preloader

Faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih sistem manajemen antrean

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih solusi sistem manajemen antrean untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau organisasi Anda. Pada artikel ini akan kami berikan penjelasan tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli sistem manajemen antrean.

Solusi antrean virtual

Penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari terus mengalami peningkatan dan pelanggan semakin terbiasa dengan kemudahan dalam mengelola berbagai hal secara virtual. Ini juga dipercepat oleh pandemi COVID-19, yang mengharuskan sebagian besar bisnis untuk berubah dan merangkul digitalisasi.

Ini juga berlaku untuk manajemen antrean. Bagi pelanggan, tingkat kemudahan, kenyamanan, dan kebebasan yang mereka miliki dengan antrean virtual tidak bisa dibandingkan dengan antrean tradisional. Beberapa hal yang dapat dilakukan pelanggan dengan solusi antrean virtual:

  • Menunggu dari kejauhan
  • Check-in dari aplikasi, tanpa perlu ke kios
  • Memiliki kemampuan untuk membuat janji pada waktu yang mereka inginkan

Manfaat dan kenyamanan yang diperoleh akan membantu meningkatkan pengalaman pelanggan.

Integrasi semua titik kontak dalam perjalanan pelanggan

Manajemen antrean umumnya mengelola antrean pelanggan mulai dari kedatangan sampai pelanggan dilayani, sedangkan interaksi Anda dengan pelanggan dimulai sebelum mereka tiba di tempat Anda (pra-layanan), hingga setelah mereka dilayani (pasca-layanan). Untuk itu, manajemen antrean merupakan bagian dari manajemen perjalanan pelanggan. Pemesanan janji-temu adalah salah satu contoh titik kontak pra-layanan. Mendapatkan umpan balik pelanggan pasca-layanan merupakan hal yang penting untuk peningkatan layanan, dan hal ini juga merupakan bagian dari perjalanan pelanggan.

Pemantauan Langsung

Memantau operasi secara langsung (real-time) dapat memberikan keuntungan terlebih untuk memberikan layanan kepada pelanggan. Dengan data real-time dalam sistem manajemen antrean, manajer cabang atau orang yang bertanggung jawab di lokasi dapat membuat keputusan berdasarkan situasi saat ini. Misalnya, jika waktu tunggu untuk layanan tertentu terlalu lama atau jika terlalu banyak orang dalam suatu antrean, maka mereka dapat memutuskan untuk membuka konter lain. Memiliki informasi ini di dasbor real-time dapat membantu organisasi Anda beroperasi secara efektif dan efisien.

Analisis dan laporan yang komprehensif

Meskipun data real-time penting untuk memantau operasional pelayanan pelanggan, namun analisis dan laporan yang komprehensif juga penting untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kinerja pelayanan pelanggan dari waktu ke waktu. Ini juga akan memberi Anda gambaran umum tentang periode puncak dan terendah terhadap waktu tunggu dan layanan rata-rata, kinerja staf, serta pengalaman pelanggan.

Solusi omnichannel

Banyak organisasi ingin mengakomodasi pelanggan baik dalam lingkungan digital ataupun lingkungan fisik. Penting untuk memastikan Anda memberikan pengalaman pelanggan yang lancar untuk setiap orang. Solusi manajemen antrean terintegrasi dan omnichannel sangat penting untuk memastikan layanan Anda dapat diakses melalui berbagai saluran, tanpa celah.

Skalabilitas

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan investasi dalam sistem manajemen antrean adalah pertumbuhan bisnis. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, mungkin ingin memperluas layanan atau meningkatkan kapasitas untuk melayani lebih banyak pelanggan, maka pilihlah solusi manajemen antrean yang skalabel dan dapat mendukung perubahan bisnis Anda tanpa gangguan.

Manajemen terpusat

Untuk bisnis dan organisasi besar dengan lebih dari satu cabang, memiliki sistem dengan manajemen terpusat penting untuk memantau dan mengontrol operasi di semua cabang. Ini akan memungkinkan Anda mempertahankan lingkungan berkinerja tinggi untuk staf, karena memberikan pengawasan yang lebih baik dan membuat tugas rutin menjadi lebih mudah. Dengan manajemen terpusat, setiap perubahan seperti penginstalan atau pembaruan perangkat lunak dapat dilakukan dari satu lokasi (bukan melakukannya dari setiap cabang), meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

Dalam hal data dan analisis, sistem manajemen antrean terpusat memberikan kemampuan untuk merampingkan semua data dan informasi dari semua cabang. Ini juga meningkatkan arus informasi karena memungkinkan data dan informasi dibagikan ke seluruh departemen. Dengan cara ini, pengambil keputusan bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki gambaran lengkap tentang bisnis secara keseluruhan.

Kemudahan konfigurasi dan personalisasi

Apa yang cocok untuk satu kantor cabang mungkin tidak sama untuk kantor cabang lainnya, sehingga solusinya harus dapat dikonfigurasi agar dapat mengelola semua persyaratan yang berbeda. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, jumlah rata-rata pelanggan yang dilayani setiap hari, jumlah staf dan distribusinya, waktu rata-rata transaksi, dan jenis layanan yang diberikan.

Seperti dijelaskan di atas, perjalanan pelanggan lebih luas cakupannya dari waktu pelanggan tiba dan dilayani. Inilah sebabnya mengapa manajemen antrean sering disebut sebagai bagian dari manajemen perjalanan pelanggan, yang mencakup seluruh jalur yang dilalui pelanggan.

Pelajari lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan manajemen anteran di dalam bisnis Anda dengan Qiwii. Kunjungi website kami di qiwii.id, unduh aplikasinya ke ponsel Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda dan bergabung dengan keluarga besar Qiwii, atau hubungi kami di instagram @qiwii.official untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software reservasi dan antrean digital Qiwii.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *