preloader

Aplikasi Booking Restoran vs. Metode Booking Restoran Tradisional

Mungkin Anda sempat bertanya-tanya dalam hati:

“Saya telah menggunakan metode booking tradisional ini tanpa masalah. Mengapa saya harus menggantinya? ”

Ya, mungkin selama ini Anda menggunakan panggilan telepon untuk menangani booking restoran Anda dan sejauh ini semuanya berjalan baik-baik saja.

Namun, jangan hanya karena cara ini berhasil digunakan, bukan berarti tidak ada metode yang lebih baik dan efisien.

Untungnya, kami di sini untuk menunjukkan kepada Anda mengapa metode booking restoran tradisional sudah ketinggalan zaman dan bagaimana aplikasi booking online restoran dapat sangat menguntungkan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Reservasi yang Terlewat

Untuk restoran yang sibuk, reservasi yang terlewat dapat mempengaruhi keuntungan Anda. Faktanya, hingga 20% pemesanan berakhir dengan ketidakhadiran pelanggan di kota-kota besar. Ini bukanlah angka yang bagus.

Anda harus segera memikirkan hal ini. Anda menolak beberapa pelanggan yang datang hanya karena meja telah dipesan, padahal beberapa saat kemudian orang yang memesan dua meja reservasi tersebut tidak datang ke restoran. Akhirnya, dua meja Anda kosong sia-sia tanpa ada yang mengisi.

Dengan booking restoran tradisional, satu-satunya cara untuk menghindari hal ini adalah dengan pengingat manual. Restoran wajib melakukan konfirmasi reservasi via telepon sebelum datang. Kedengarannya sangat repot, bukan? Padahal sebenarnya Anda tak perlu melakukan hal itu.

Lantas, bagaimana solusinya?

Nah, dengan aplikasi booking restoran, Anda akan dapat secara otomatis mengirim pengingat ke pelanggan Anda sebelum reservasi mendatang. Pengingat ini biasanya dikirim dengan salah satu cara berikut, bergantung pada pilihan pelanggan:

  • Melalui email
  • Melalui teks/SMS

Saat melakukan reservasi, pelanggan dapat memilih mana yang mereka sukai. Nyaman bagi mereka, dan melegakan staf Anda, tidak harus menjangkau setiap pelanggan dan semua secara manual.

Pemesanan berlebih

Seperti reservasi yang terlewat, pemesanan berlebih dapat menyebabkan masalah serius bagi restoran Anda. Pemesanan berlebih berarti memesan lebih banyak reservasi melebihi kapasitas meja atau ruang di restoran. Ini biasanya dilakukan dengan tidak sengaja dan merupakan kesalahan staf saat mencoba menangani terlalu banyak reservasi selama waktu sibuk.

Mungkin Anda akan berkata: “Tetapi staf saya tidak pernah membuat kesalahan ini. Kami telah menerima reservasi selama 5 tahun sekarang dan tidak pernah menerima reservasi berlebih!”

Mungkin itu benar. Mungkin Anda memiliki staf rajin yang meluangkan waktu ekstra untuk memastikan bahwa setiap reservasi dimasukkan dengan benar dan bahwa setiap meja dihitung dengan benar.

Namun, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah ini cepat atau lambat saat menggunakan sistem booking restoran tradisional.

Kesalahan manusia tidak bisa dihindari. Terjadi kesalahan. Itu bisa dimengerti. Namun, jika itu terjadi, itu dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah dari yang Anda kira.

Pemesanan berlebih menyebabkan 2 (dua) masalah utama:

  • Anda kehilangan peluang pendapatan dari pelanggan yang mengira mereka mendapatkan meja
  • Ini melukiskan gambaran negatif tentang bisnis Anda secara keseluruhan

Pendapatan yang hilang dari pelanggan yang harus keluar karena pemesanan berlebih hanyalah puncak gunung es di sini. Yang jauh lebih merugikan adalah kemungkinan mereka memberikan ulasan negatif tentang bisnis Anda, atau memberi tahu teman mereka tentang pengalaman yang kurang baik yang mereka alami. Apakah ulasan negatif dibenarkan atau tidak di sini adalah masalah tersendiri, tetapi kebenaran yang menyedihkan adalah bahwa ulasan negatif telah ditinggalkan dengan harga murah.

Tentu saja semua ini sepenuhnya dapat dihindari dengan aplikasi booking restoran seperti Qiwii.

Aplikasi booking restoran tidak memungkinkan Anda untuk memesan berlebih. Setelah slot yang tersedia diambil, pelanggan tidak dapat lagi memesan untuk slot waktu itu. Masalah benar-benar terpecahkan. Anda terhindar dari masalah karena kehilangan pendapatan dan ulasan pelanggan yang buruk.

