Pengaruh Antrian Bagi Bisnis Anda
Jika bisnis Anda ramai dikunjungi pelanggan, Anda mungkin merasa bangga karena itu menunjukkan betapa populernya produk atau layanan Anda dihadapan pelanggan.
Namun, pengalaman yang dimiliki pelanggan Anda saat menunggu layanan akan berdampak besar pada kesuksesan Anda.
Berikut adalah 4 masalah bisnis yang disebabkan oleh waktu tunggu yang terlalu lama dan pengalaman antrian yang buruk:
- Kehilangan loyalitas merek
- Penjualan lebih sedikit
- Penawaran yang kurang kompetitif
- Keamanan pelanggan yang dikompromikan
Pertama, bisnis berisiko kehilangan pelanggan setia jika gagal mengelola antrian mereka. Artinya, jika pelanggan kehilangan terlalu banyak waktu luang mereka saat menunggu layanan Anda, mereka cenderung tidak akan memilih bisnis Anda lagi di masa mendatang.
Dengan menempatkan loyalitas pelanggan pada risiko, bisnis pada akhirnya akan kehilangan penjualan karena lebih banyak pelanggan memilih untuk berbelanja di tempat lain. Mungkin juga pelanggan yang memiliki pengalaman menunggu yang negatif akan membeli lebih sedikit item atau layanan dari bisnis Anda. Jika Anda gagal menangani manajemen antrian, bisnis Anda akan mendapatkan reputasi buruk karena mengantri dan kehilangan pelanggan baru juga, yang selanjutnya mengurangi potensi penjualan.
Agar bisnis menjadi kompetitif, penting untuk mengatasi komponen antrian dari penawaran layanan Anda. Jika salah satu pesaing Anda menawarkan pengalaman antrian yang lebih positif dengan waktu tunggu yang lebih sedikit, pelanggan Anda pasti akan pindah. Meskipun Anda memiliki produk atau layanan terbaik di pasaran, pengalaman menunggu yang buruk mengurangi nilai bisnis Anda.
Karena COVID-19 telah menyebabkan lebih dari satu juta kematian di seluruh dunia, bisnis harus menegakkan aturan jarak sosial untuk membuat orang tetap aman dan terus beroperasi selama pandemi global. Jika bisnis Anda gagal mengatasi kepadatan berlebih dan manajemen antrian, Anda membahayakan komunitas dan bisnis Anda dapat ditutup oleh pemerintah.
Pengaruh Antrian Bagi Karyawan Anda
Kinerja karyawan Anda memainkan peran penting dalam pengalaman pelanggan dengan bisnis Anda. Namun, jika bisnis Anda mengabaikan manajemen antrian, Anda akan menciptakan lingkungan kerja yang tidak sehat bagi karyawan Anda.
Inilah 3 alasannya:
- Antrian pelanggan marah
- Tekanan
- Umpan balik
Bayangkan harus melayani antrian pelanggan yang marah, frustrasi, dan agresif yang mengeluh karena harus mengantri. Ini bukan kesalahan karyawan, namun tanggung jawab mereka untuk menyenangkan pelanggan dan meredakan situasi. Jika ini terjadi secara teratur, hal itu membahayakan kesejahteraan staf dan sangat memengaruhi kinerja mereka, padahal mereka bekerja untuk bisnis Anda..
Antrian yang tidak terkelola membuat staf Anda memiliki sedikit kesempatan untuk mempersiapkan setiap interaksi pelanggan dan beristirahat sejenak sebelum melayani pelanggan berikutnya. Antrean panjang yang tidak dikelola dengan baik menciptakan lingkungan kerja yang sangat bertekanan tinggi bagi staf, terlepas dari perilaku pelanggan.
Karyawan Anda perlu mendengar pujian dan umpan balik (feedback) yang konstruktif untuk mendapatkan kepuasan kerja dan meningkatkan layanan mereka kepada pelanggan Anda. Tanpa sistem manajemen antrian, hampir tidak mungkin untuk melacak kinerja karyawan. Ini berarti standar layanan Anda akan stabil dari waktu ke waktu atau menjadi lebih buruk karena karyawan menjadi berpuas diri tanpa umpan balik. Karena itu, segera manfaatkan kehadiran Qiwii sebagai solusi manajemen antrian bisnis Anda.