan.
Tapi jangan menunggu sampai mereka memberi tahu Anda. Mintalah langsung! Motivasi pelanggan Anda untuk memberikan pendapat tentang inovasi apa yang ingin mereka lihat.
Itulah beberapa alasan mengapa pengalaman pelanggan menjadi teknik pemasaran baru. Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan perjalanan pelanggan dan pelayanan dengan sistem manajemen anteran di dalam bisnis Anda dengan Qiwii. Kami mengembangkan teknologi sistem antrian dan mesin antrian yang dapat membantu bisnis Anda mengatasi antrian. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.