Singkatnya, saat kesalahan terjadi itu bagian dari hidup. Namun, jika hal itu bisa dihindari, tidak ada alasan.

Efisiensi Staf

Telah disebutkan beberapa kali bahwa booking restoran tradisional sangat tidak efisien dalam hal manajemen staf.

Lagi pula, jika karyawan dipaksa untuk menerima reservasi melalui telepon misalnya, mereka sebenarnya harus hadir secara fisik untuk membuat reservasi pelanggan. Jika Anda pernah ke restoran yang sibuk saat makan malam dadakan, Anda tahu bahwa waktu karyawan terbatas. Tidak pernah ada cukup waktu untuk mengerjakan tugas tambahan yang perlu ditangani.

Jadi, bagaimana jika Anda bisa menghilangkan tugas penerimaan reservasi ini? Bagaimana jika staf yang biasanya menangani telepon dan menangani reservasi, bebas untuk menyelesaikan pekerjaan lain yang lebih mendesak?

Misalnya membersihkan ruang stok yang biasanya tak sempat dibersihkan. Mungkinkah Anda bisa menambah karyawan untuk membantu menyajikan makanan lebih cepat?

Nah, kenyataannya adalah bahwa dengan aplikasi booking restoran, semuanya menjadi sangat mungkin.

Karena pelanggan dibiarkan memesan reservasi mereka sendiri melalui formulir pemesanan online atau aplikasi seluler, Anda tidak perlu lagi melibatkan anggota staf/karyawanf dalam proses pemesanan. Yang perlu mereka lakukan hanyalah memeriksa reservasi untuk hari itu dan memastikan bahwa restorannya siap. Kedengarannya seperti mimpi bagi pemilik restoran, bukan?

Dalam industri jasa makanan, waktu ekstra sangat berharga. Untungnya, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dengan aplikasi booking restoran seperti Qiwii.

Pengalaman pelanggan

Pengalaman pelanggan dan kaitannya dengan metode pemesanan reservasi Anda penting dan relevan. Sistem pemesanan online yang tepat sebenarnya dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

Jika sebagian besar pesaing Anda menggunakan panggilan telepon sebagai metode utama untuk memesan reservasi, tidakkah Anda ingin terlihat berbeda dan menonjol? Bukankah masuk akal untuk menerapkan sistem booking restoran yang membuat pelanggan Anda merasa lebih betah dan dipedulikan?

Dengan aplikasi booking restoran, Anda bisa mendapatkan keunggulan atas sistem booking tradisional yang digunakan oleh pesaing Anda. Karena sebagian besar proses bisnis beralih ke online, Anda akan terlihat sebagai restoran yang tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga menawarkan proses pemesanan yang lancar sehingga pelanggan akan berterima kasih. Faktanya, hingga 47% orang berpendapat bahwa reservasi online jauh lebih mudah daripada metode lainnya.

Ini mungkin keunggulan kecil dalam persaingan bisnis Anda, tetapi tetap saja ini keunggulan. Dan karena pelanggan sangat vokal dalam menikmati layanan reservasi online, Anda berhutang kepada mereka untuk menyediakan apa yang mereka inginkan.

Pelaporan dan Analisis

Bagaimana Anda mengetahui nomor pelanggan setiap hari? Apakah Anda mencetak selembar kertas panjang dari mesin tiket Anda yang menunjukkan setiap pesanan terakhir dan harus mencatatnya secara manual ke dalam lembar Excel?

Laporan harian, mingguan, dan bulanan bisa menjadi pekerjaan rumah yang merepotkan tanpa aplikasi booking restoran yang tepat. Sebagian besar dilakukan secara manual dan kemungkinan merupakan salah satu pekerjaan yang paling dibenci di seluruh restoran.

Bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa ada cara yang lebih baik?

Dengan aplikasi booking restoran yang tepat, jenis pelaporan ini dilakukan secara otomatis. Anda tidak perlu khawatir tentang mengumpulkan data ini dan merekamnya sendiri.

Terlebih lagi, banyak aplikasi booking restoran menawarkan fitur analitis, memberi Anda data berharga seperti:

  • Demografi pelanggan
  • Kinerja staf
  • Sejarah pelanggan
  • Performa berdasarkan lokasi (untuk restoran dengan lebih dari satu lokasi)

Misalnya, dengan Qiwii, semua informasi ini tersedia dari satu dasbor yang jelas dan ringkas. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk memajukan upaya pemasaran Anda dan mendorong lebih banyak pelanggan ke restoran.

Dapat dikatakan bahwa pelaporan dan analitik cenderung tidak menjadi yang  utama dalam aplikasi booking restoran. Namun, setelah Anda mengetahui betapa berharganya data ini, Anda akan memahami alasan untuk menggunakannya dan tidak akan menyesalinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *