preloader

Keuntungan Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Dalam Bisnis Anda

Dengan sistem dan implementasi yang tepat, kesan pengguna yang baik dapat berdampak besar pada bisnis dan anda. Tetapi anda mungkin bertanya-tanya, apakah layak mengalokasikan waktu dan karyawan untuk memastikan pelanggan kita mendapat kesan atau pengalaman yang baik? Mengapa kita harus menerapkan sistem yang baru untuk meningkatkan pelayanan pelanggan? Apa kelebihannya?

Pelanggan baru: Prosumer (Professional Consumer)

Sebelum memikirkan strategi pelayanan pelanggan, anda perlu mengenal pelanggan anda terlebih dahulu. Kita harus mengenal teknologi di hampir setiap bidang, karena tidak dapat dipungkiri bahwa kita hidup di lingkungan yang terus berubah. Tidak terkecuali mengenal kepribadian dan kebutuhan pelanggan. Ada pelanggan baru yang sifatnya mudah menerima informasi, ada pelanggan yang menuntut dan ada juga pelanggan yang memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain dengan menggunakan internet dan media sosial.

Pelanggan yang memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain tersebut dapat disebut juga prosumer, yang menjadi tolak ukur bagi konsumen lain mengenai baik tidaknya pelayanan dan fasilitas di sebuah bisnis atau usaha. Jika kita berhasil membuat kesan yang baik pada prosumer ini, berarti kita berhasil mendapatkan orang yang akan memberitahu orang lain dari mulut ke mulut tentang bisnis kita. Selain itu yang harus kita perhatikan bahwa citra sebuah bisnis tidak lagi penting bagi pelanggan untuk membuat keputusan pembelian. Yang lebih penting adalah mendapatkan rekomendasi atau testimoni dari orang lain.

Keuntungan membuat pengalaman unik, fleksibel, dan berkesan bagi pengguna

Membuat pelanggan senang, memastikan bahwa kesan mereka terhadap bisnis anda berharga, unik dan selalu diingat. Meskipun sangat penting tapi itu hanyalah langkah pertama untuk membuat pelanggan anda secara keseluruhan berdampak besar pada bisnis anda. Dan di sini kita akan membahas beberapa keuntungan jika kita menerapkan dan memperkenalkan sistem baru yang meningkatkan kesan dan pengalaman pelanggan:

Meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan atau pengguna

Pelanggan yang senang dan puas dengan layanan yang mereka terima, serta menerima pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka adalah pelanggan yang akan menjadi pelanggan tetap daripada pelanggan yang merasa diabaikan atau memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan. Terlebih lagi pelanggan itu akan mencoba produk atau layanan lainnya yang ada di bisnis kita.

Menurut sebuah studi oleh Forrester Research, perusahaan yang mengutamakan manajemen pengalaman pelanggan dapat meningkatkan keuntungan mereka sebesar 14% lebih banyak pelanggan yang membeli, dibandingkan perusahaan atau bisnis yang tidak menerapkan apapun.

Anda juga dapat meningkatkan profitabilitas, karena anda dapat menerapkan harga yang lebih tinggi dari pesaing anda untuk pelayanan yang luar biasa atau produk yang berkualitas tinggi, tanpa harus takut akan resiko kehilangan pelanggan, karena pelanggan akan menghargai kualitas dan pelayanan yang anda berikan.

Peningkatan jumlah pelanggan atau pengguna

Penilaian prosumer menjadi sangat penting karena pelanggan akan cenderung mempercayai pengalaman konsumen lain lebih dari promosi atau citra yang disampaikan langsung oleh suatu perusahaan. Prosumer adalah juru bicara yang kuat untuk bisnis kita karena mereka adalah daya tarik utama bagi khalayak, memungkinkan anda menjangkau lebih banyak pelanggan lain yang akan memiliki layanan atau produk anda.

Tingkatkan citra dan reputasi merek Anda / Kurangi biaya pemasaran

Ini adalah dampak dari poin terakhir. Apakah ada iklan atau pemasaran yang lebih baik daripada pelanggan anda yang puas? Berkat kemampuan mereka untuk mempengaruhi orang lain lewat media sosial, calon pelanggan baru akan belajar tentang seberapa baik pelayanan di bisnis anda. Jika sebuah perusahaan bisnis anda memiliki pelayanan yang buruk, itu akan membuat anda harus “menutupi” citra ini dengan berinvestasi lebih banyak dalam pemasaran dan mengganti pelanggan yang hilang.

Bertahan untuk tidak berubah

Kita sering berkata, “Kalau tidak rusak, jangan diperbaiki.” Pengalaman pelanggan yang puas atas pelayanan sebuah bisnis akan berbuah penolakan pelanggan jika bisnis tersebut ingin mengubah pelayan atau sistem kerja sebuah bisnis, ini membuat para pelanggan tetap  enggan untuk memulai sesuatu yang baru dengan akhir yang tidak jelas.

Meningkatkan pemanfaatan sumber daya dan mengurangi biaya personel

Ada tren yang berkembang menuju otomatis akan proses tertentu seperti manajemen antrean atau sebagainya. Metode ini memungkinkan pemanfaatan yang lebih baik dari sumber daya personel yang tersedia, karena para staf tidak perlu lagi menjawab pertanyaan atau mengarahkan pelanggan. Sebaliknya, mereka dapat menggunakan seluruh waktu mereka untuk melakukan pekerjaan mereka yang sebenarnya. Peningkatan pelayanan ini juga dapat menjadi pengurangan biaya untuk personel.

Mengurangi keluhan

Selain berdampak buruk bagi bisnis, mereka membutuhkan waktu untuk memproses dan butuh staf untuk menanganinya. Pengalaman pelanggan yang memuaskan akan meminimalisir situasi tersebut dan memberikan waktu untuk mengelolanya.

Lingkungan kerja yang lebih baik dan buat karyawan berkarakter seperti brand anda

Pelayanan yang lebih baik akan mengarak ke kepuasan pelanggan kita, yang juga mengurangi kemungkinan harus berurusan dengan pelanggan marah dan tidak puas sehingga mengakibatkan staf kita kelelahan dan menerima tekanan saat bekerja. Selain itu, salah satu kunci membuat pelanggan berkesan adalah koordinasi dan interkoneksi antara semua divisi, departemen atau orang-orang yang terlibat di berbagai titik pelayanan pelanggan yang berkerja untuk mencapai keseluruhan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan. Memiliki tujuan bersama akan meningkatkan identifikasi karyawan anda dengan brand dan tujuan anda.

Penerapan sistem pelayanan pelanggan dapat berpeluang mempengaruhi kebiasaan yang akan mengubah kebiasaan yang ada pada bisnis anda. Ini adalah pilihan berharga untuk bisnis anda.

Bisnis anda dapat menggunakan software antrean dan reservasi online seperti Qiwii untuk memungkinkan pelanggan menggunakan pelayanan inovatif. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *