Pelanggan Anda harus selalu merasa aman ketika mereka menghabiskan waktu di dalam bisnis Anda. Baik toko atau kantor bisnis Anda bergerak di industri jasa atau mengoperasikan lokasi ritel, keselamatan pelanggan dan pekerja Anda harus menjadi prioritas utama.
Namun, memahami apa yang perlu Anda lakukan untuk memenuhi tuntutan keselamatan, dapat menjadi hal yang menakutkan—terutama ketika pemilik bisnis harus melakukan banyak hal untuk mempertahankan bisnis mereka. Akan tetapi jika Anda mengembangkan sistem keselamatan dan menerapkan teknologi yang tepat, beberapa masalah keamanan akan teratasi dengan sendirinya secara otomatis.
Tentu saja merupakan kesalahan jika bisnis Anda mengabaikan keselamatan pelanggan. Jika pelanggan merasa dirugikan oleh bisnis Anda, itu dapat menyebabkan tanggung jawab hukum yang dituntut oleh pelanggan Anda, membuat perusahaan Anda memiliki reputasi buruk di masyarakat. Mengatasi beberapa masalah keamanan yang paling umum akan membantu memastikan kesejahteraan pelanggan di lokasi bisnis Anda. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisnis Anda tetap berjalan dengan aman.
Pastikan Ventilasi Yang Tepat
Udara yang Anda hirup di dalam ruangan adalah salah satu bahaya keselamatan yang paling diabaikan dalam bisnis. Namun, ketika kualitas udara di dalam ruangan buruk, itu dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan bagi pelanggan Anda. Misalnya, kelembaban yang menyebabkan jamur dapat menyebabkan reaksi alergi bagi pelanggan yang alergi.
Bau apek atau lembab juga umumnya tidak terlalu menarik bagi pengunjung. Jika Anda bekerja dengan bahan kimia dalam bisnis Anda, memastikan aliran udara yang tepat. Tanpa aliran udara yang cukup, pelanggan mungkin dikuasai oleh bau bahan kimia, yang mengakibatkan batuk, sakit kepala, pusing, dan banyak lagi.
Dalam banyak kasus, jika pelanggan memiliki satu pengalaman buruk dengan lingkungan di toko Anda, mereka tidak akan kembali mengunjugi bisnis Anda.
Hindari Bahaya Tergelincir dan Jatuh
Bukan hal yang tidak mungkin pelanggan Anda akan tegelincir dan celaka akibat lantai pada toko Anda terdapat cairan atau benda lain yang licin, itu akan menjadi hal sepele yang sangat memalukan untuk bisnis Anda karena tidak megontrol lantai dengan baik, itu artinya memelihara lantai Anda adalah salah satu cara terbaik untuk membantu pelanggan tetap aman di lokasi Anda.
Mengambil puing-puing dan membersihkan tumpahan segera juga dapat secara signifikan mengurangi kecelakaan terpeleset dan jatuh dan meningkatkan keselamatan pelanggan secara keseluruhan. Tentu saja, memiliki lokasi bisnis yang bersih dan jelas juga terlihat lebih rapi bagi klien yang mengunjungi lokasi Anda.
Pantau dan Kontrol Kerumunan
Memiliki terlalu banyak orang di satu lokasi juga dapat menimbulkan masalah keamanan pelanggan. Covid-19 telah membuat pengendalian massa menjadi lebih penting. Meskipun demikian, membatasi jumlah orang di toko Anda pada waktu tertentu juga dapat memberikan manfaat tambahan. Pelanggan cenderung tidak bertemu satu sama lain, menjatuhkan pajangan dan produk, dan meletakkan produk Anda tidak pada tempatnya. Memiliki terlalu banyak orang di dalam satu lokasi juga merupakan bahaya keselamatan kebakaran umum yang harus Anda pertimbangkan juga.
Sistem antrian online atau buku tamu digital dapat menjadi cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki terlalu banyak orang di lokasi tertentu setiap saat. Jenis teknologi ini dapat membantu Anda memutuskan apakah akan menambahkan orang ke staf Anda untuk waktu sibuk, membuka jalur check-out tambahan, dan banyak lagi.
Anda juga dapat memanfaatkan fitur lain untuk mengurangi jumlah orang di toko Anda tanpa mengurangi penjualan.
Pertahankan Suhu Yang Diinginkan Tetap Stabil
Dalam kebanyakan kasus, kontrol suhu tidak akan mengakibatkan bahaya keamanan bagi pelanggan. Sebaliknya, kontrol suhu seringkali lebih berpengaruh terhadap pelanggan yang hanya memiliki pengalaman yang baik di lokasi Anda.
Namun, ada situasi yang lebih parah di mana suhu bisa menjadi perhatian khusus. Jika Anda harus mempertahankan tingkat suhu tertentu untuk memastikan bahwa produk tidak rusak, misalnya, produk tersebut harus disimpan di lokasi yang berbeda dari area utama pelanggan toko Anda. Lokasi panas, seperti untuk menanam tanaman, harus dipisahkan sehingga Anda dapat memperingatkan pelanggan tentang perubahan suhu sebelum mereka masuk.
Perubahan suhu yang tiba-tiba tidak hanya membuat pelanggan kecewa, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah, termasuk gejala seperti alergi, infeksi pernapasan, serangan asma, nyeri otot, dan banyak lagi.